Bagaimana mengobati Vaginitis ?

Vaginitis adalah infeksi atau inflamasi yang terjadi pada vagina. Bagaimana mengobatinnya ?

image

Vaginitis adalah peradangan vagina yang menyebabkan pembengkakan, gatal, perih, atau infeksi pada vagina. Vaginitis dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, atau virus. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah bacterial vaginosis, infeksi jamur, trichomoniasis, dan vaginitis non infeksius. Anda perlu mengonsultasikan dengan dokter untuk menemukan penyebab pasti dari infeksi dan memilih perawatan yang tepat.

Vaginitis sangat umum terjadi. Kebanyakan wanita pernah mengalami vaginitis setidaknya sekali dalam hidup. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita dengan usia berapapun. Vaginitis paling sering terjadi pada wanita muda yang aktif secara seksual. Kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Untuk mendiagnosis vaginitis, dokter dapat memeriksa tanda-tanda pada vagina dan riwayat medis Anda. Selain itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan pelvis yang meliputi pengambilan sampel cairan vagina. Sampel akan diperiksa di laboratorium untuk mengidentifikasi organisme yang menginfeksi.

Kunci untuk pengobatan vaginitis adalah mencari penyebab yang tepat. Tergantung pada jenis infeksi, dokter akan menyarankan solusi yang paling efektif.

Bacterial vaginosis: dokter akan memberikan tablet oral metronidazole (Flagyl) dan troical metronidazole gel (MetroGel) atau clindamycin cream (Cleocin) yang dioleskan pada vagina. Pengobatan biasanya diberikan 1-2 kali sehari selama 5-7 hari.

Infeksi jamur: krim antijamur atau supositoria, seperti miconazole (Monistat), clotrimazole (Gyne-Lotrimin) atau tioconazole (Vagistat) biasanya diberikan untuk infeksi jamur. Selain itu, dokter akan memberikan pengobatan minum antijamur, seperti fluconazole diflucan. Keuntungan dari pengobatan bebas adalah kemudahan, biaya, dan tidak perlu menunggu bertemu dengan dokter. Menggunakan pengobatan yang salah dapat memperlambat diagnosis yang akurat serta perawatan yang tepat. Selain itu, tanyakan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Trichomoniasis: tablet metronidazole (Flagyl) or tinidazole (Tindamax) dapat digunakan untuk infeksi ini.
Vaginitis yang tidak menular: untuk mengatasi jenis vaginitis ini, kunci utamanya adalah mencari sumber dan mencegahnya. Kemungkinan sumber dapat meliputi sabun, deterjen, pembalut, atau tampon. Dokter dapat memberikan estrogen topikal, seperti krim untuk meringankan gejala

Sumber : hellosehat.com