Bagaimana Meningkatkan Perceived Value Produk di Mata Konsumen?

Kebanyak produk yang ditawarkan memiliki karakter yang sama. Jika terdapat perbedaan, perbedaan tersebut tidaklah signifikan. Walaupun banyak produk yang memiliki kesamaan / mirip antara satu dengan yang lainnya, terkadang harga yang ditawarkan bisa sangat berbeda. Jadi, mengapa banyak orang bersedia untuk membayar lebih atas produk yang memiliki kemiripan atau kesamaan dengan produk lainnya yang lebih murah?

Teknik Perceived Value adalah salah satu teknik untuk meningkatkan penjualan dengan cara, harga lebih mahal daripada produk sejenisnya. hal ini biasa ditemui di toko retail atau mall. Mereka menjual produk yang kualitasnya dan nama brand yang terkenal dengan harga lebih mahal daripada harga aslinya. Dengan kualitas serta brand yang dipunyai produk tersebut, membuat kita mampu menjualnya dengan harga yang lebih mahal daripada produk sejenisnya. Dapat disimpulkan perceived value merupakan nilai sebuah produk dalam benak konsumen.

Berikut adalah cara untuk meningkatkan perceived value :

  1. Naikan harga produk
    Konsumen percaya jika harga yang mahal atas sebuah produk, berarti kualitas dan nilai atas produk tersebut juga bagus. Jika konsumen mendapatkan produk yang buruk dengan harga tinggi, kesimpulannya mudah : konsumen tidak akan pernah membeli produk Anda lagi.

  2. Cantumkan harga produk dengan cara berbeda
    Jika menjual produk dengan harga mahal, coba cara kreatif untuk menyatakan harga produk tersebut dengan cara berbeda. Misal, “Hanya dengan harga seperti ini, kamu sudah bisa mendapatkan (uraikan sederetan kelebihan produk yang bisa menguntungkan konsumen jika membelinya)”. Dengan cara seperti ini, dapat membuat harga produk tidak terlihat mahal.

  3. Promosikan secara optimal fungsi produk
    Seorang Konsumen tidak membeli produk karena rasa suka terhadap produk tersebut. Konsumen membelinya karena kegunaan dari produk tersebut. Semakin dapat menjual fungsi dari produk tersebut kepada konsumen, akan semakin bernilai produk di mata konsumen.

  4. Tawarkan garansi / jaminan yang meyakinkan
    Konsumen akan merasa aman jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

  5. Beri beberapa bonus
    Penawaran menggunakan bonus-bonus bagi konsumen akan sangat membantu meningkatkan penjualan produk.