Bagaimana menghindari pemberian data melalui Whatsapp Ke Facebook?


(Sandi) #1

Waspadai Pemberian Data Anda dari Whatsapp Kepada Facebook

Sumber: forbes.com

Dikutip dari CNN Indonesia, Aplikasi pesan instan WhatsApp bakal membagikan data nomor telepon seluler penggunanya ke Facebook untuk memperkuat bisnis iklan digital. Tetapi ini hanya bisa dilakukan dengan izin pengguna, dan sejatinya pengguna punya hak untuk menolak membagikan datanya.

Terdapat dua metode yang bisa ditempuh pengguna untuk menolak beri izin WhatsApp membagi data nomor seluler ke Facebook.

Ketika WhatsApp memberi notifikasi permohonan izin berbagi data, pengguna jangan mengklik “Setuju/Agree.” Pada tahap ini pengguna bisa memilih “Baca lebih lanjut/Read more” lalu hapus centang pada kotak yang bertuliskan “Bagikan informasi akun WhatsApp saya ke Facebook/Share my WhatsApp account information with Facebook…”

Metode penolakan kedua, bisa dilakukan dengan masuk dalam menu “Pengaturan/Settings” di WhatsApp. Di sana ada keterangan “Bagikan informasi akun saya/Share my account info” yang jika aktif atau berwarna hijau, itu berarti pengguna memberi izin WhatsApp membagikan data nomor selulernya ke Facebook.

Tetapi jika dinonaktifkan, itu berarti Anda menghentikan WhatsApp untuk membagi data ke Facebook. Pengguna diberi waktu memilih opsi ini dalam 30 hari setelah permohonan izin diberikan.

Perubahan kebijakan yang terjadi di WhatsApp ini merupakan yang pertama dalam empat tahun terakhir. Keputusan WhatsApp untuk memberi data nomor seluler ke Facebook ini disertai dengan janji tidak akan dijual atau diberikan kepada pengiklan pihak ketiga. (adt)

Sumber: cnnindonesia