Bagaimana mengobati Uveitis ?

Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada uvea atau lapisan tengah mata. Bagaimana mengobatinnya ?

image

Uveitis adalah penyakit radang yang menyebabkan pembengkakan dan merusak jaringan mata. Kondisi ini meliputi peradangan pada lapisan tengah mata yang disebut saluran uveal atau uvea. Uvea meliputi bagian berwarna mata (iris), selaput tipis yang mengandung banyak pembuluh darah (koroid) dan badan silier (bagian mata yang menyambungkan semuanya). Uvea sangat penting karena mengandung banyak pembuluh darah dan arteri yang mengantarkan darah ke bagian lain pada mata. Penyakit ini sangat mempengaruhi pandangan Anda, mengurangi penglihatan dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah.

Ada 4 jenis uveitis tergantung di mana peradangan terjadi:

  • Uveitis anterior adalah peradangan pada iris dan badan silier
  • Uveitis intermediet adalah peradangan pada tubuh ciliary
  • Uveitis posterior adalah peradangan pada koroid
  • Uveitis difus (juga disebut panuveitis) adalah peradangan pada semua area uvea

Perawatan uveitis tergantung pada jenis uveitis yang dialami pasien. Untuk uveitis yang tidak disebabkan oleh infeksi, dokter mata akan memberikan tetes mata atau pil yang mengandung steroid untuk mengurangi pembengkakan serta obat penawar rasa sakit. Tetes mata yang memperlebar pupil dapat diberikan untuk mencegah kejang mata dan menempelnya pupil. Antibiotik diberikan pada orang yang memiliki uveitis menular. Penggunaan kaca mata gelap juga dapat mengatasi sensitivitas terhadap cahaya.

Untuk peradangan yang lebih parah, obat minum, suntikan, atau operasi dapat dipertimbangkan. Ada 2 jenis perawatan operasi, yaitu vitrektomi dan implan alat pada mata untuk mengurangi aliran pengobatan. Untuk orang dengan posterior uveitis yang sulit diobati, alat yang menghasilkan pengobatan kostikosteroid secara perlahan pada mata selama 2-3 tahun dipasang di mata. Kemungkinan efek sampingnya adalah katarak dan glaukoma.

Sumber : hellosehat.com