Bagaimana mengobati Tortikolis ?

Tortikolis adalah suatu gangguan pada otot leher yang mengakibatkan kepala terlihat memutar ke samping. Bagaimana mengobati tortikolis ?

image

Tortikolis adalah pasien dengan kontraksi otot halus. Kontraksi ini memicu kelainan gerakan pada leher dan kepala sehingga membuat condong ke satu sisi. Tortikolis dystonia dengan bentuk yang paling umum terbukti kejang tortikolis.

Penyakit penyakit ini dapat berupa idiopati (penyebab tidak diketahui) atau terjadi karena kepala terluka. Tortikolis tidak membahayakan hidup. Namun, komplikasi dapat terjadi seperti rasa sakit yang kronis dan pembungkukan tulang punggung serviks.

Banyak pilihan terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan kejang otot dan rasa sakit Anda. Terapi fisik, penahan leher, mengendalikan stres, dan biofeedbak dapat membantu. Obat-obat dapat membantu meringankan kejang otot dan mengatur saraf pengirim.

pengobatan terbaik adalah menyuntikkan sedikit toxin botulinum ke otot yang terserang. Toxin mencegah kejang otot dengan menghambat susunan saraf pengirim acetyholine.

Efek dari obat-obatan dapat berlangsung selama beberapa bulan, kemudian obat tambahan biasanya diresepkan. Anda dapat melakukan pembedahan jika pengobatan lain tidak efektif.

Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi trotikolis:

  • Konsumsi obat-obatan sesuai arahan. Jangan berhenti mengonsumsi bahkan jika Anda telah merasa lebih baik tanpa berkonsultasi dengan dokter
  • Hubungi dokter Anda jika leher Anda terasa sakit atau kejang
  • Hubungi dokter Anda jika Anda menderita depresi

Sumber : hellosehat.com