Bagaimana mengobati ikan yang terserang kutu ikan?

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Hewan ini bisa terkena penyakit juga seperti hewan lainnya. Salah satu penyakitnya yaitu terserang kutu ikan. Bagaimana mengobatinya?

Semua jenis kutu memiliki sifat penghisab, baik kutu rambut, kucing dan juga kutu ikan atau yang disebut dengan argulus. Biasanya penyakit kutu ikan ini menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan si ikan, dan bisa mengantarkan kepada kematia Tanda-tanda terserang kutu ikan adalah adanya perubahan pada tubuh ikan, terlihat lebih kurus, lemas atau kurang bergairah.

Maka dalam hal ini seorang pemelihara ikan harus cermat dalam melihat kondisi ikan, mana yang terserang kutu dan mana yang tidak. Kutu air menyerang dari ekor ikan, sirip dan lainnya Mencegahnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mematikan telor telor argulus dengan cara melakukan pengepuran pada kolam, yaitu kuras habis, dan pupuk kembali. Atau bisa juga dengan memberi larutan garam (NaCL) 25 g/liter selama 7 menit pada wadah khusus, kemudian ambil ikan yang terserang kutu air, lalu masukkan ke dalam wadah tersebut. Selain (NaCL) bisa juga dengan Insektisida Malathin dan Dipterex berdosis 0,25 mg/liter.