Bagaimana mengobati Tromboflebitis ?

Tromboflebitis adalah inflamasi atau pembengkakan pada vena (pembuluh darah balik). Bagaimana mengobatinnya ?

image

Tromboflebitis adalah inflamasi atau pembengkakan pada vena (pembuluh darah balik). Inflamasi ini disebabkan oleh penggumpalan darah yang terjadi dalam vena.

Umumnya, tromboflebitis terjadi pada vena di kaki. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini bisa menyerang vena pada tangan atau leher.

Penanganan untuk tromboflebitis memiliki beragam cara. Secara umum, penanganan ini ditentukan berdasarkan jenis serta tingkat keparahan inflamasi vena yang dialami oleh pasien.
Untuk tromboflebitis yang terjadi di bawah permukaan kulit, penanganan bisa dilakukan di rumah dengan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Mengompres bagian yang terserang dengan air hangat.
  • Meletakkan kaki pada posisi yang lebih tinggi saat tidur atau duduk.
  • Menghindari beban atau tekanan pada bagian yang terserang agar tromboflebitis tidak bertambah parah.
  • Menggunakan obat-obatan, misalnya obat pereda sakit (analgesik) atau obat anti-inflamasi non steroid (OAINS). Selain meredakan rasa sakit, OAINS juga dapat mengurangi pembengkakan.
  • Sedangkan DVT membutuhkan metode penanganan yang lebih khusus. Di antaranya adalah:
  • Antikoagulan atau obat pengencer darah untuk mencegah penggumpalan darah lebih lanjut.
  • Obat penghancur gumpalan darah.

Dokter juga bisa menganjurkan pasien untuk mengenakan stocking kompresi sesuai anjuran dokter. Prosedur ini akan mencegah pembengkakan datang kembali sekaligus menurunkan risiko komplikasi. Di samping itu, varises yang menyebabkan rasa sakit atau kekambuhan tromboflebitis bisa diangkat melalui operasi.

Sumber : www.alodokter.com