© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana meningkatkan Kesadaran dalam Diri (Human Awareness)?

Human awareness atau kesadaran manusia merupakan softskill yang dibutuhkan untuk pekerja IT pada masa kini dan masa mendatang. Human Awareness sangatlah mirip dengan Self Awareness. Self Awarness sendiri adalah kemampuan kita untuk mengetahui sejauh mana diri kita mengenal Pribadi diri sendiri. Salah satu cara mengenal Pribadi diri anda sendiri adalah memahami bagaimana sebenarnya konsep Pribadi diri anda sendiri. Semakin banyak anda anda memahami apa yang anda lakukan, anda akan semakin memahami siapa diri anda.

Kesadaran diri juga bisa dijabarkan kedalam sebuah model bernama four selve. Model ini memiliki empat area dasar yang masing-masing menggambarkan Pribadi diri yang berbeda.

  1. The Open Self
    Keterbukaan mengetahui semua informasi, tingkah laku, kelakuan, perasaan, keinginan, motivasi, dan ide yang anda dan orang lain ketahui. Keterbukaan diri berubah-ubah pada ukurannya. Tergantung situasi dimana anda berada dan dengan siapa anda berinteraksi. Komunikasi didasarkan pada tingkatan dimana anda membuka diri untuk orang lain dan dirimu sendiri.

  2. The Blind Self
    Adalah semua informasi tentang dirimu yang orang lain ketahui, dimana kamu sendiri justru tidak mengetahuinya. Contohnya kebiasaan mengedipkan mata kepada lawan bicara anda, menggosok-gosokan hidung ketika anda panic, dan lain-lain.

  3. The hidden Self
    Berisi semua informasi yang anda ketahui tentang diri anda sendiri yang anda rahasiakan dari orang lain. Orang lain tidak mengetahui bahwa anda memiliki sesuatu yang tidak anda ungkap.

  4. The Unknown Self
    Mengambarkan Kebenaran tentang diri anda sendiri yang bahkan diri anda sendiri dan orang lain tidak tahu. Contoh, jika anda sebagai pemimpin di sebuah organisasi, anda mengambil keputusan yang salah walaupun data probabilitas sudah sangat jelas, dan juga anggota anda tidak ada yang memberi saran atau masukan, sehingga gagal lah sebuah tujuan dalam organisasi tersebut.

Dari empat model kesadaran diri diatas, setiap orang harus bisa mengimbangi semua, dan tau maksud dari konsep diri anda sendiri. Empat model tersebut harus lah dikuasai agar anda makin mengetahui bagaimana konsep diri anda yang sebenarnya.

Empat model diatas juga harus dimiliki jika anda bergabung didalam sebuah organisasi, penting hukumnya karena didalam organisasi tersebut harus terdapat interakasi antar anggota sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan dengan sempurna.

Kemudian human awareness sangat lah berhubungan dengan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

Orang yang yang tidak percaya diri memiiki konsep diri yang negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu dia sering menutup diri. Keterbukaan diri yang dimulai perlahan, sedikit demi sedikit untuk mengenali Pribadi diri sendiri dapat meningkatkan kesadaran diri.

Keterbukaan diri sangat mempengaruhi tingkat kepercayan diri seseorang, semakin individeu mengenali dirinya sendiri maka semakin dirinya yakin bahwa dirinya bisa dan mampu untuk melakukan sesuatu yang besar.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, maka individu tersebut harus meningkiatkan keterbukaan dirinya agar dapat meyakini diri sendiri dan dapat membangun konsep diri sendiri yang positif. Berikut cara untuk meningkatkan Human Awareness atau kesadaran diri :

  1. Bertanya pada diri sendiri tentang diri anda
    Cara ini dilakukan untuk mengintropeksi diri, karena segala sesuatu harus di evaluasi. Dengan cara ini kita semakin mengetahui apa kelehaman dan kekuatan didalam diri kita

  2. Mendengarkan orang lain
    Karena dengan mendengarkan pendapat orang lain, kita bisa melihat diri kita dari sisi yang berbeda

  3. Aktif mencari informasi tentang diri anda sendiri
    Sama halnya dengan mendengarkan orang lain, cara ini lebih luas lagi karena sasarannya mungkin orang-orang yang baru anda kenali, dan mereka bisa meniliai anda dengan tepat

  4. Meningkatkan keterbukaan diri
    Dengan cara ini, kita akan semakin percaya diri dalam menghadapi sesuatu. Karena dengan keterbukaan diri, banyak orang akan senang terhadap anda.

Referensi :

  1. http://www.slideshare.net/AiniMaghfira/makalah-indo-ain-2
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Self-awareness
  3. https://www.hrbartender.com/2014/recruiting/10-soft-skills-every-employee-needs-know/
2 Likes

Self awarness ialah kemampuan untuk memahami keadaan internal diri dari dalam diri anda sendiri. Dalam artian anda dapat mengontrol emosi dan mood yang sedang anda rasakan terhadap pekerjaan yang sedang anda lakukan serta kritis terhadap informasi tentang diri anda sendiri dan dapat mengevaluasi diri sendiri

“You can’t be a good leader without self-awareness”

Apa yang tertulis didalam kutipan kaimat tersebut benar, tanpa adanya self awarness kita tidak dapat menjadi pemimpin yang baik dikarenakan belum dapat memahamimaupun mengontrol diri kita sendiri. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran didalam diri kita,

5 cara yang dapat dilakukan ialah :

1. Meditasi
Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran diri dengan skala bertahap yakni menggunakan meditasi, melepaskan semua beban pikiran dan di saat meditasi ini anda dapat mengajukan pertanyaan untuk diri anda sendiri sebgai tolak ukur anda lebih maju kedepanya. Anda dapat mengajukan pertanyaan yg bersifat self reflection dari apa yg tela anda lalui.

  • Apa yang harus saya capai ?
  • Apa yang tela saya lakukan ini berkerja?
  • Apa yang saya lakukan ini membuat saya down ?
  • Apa yang dapat membuat saya berubah?

2. Menulis tujuan hidup dan prioritas
Anda dapat menulis apa saja target yang anda ingin capai dalam jangka waktu yang telah anda tentukan sehingga anda dapat melihat progress dari target anda step by step.

3. Mengikuti test Psikometri
Test ini merupakan test untuk mengetahui profil kepribadian anda sehingga anda dapat mengetahui diri anda lebih mudah dengan menempuh test tersebut.

4. Tanya sahabatmu
Teman merupakan orang yang paling berharga dalam hidup kita, Mereka dapat membantu anda untuk mengetahui kepribadian anda sehingga anda dapat mengetahui lebih mudah kelmahan dan poin2 yg harus ditingkatkan dalam diri anda untuk meningkatkan kesadaran diri anda.

5. Feeback dari teman kantor
Secara informal kita dapat meminta bantuan teman tetapi secara formal kita bisa meningkatnkan kesadaran diri kita dari tanggapan atasan kita maupun rekan kerja kita tentang perilaku diri kita pada saaat di kantor.

Article dari https://hbr.org/2015/02/5-ways-to-become-more-self-aware

2 Likes

INTRODUCTION TO BEING SELF-AWARE

Mereka mengatakan bahwa, sebelum mengetahui apapun, pertama kamu harus tahu siapa diri kamu - kekuatanmu, kelemahanmu, keinginanmu dan motivasimu, keyakinan pribadimu dan persepsimu. Kamu harus terhubungan dengan emosimu. Dengan kata lain, kalian harus self-aware.

kecerdasan emosional telah menjadi aspek yang sangat penting dari kepribadian seorang individu. Bahkan ketika mencari pekerjaan, misalnya, pengusaha tidak lagi hanya mengandalkan dokumen yang berfungsi sebagai bukti kecerdasan dan kemampuan seseorang, serta tingkat keterampilan dan keahliannya. Mereka juga mengambil kecerdasan emosional seseorang dalam pertimbangan, dan salah satu aspek kecerdasan emosional adalah kesadaran diri (self-awareness).

Orang yang sadar diri adalah seseorang:

  • Tahu dia baik dimana dan apa yang tidak ia miliki
  • Yang mengakui bahwa ia masih memiliki banyak belajar
  • Yang siap mengakui bahwa ia tidak tahu jawabannya atau bahwa ia tidak memiliki solusi
  • Menerima bahwa sesuatu adalah karena kesalahan atau kekurangan, dan membuat permintaan maaf untuk mereka
  • Yang benar-benar mendengarkan selama percakapan dan meminta hak dan pertanyaan yang diperlukan
  • Yang berpikir sebelum bertindak, mengingat bagaimana tindakan mereka akan mempengaruhi orang lain
  • Yang sadar isyarat sosial orang lain dan mampu “membaca suasana”

Menjadi sadar diri bukanlah sesuatu yang terbatas hanya untuk orang-orang bisnis atau profesional dalam pengaturan pekerjaan mereka. Ini adalah kualitas yang semua manusia harus memiliki.

Alasan mengapa kesadaran diri sangat penting:

  1. Untuk perbaikan diri.
    Dianggap tujuan utama introspeksi. Salah satu tidak bisa tahu bahwa ada sesuatu dalam diri mereka yang perlu diubah kecuali mereka mengakui apa yang salah atau kurang dengan mereka dan, untuk itu, ada kebutuhan untuk introspeksi. Ketika Anda sadar diri, Anda tahu dan mengerti Anda kegagalan sendiri, kelemahan, dan kelemahan.

  2. Untuk pembentukan identitas Anda dan individualitas:
    Banyak orang menjalani hidup tidak benar-benar sepenuhnya yakin tentang tujuan mereka, apalagi keinginan mereka dan tujuan jangka pendek. Sehingga mereka sering menemukan diri mereka terjebak dalam saat-saat kebingungan, dan mereka akhirnya tidak bergerak maju sama sekali. Mereka tidak tahu siapa mereka, jadi bagaimana mereka dapat mengharapkan untuk pergi ke mana? Jika Anda tahu siapa Anda dan Anda jelas tentang identitas Anda, Anda akan lebih percaya - dalam membuat pilihan penting dan keputusan, tindakan dan dalam melakukan relasi Anda dengan orang lain.

  3. Untuk penetapan tujuan
    Menjadi sadar diri adalah langkah pertama menuju menguasai hidup Anda. Anda akan dapat membuat apa yang Anda inginkan justru karena Anda TAHU apa yang Anda inginkan.

  4. Untuk hubungan yang harmonis
    Jika Anda berada dalam kendali emosi Anda, Anda juga dapat memiliki kontrol atas bagaimana relasi Anda berjalan. Mendapatkan pegangan pada relasi adalah sifat dari individu sadar diri, karena itu berarti bahwa mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan di mana mereka harus berinteraksi dengan orang lain.

HOW TO IMPROVE SELF-AWARENESS

1. Kenali kekuatan dan kelemahan kalian
Bersamaan dengan ini, kalian juga harus tahu apa yang menjadi prioritas dan rencana kalian. Apa saja hal-hal yang penting bagi kalian?

  • Observe (Amati)
    Jangan pernah meremehkan kekuatan dari pengamatan. Tentu saja, kalian harus mulai dari mengamati diri sendiri. Bagaimana Anda bertindak di bawah situasi tertentu? Bagaimana Anda bereaksi terhadap orang lain dalam situasi tertentu? Bagaimana orang lain bereaksi terhadap Anda?
  • Menuliskannya
    Tidak ada salahnya untuk menyimpan catatan. Menjaga jurnal adalah cara yang bagus untuk menjaga catatan perjalanan Anda menuju meningkatkan kesadaran diri Anda. Menulis pikiran Anda, emosi, dan perasaan adalah outlet yang baik; pada saat yang sama, ia berfungsi sebagai bahan sumber yang sangat baik atau referensi. Baca apa yang telah ditulis, dan Anda mungkin menemukan sesuatu tentang diri Anda.
  • Mencoba pengalaman baru
    Sampling hal-hal baru akan mengajarkan Anda satu atau dua hal tentang diri Anda.
  • Ambil tes
    Ada beberapa tes psikometri yang dapat Anda coba ambil untuk menilai tingkat kesadaran diri. Hasil kemudian akan memberitahu Anda apakah Anda perlu membuat perubahan.

Anything that will help you improve your personality and self-awareness is not a waste of time.

2. Mendengarkan kata hati kalian

Ada beberapa cara yang disarankan:

  • Meditasi
    Hal ini dapat sederhana seperti menghirup dan menghembuskan napas, fokus pada satu pernapasan, atau rumit seperti meredupkan lampu di dalam ruangan, menutup semua jendela, menyalakan lilin dan aroma, duduk dan menutup mata Anda, dan merefleksi diri.

  • Yoga dan Tai-chi
    Jika Anda sehat baik pikiran maupun tubuh, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan kesadaran diri Anda.

3. Mendapatkan umpan balik

  • Aktif bertanya kepada keluarga dan teman-teman.
    Memilih anggota keluarga dan teman-teman yang Anda percaya akan memberikan jawaban yang jujur dan objektif. Tanyakan kepada mereka apa yang benar-benar mereka pikirkan tentang Anda. Anda tidak harus segera bereaksi negatif. Duduk dan berpikir hati-hati: Mengapa mereka mengatakan hal-hal seperti itu? Apakah ada kebenaran pengamatan mereka?
  • Dapatkan umpan balik reguler di tempat kerja
    Anda beruntung jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki proses umpan balik formal yang efektif untuk evaluasi Anda. Anda dapat menggunakan hasil untuk lebih menilai kekuatan dan kelemahan Anda sendiri, dan bagaimana mereka berhubungan dengan pertumbuhan pribadi dan profesional Anda.
  • Mendengarkan
    Merupakan langkah yang penting. Ketika sedang diberikan umpan balik, dengarkan. Awalnya mungkin akan terasa sulit untuk menerima apa yang mereka katakan, terutama jika mereka berkritik dan yang terlintas dibenak kalian mungkin akan menutup telinga dan mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa-apa tentang diri kalian. Namun, kalian tetap harus mendengarkan mereka.

Kesadaran diri sekarang salah satu ciri yang paling penting bahwa setiap individu - bukan hanya karyawan dan pemimpin - wajib memiliki untuk berhasil dalam hidup.

Sumber: Ways To Improve Self-Awareness

2 Likes

Penting untuk diketahui bahwa kesadaran diri tidak hanya tentang memperhatikan diri kita sendiri tetapi bagaimana kita memahami dan melihat dunia internal kita.

Kenapa Self Awareness itu penting ?
Menurut Daniel Goleman, Self Awareness adalah dasar dari emosi pikiran. Kemampuan untuk menjaga emosi dan pikiran kita dari waktu ke waktu adalah kunci untuk memahami diri kita sendiri. Selain itu,orang yang kesadaran dirinya lebih tinggi cendurung akan bertindak secara sadar dan berada dalam kesehatan psikologis yang baik dan memiliki pikiran yang positif.

Berikut ada 5 cara untuk meningkatkan kesadaran dalam diri :

1. Buatlah waktu senggang untuk diri anda
Anda bisa memberikan waktu senggang anda saat pagi hari atau malam sebelum tidur,cobalah untuk tidak bermain dengan dunia digital dan gunakanlah waktu senggang itu untuk melakukan hal-hal yang yang bisa membuat diri anda tenang seperti membaca, menulis, bermeditasi untuk memahami diri anda.

2. Melatih kesadaran
Melatih kesadaran akan membuat anda lebih kenal diri anda sendiri, sehingga anda akan lebih dapat mengamati apa yang terjadi di dalam diri anda dan di sekitar anda. Hal ini akan membuat anda memperhatikan internal anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sadar terhadap yang anda lakukan seperti sadar dalam mendengarkan, berjalan, makan dan melakukan sesuatu.

3. Membuat jurnal
Menulis bukan hanya sebagai membantu dalam mengingatkan pikiran anda dalam pekerjaan, namun menulis juga bisa membantu menenangkan pikiran anda lebih tepatnya tempat untuk menuangkan segala beban yang ada di dalam pikiran anda. Jadi cobalah untuk menyempatkan di waktu weekend untuk menyempatkan menulis dan menuangkan segala beban untuk memberikan perhatian kepada perasaan internal anda. Jurnal yang akan dituliskan juga bisa digunakan sebagai track record anda kedepannya.

4. Berlatih untuk menjadi pendengar yang baik
Mendengarkan adalah memperhatikan terhadap emosi orang lain. Ketika anda menjadi pendengar yang baik, anda juga akan mendengarkan suara hati anda dan menjadi teman baik terhadap diri ada sendiri.

5. Perspektif yang berbeda
Terkadang kita terlalu takut untuk menanyakan pikiran orang lain tentang kita. Feedback orang lain mungkin saja negatif atau bahkan tidak jujur tetapi anda akan dapat membedakan mereka dari feedback yang asli dan nyata saat anda belajar lebih banyak tentang diri anda dan orang lain. Kita semua memiliki kelemahan, namun itu sangat membantu untuk mendapatkan perpektif yang berbeda untuk melihat gambaran yang lengkap terhadap diri kita sendiri.

Sumber : Positive Psychology Program

2 Likes

Kesadaran diri sangatlah penting bagi kehidupan social maupun pribadi karena sifat sadar diri inilah yang membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Langkah utama untuk meningkatkan kesadaran diri adalah mengakui dan menghadapi setiap masalah yang ada dan menjadikan hal itu sebagai alat intropeksi diri yang mengarah pada perbaikan diri.
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam topic kesadaran diri adalah :

1. Untuk memperbaiki diri akan mustahil tanpa adanya kesadaran diri
Kesadaran diri adalah hal tentang memahami kebutuhan diri sendiri , keinginan , kegagalan dan kebiasaan. Semakin kita mengenal diri sendiri lebih jauh akan membuat pribadi kita semakin baik dalam beradaptasi atas perubahan hidup yang terjadi dan yang akan datang. Seperti yang dikatakan oleh The New York Times “Semakin banyak data tentang diri sendiri dapat melakukan perbaikan dengan lebih mudah”.
Pada dasarnya jika kita lebih memperhatikan emosi saat bekerja semakin baik kita memahami mengapa kita melakukan hal tersebut. Semakin tahu tentang kebiasaan diri maka semakin baik dalam memperbaiki kebiasaan buruk.

2. Kesadaran diri bukanlah seperti sihir tapi merupakan langkah pertama
Gagasan yang mengatakan “Jika anda mengenal diri anda dengan baik maka dapat dengan mudah memperbaiki semua masalah yang ada” adalah salah pikiran yang memulai langkah pertama. Pikiran kita tentang mengingat peristiwa tidak selalu akurat sehingga kita menghabiskan banyak waktu untuk menilai masa lalu yang sia – sia. Hal yang perlu dilakukan adalah perbaikan diri akibat masa lalu.
Begitu juga dalah sebuah artikel di Psychological Science, menunjukan bahwa kita sedikit memiliki kesadaran diri yang ada hanyalah cara untuk mempertahankan citra diri dimana kita sendiri tidak ingin menyadari akan kegagalan diri sendiri.

3. Meningkatkan kesadaran diri
Mengenal diri sendiri memang sulit tapi kita harus mencoba, kita tidak bisa memecahkan segala masalah dalam kehidupan kita tapi kita bisa membuat kemajuan dan perubahan dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah cara melatih kesadaran diri :

  • Belajar untuk melihat diri sendiri secara objective
    Belajarlah untuk mengkritik diri sendiri dan mengkritik setiap keputusan yang kita ambil,dan carilah teman untuk bertukar pikiran.

  • Menulis setiap tujuan
    Menulis tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan dan carilah motivasi agar tujuan itu tercapai.

  • Membuat Journal
    Jika anda ingin hasil yang lebih akurat tentang diri anda tulislah sebuah jounal karena sebuah jurnal membuat anda lebih menyadari apa yang anda lakukan dan di mana masalah mungkin datang.

  • Self-Review
    Dengan cara ini anda dapat mengenal diri anda dari perspektif orang lain dan mendapatkan wawasan ekstra tentang diri anda dari orang lain.

Sumber : http://lifehacker.com/the-importance-of-self-awareness-and-how-to-become-mor-1624744518

3 Likes

Kemampuan untuk memonitor emosi dan reaksi pada diri sendiri adalah kunci utama dalam keberhasilan kepemimpinan. Pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan emosi mereka, membantu untuk membimbing orang-orang di sekitar mereka untuk mengembangkan pengetahuan diri dan kesuksesan mereka sendiri.

Menurut Sherrie Campbell terdapat 7 tips untuk mengembangkan kesadaran diri, yaitu:

  • Tetap berpikiran terbuka
    Untuk menjadi pemimpin yang sukses, harus tahu tentang orang-orang baru dan semua yang mereka tawarkan. Hal ini menunjukkan bahwa kita dapat menjadi anggota tim yang baik, dan tidak perlu menjadi No 1. Lebih terbuka diri kita kepada orang lain, maka akan semakin kreatif kita nantinya.

  • Perhatikan kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita
    Menyadari kekuatan dan kelemahan berarti untuk mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dan kapan bagian dari diri kita mampu melakukan…

  • Tetap fokus
    Membuat koneksi dengan orang-orang di sekitar adalah hal penting sebagai seorang pemimpin. Tapi koneksi tidak dapat dibuat jika kita terganggu. Melatih untuk fokus pada jangka waktu yang lama adalah hal yang penting.

  • Menentukan batas
    Menjadi hangat terhadap orang lain, tetapi mengatakan tidak ketika harus mengatakan tidak. Serius terhadap pekerjaan, gairah hidup dan membuat batas untuk menjaga integritas dari tujuan.

  • Mengetahui apa pemicu emosional
    Individu yang memiliki kesadaran diri mampu mengidentifikasi emosional. Jangan menekan emosi atau menyangkal penyebabnya

  • Merangkul intuisi
    Orang-orang sukses percaya insting mereka dan mengambil risiko yang terkait dengan mereka. Naluri diri kita didasarkan pada seleksi alam dan kebutuhan untuk berhasil. Hal tersebut memberi tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

  • Berlatih disiplin diri
    Pemimpin yang baik cenderung disiplin di tempat kerja dan di setiap bidang kehidupan mereka. Hal ini merupakan sifat yang mendukung untuk kepemimpinan yang kuat.

1 Like

Menurut Bill George
,penelitian dari psikolog Daniel Goleman menunjukkan bahwa kesadaran diri sangat penting untuk semua tingkat keberhasilan. Saat ia menguraikan di Emotional Intelligence, di atas IQ 120, EQ (Emotional Intelligence) menjadi prediktor yang lebih penting dari pemimpin yang sukses. Mengembangkan kesadaran diri adalah langkah pertama untuk mengembangkan EQ Anda.

Anda tidak dapat memperoleh kesadaran diri melalui psikologi. Sebaliknya, memerlukan pemahaman yang mendalam tentang masa lalu Anda dan diri saat ini. Pengalaman membentuk bagaimana kita melihat dunia. Jadi, kita harus merenungkan bagaimana dunia telah membentuk kita.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan kesadaran diri? Berikut adalah tiga langkah untuk memulai.

1. Memahami Cerita Hidup Anda

Selama 10 tahun terakhir, psikolog telah difokuskan pada bidang penelitian baru yang disebut identitas naratif. Saat Dan McAdams, profesor psikologi Northwestern University, menjelaskan, "Cerita-cerita kami kirim diri tentang kehidupan kita tidak hanya membentuk kepribadian kita - mereka adalah kepribadian kita. "Identitas narasi Anda adalah kisah hidup Anda; tapi itu lebih dari sekedar sebuah cerita. Bagaimana Anda memahami frame narasi Anda baik tindakan Anda saat ini dan tujuan masa depan Anda. Seperti penelitian dari Southern Methodist University menunjukkan, menulis tentang pengalaman hidup sulit meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita. Berapa banyak Anda menghadapi tantangan hidup Anda - apa yang saya sebut “cawan lebur” - mendefinisikan tingkat kesadaran diri.
Jadi, bagaimana Anda bisa mulai? Dalam Temukan True North Anda, saya memberikan beberapa pertanyaan untuk memulai.Melihat kisah hidup awal Anda, apa yang orang, kejadian, dan pengalaman memiliki dampak terbesar dalam membentuk orang yang Anda telah menjadi? Di mana pengalaman Anda menemukan gairah terbesar untuk memimpin? Bagaimana Anda membingkai cawan lebur dan kemunduran dalam hidup Anda?

2. Buat Kebiasaan Harian Refleksi diri

Selanjutnya, Anda harus mengembangkan praktek sehari-hari menyisihkan setidaknya dua puluh menit untuk merenungkan hidup Anda. Praktek ini memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup Anda, bukan hanya langsung. Penelitian dari Wisconsin Richard Davidson menunjukkan korelasi langsung antara kesadaran dan perubahan di otak - jauh dari kemarahan dan kecemasan dan menuju rasa tenang dan kesejahteraan.
Refleksi memiliki banyak bentuk. Beberapa membuat jurnal, beberapa berdoa, dan lain-lain mengambil berjalan-jalan atau jogging. Secara pribadi, saya menggunakan meditasi harian sebagai kebiasaan memperhatikan saya. Dengan berpusat ke diri saya, saya bisa memusatkan perhatian pada apa yang benar-benar penting, dan mengembangkan rasa batin kesejahteraan.

3. Carilah Masukan yang Jujur

Kita semua memiliki karakter yang dilihat orang lain, tetapi kita tidak dapat melihat dalam diri kita sendiri. Kami menyebutnya “blind spot”. Apakah Anda melihat diri Anda sebagai orang lain melihat Anda? Jika tidak, Anda dapat mengatasi blind spot dengan menerima umpan balik yang jujur dari orang yang Anda percaya.
Menerima umpan itu sulit. Jadi, fokus pada pemicu psikologis yang mungkin memblokir belajar Anda. Sebagai Harvard Sheila Heen berpendapat dalam “Terima kasih untuk The Feedback”, tiga pemicu utama mencegah pembelajaran kami: hubungan memicu, identitas memicu, dan kebenaran memicu. Jika Anda merasa defensif, pikirkan kembali mengapa Anda lakukan. Seringkali, kita bisa menjelaskannya dengan menggunakan pemicu ini.

Riset yang dilakukan oleh Korn Ferry Institute pada tahun 2013 menemukan bahwa, “companies with higher rates of return on stock also have employees with few personal blind spots,” bisa dikatakan mereka membuktikan korelasi antara kesadaran diri yang dimiliki pemimpin dengan rata-rata hasil finansial perusahaan.

Sebagai pemimpin biasanya kita diarahkan untuk fokus pada tim kita juga pada individual. Dengan melakukan hal ini, sering membuat kita lupa akan posisi kita sebagai pemimpin. Dengan menyadari diri sendiri dapat membuat kita untuk menjadi lebih realistis tentang kemampuan kita sendiri dan penilaian atau keputusan kita dapat dihormati oleh orang lain. Selain itu kita juga dapat menyeimbangkan antara keyakinan dan kerendahan hati kita, menciptakan visi namun tetap terbuka dengan ide-ide baru dan opini orang lain.

Bagaimana caranya meningkatkan kesadaran diri?

1. Menggunakan test kepribadian untuk memahami sifat diri sendiri
Carilah test kepribadian yang berada di internet seperti Myers-Briggs dan SHL Personality Test untuk mengetahui sifat apa saja yang ada pada diri kita. Walaupun test ini tidak 100% benar, setidaknya kita tahu gambaran sifat-sifat yang ada pada diri kita.

2. Menggunakan bantuan professional
Seorang profesional yang sudah lebih tahu tentang self-awareness dapat memberikan feedback yang dapat meningkatkan tingkat kesadaran diri kita.

3. Membuat catatan untuk diri sendiri
Saat kita dihadapkan dengan suatu pilihan yang penting, buatlah catatan tentang perkiraan apa yang akan terjadi dari hasil keputusan kita tersebut. Setelah pilihan kita membuahkan hasil, coba bandingkan hasil yang benar-benar terjadi dengan catatan yang telah kita buat . Jangan lupa tanyakan pada diri sendiri “kenapa?” hal ini dapat terjadi.

4. Bertanya kepada orang lain
Carilah orang yang kita percaya dan mintalah mereka untuk memberikan feedback mengenai kepribadian, kebiasaan, kebutuhan, dan seberapa penting diri kita untuk mereka.

Kesadaran diri adalah keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan setepat-tepatnya. Seseorang disebut memiliki kesadaran diri jika ia memahami emosi dan mood yang sedang dirasakan, kritis terhadap informasi mengenai dirinya sendiri, dan sadar tentang dirinya yang nyata. Pendek kata, kesadaran diri adalah jika seseorang sadar mengenai pikiran, perasaan, dan evaluasi diri yang ada dalam dirinya. Orang sedang berada dalam kesadaran diri memiliki kemampuan memonitor diri, yakni mampu membaca situasi sosial dalam memahami orang lain dan mengerti harapan orang lain terhadap dirinya. Kalau orang lain mengharapkan ia bicara, maka ia bicara. Kalau orang lain mengharapkan ia diam, maka ia diam. Kalau orang lain mengharapkan ia yang maju duluan, ia maju duluan.

PENTINGNYA MEMILIKI SELF AWARENESS
Apabila seseorang menjadi sadar akan peran pentingnya dalam kehidupan ini, maka hal itu sangatlah cukup bagi untuk mempunyai tujuan di dalam hidup dan berusaha dengan keras untuk mewujudkan tujuan itu. Ini adalah sebuah motivasi internal yang baik dan bertahan lama, tidak seperti motivasi eksternal yang tidak bertahan lama dan terkadang pudar karena bersifat situasional. Kesadaran diri merupakan hal pertama dan utama untuk menjadi seseorang yang bersifat proaktif. Apabila seseorang telah menjadi sadar diri akan tugas dan peran di dunia ini, maka segala pikiran dan tindakan akan difokuskan untuk mencapai tujuan hidup dibanding hanya untuk menghabiskan waktu berharga.

Manfaat kesadaran diri diantaranya adalah :

· Memahami diri kita dalam berhubungan dengan orang lain.
· Mengembangkan dan mengimplementasikan kemampuan diri.
· Menetapkan pilihan hidup dan karier yang akan dicapai
· Mengembangkan hubungan kerja dengan orang lain.
· Memahami nilai diversity
· Meningkatkan produktivitas
· Meningkatkan kemampuan peran dalam organisasi, lingkungan, dan keluarga.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran diri adalah dengan menganalisis pengalaman kita, mencoba melihat diri sendiri dengan kecamata orang lain. Hal tersebut membantu mengungkap siapa diri kita dan meningkatkan kecerdasan emosi.

Dalam menganalisis diri, setiap individu menempatkan dirinya sebagai objek pada suatu situasi atau kondisi yang kemudian diobservasi bagaimana sikap, sikap, respon, pikiran, dan interaksi yang biasa muncul yang kemudian dianalisis dampak positif dan negatifnya. Menganalisis diri sendiri tidaklah selalu mudah, tetapi hal ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki agar menjadi pribadi yang profesional.

Menganalisis diri dimulai dengan berusaha mengekspresikan serta menggali pikiran dan perasaan yang muncul atas sebuah situasi. Dengan demikian akan diperoleh sebuah sudut pandang baru atas situasi yang dihadapi. Dengan memiliki sudut pandang baru, individu akan efektif dalam menerapkan perilaku yang sesuai. Hal tersebut akan memberi sebuah pengalaman untuk menghadapi situasi yang sama di masa yang akan datang.

Hal yang penting untuk dapat memahami diri sendiri adalah dengan mengenali kekuatan dan kelemahan diri, perilaku diri, pola pikir, dan nilai atau prinsip diri. Keempat hal tersebut tidak dapat berdiri sendiri karena keempatnya merupakan sub-sub intrapersonal skills yang saling mempengaruhi.

“Ada tiga hal yang sangat keras, yaitu emas, berlian, dan memahami diri sendiri” – Benjamin Franklin.

sumber: Solusi keuangan keluarga

1 Like

Human Awareness
Merupakan kesadaran diri akan pentingnya kehadiran, perasaan, dan pendapat orang lain, sehingga kita memiliki jiwa kepemimpinan karena dapat mengetahui atmosfer atau keadaan lingkungan tempat kita berada. Menghargai orang lain membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih nyaman, dimana saja dapat membuat kita nyaman seperti sekolah, rumah, atau tempat yang mungkin asing bagi kita. Caranya tentu tidak sulit, kita hanya perlu memperlakukan orang lain seperti orang lain memperlakukan kita. Contohnya seperti ini, terutama jika kita belum terlalu mengenal dengan dekat terhadap orang tersebut.

  • Jangan menghina atauk mengolok-olok orang lain, karena pribadi setiap orang itu berbeda-beda dan tidak semua orang dapat menerima apa yang kita katakan kepadanya.

  • Dengarkan orang lain saat mereka berbicara, sehingga mereka menganggap kita menghargai kata-kata atau opini mereka.

  • Hargai pendapat orang lain, jangan kita memaksakan pendapat pribadi jika sedang bersama orang lain, lihat pendapat orang lain dari sudut pandang yang luas sehingga kita dapat mendiskusikan pendapat dari berbagai orang tanpa harus memaksakan pendapat pribadi.

  • Peka terhadap hal yang orang lain suka atau benci, agar kita tahu cara menghadapi suatu orang, pendekatan apa yang harus kita lakukan jika kita memiliki masalah dengan orang tersebut. Bisa dibilang kita akan lebih mengetahui orang lain lebih dalam karena kita benar-benar peduli terhadap mereka.

  • Jangan mengejek atau menggoda orang secara berlebihan, bercanda adalah perilaku wajar bagi manusia tetapi jika orang tersebut memang belum terlalu dekat dengan kita, alangkah baiknya kita memberikan batasan pada diri kita sendiri agar tidak berlebihan dalam hal apapun.

  • Jangan Mengumpat orang lain terlebih jika mereka tidak mengetahuinya, karena mengumpat adalah perilaku tidak terpuji karena memburuk-burukkan, mengeluarkan kata-kata keji (kotor) karena marah, mencerca dan sebagainya. Hal tersebut merupakan perilaku yang kurang terpuji , sehingga saya menyarankan lebih baik kita menemui orang yang bersangkutan dan memberitahu dengan halus jika memang mereka membuat kita merasa tidak nyaman.

  • Coba untuk belajar sesuatu dari orang lain, jangan menjadi pribadi yang keras kepala karena akan menyebabkan kita susah untuk dekat dengan orang lain. Keras kepala boleh, tetapi dalam kondisi dan waktu yang tepat.

Hal diatas adalah beberapa cara pendekatan untuk mengetahui atau menghargai orang-lain atas kesadaran diri kita sendiri. Kita perlu berbaur, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan orang lain untuk menjadikan hidup kita lebih baik. Agar kita dapat hidup dengan nyaman dan tentram di dunia ini.

1 Like

Self-Awareness (Kesadaran Diri)

Apakah kesadaran diri (self-awareness) itu?
Kesadaran diri merupakan sebuah persepsi yang jelas mengenai diri sendiri, termasuk kekuatan, kelemahan, pikiran, keyakinan, motivasi, dan emosi. Dengan memiliki kesadaran, kita dapat memahami orang lain, bagaimana mereka memandang kita terhadap sikap kita kepada mereka pada saat itu.

Mengapa Kita Perlu Mengembangkan Kesadaran Diri?
Dengan mengembangkan kesadaran diri kita dapat menciptakan sebuah perubahan dalam pemikiran dan pandangan kita. Mengubah pandangan dalam berpikir memungkinkan kita untuk mengubah emosi.

Untuk mencapai kesuksesan salah satu faktor pentingnya adalah kesadaran diri. Kesadaran diri merupakan langkah awal dalam menciptakan apa yang kita inginkan dan menuntun hidup kita (di mana kita memfokuskan perhatian, emosi, reaksi, kepribadian dan perilaku). Memiliki kesadaran diri memberikan kita untuk melihat di mana pikiran dan emosi kita membawa kita. Hal ini juga memungkinkan untuk mengendalikan emosi, perilaku dan kepribadian kita sehingga kita dapat berubah sesuai dengan keinginan kita. Sampai kita menyadari di sebuah keadaan dari pikiran, emosi, kata-kata dan kebiasaan kita akan sulit dalam membuat perubahan.

Kesadaran Diri dalam Menjalin Hubungan
Dalam menjalin hubungan dibutuhkan kesadaran diri. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang pikiran dan pola perilaku dalam diri kita, akan membantu kita dalam memahami orang lain. Kemampuan untuk berempati akan menjadikan kita sebagai pribadi dan hubungan yang profesional yang lebih baik.

Mengembangkan Kesadaran Diri
Kesadaran diri dikembangkan melalui praktek dalam memfokuskan perhatian pada kepribadian dan perilaku. Hal ini tidak dipelajari dalam buku, ketika membaca buku hal yang kita fokuskan adalah ide-ide konseptual yang ada dalam buku. Kita dapat mengembangkan pemahaman intelektual dari ide-ide kesadaran diri dari buku, namun kedua hal tersebut bebeda. Perhatian kita kita pada buku kita berlatih tentang kesadaran diri bukan memperhatikan kebiasaan, emosi dan pribadi kita.

Dalam mempelajari kesadaran diri bisa diibaratkan kita belajar menari. Ketika kita belajar menari kita harus memerhatikan pola lantai, gerakan, musik, dan penari lainnya. Menari tidak kita pelajari dari buku, begitu pula dengan kesadaran diri. Kesadaran diri kita akan berkembang ketika kita memerhatikan eksrpresi dari pikiran, emosi, dan kebiasaan. Ketika kita lebih sadar diri, akan secara alami mulai melihat aspek kepribadian dan perilaku yang sebelumnya belum kita lihat dan secara alami kita akan membuat pilihan yang lebih baik dalam berpikir sebelum kita bereaksi atau berperilaku buruk.

Beberapa cara untuk meningkatkan kesadaran diri antara lain:

  1. Tanya pada diri kita mengapa kita melakukan atau memikirkan sesuatu
  2. Periksa sikap kita
  3. Tulis dalam jurnal
  4. Mengakui ketika tindakan kita tidak menghasilkan hasil yang diinginkan
  5. Tanya kepada teman dan keluarga bagaimana mereka memandang kita
  6. Meminta seorang teman kita untuk mewawancarai kita dengan sebuah video
  7. Analisis timbal balik

Sumber:


http://www.pathwaytohappiness.com/self-awareness.html