Bagaimana Menghadapi Masalah dan Tantangan dengan Cepat, Efisien, dan Menggunakannya untuk Memperbaiki Diri?

memecahkan masalah 690x320

Salah satu soft skill yang dibutuhkan oleh orang jaman sekarang adalah ketangkasan dan ketepatan dalam mengerjakan suatu tugas yang ada atau yang diberikan ataupun yang muncul dalam permasalahan hidup. Yang dimaksud oleh ketangkasan dan ketepatan disini adalah yang berkaitan dengan efisiennya pengerjaan masalah itu sendiri, yang kemudian jika menemukan suatu permasalah bisa diingat kemudian dipelajari agar bisa menjadi pengetahuan lebih untuk menyelesaikan masalah lain yang mungkin sejenis.

Kemudian maksud dari “tidak menempatkan kepala mereka di pasir” adalah menyadari dan tidak menghindar dari permasalahan yang ada dan berfikir bahwa semuanya baik baik saja, karna maksud dari kalimat “menempatkan kepala mereka di pasir” adalah menolak untuk berpikir tentang situasi yang tidak menyenangkan, berharap hal itu akan membaik secara sendirinya sehingga Anda tidak akan harus berurusan dengan permasalah itu.

Kata kata ini diambil dari perilaku burung unta (ostrich) yang jika ketakutan atau tidak mau terlihat, maka burung itu akan menyembunyikan kepalanya ke tanah, dan berharap bahwa selama mereka tidak melihat maka begitu pula yang melihat burung itu.

Hal hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan agar kita bisa menghadapi masalah dan tantangan secara cepat dan efisien yang adalah dengan cara selalu berfikir positif dan kreatif dalam segala kondisi permasalahan, selalu terlebih dahulu mempelajari dan mencoba menerapkan penyelesaian solusi untuk segala masalah yang sekiranya akan bersangkutan dengan tantangan dan masalah dikedepannya nanti.

Jika sudah bertemu dengan suatu masalah, maka berfokuslah kepada cara penyelesaiannya bukan kepada masalahnya, dari situ kita akan dipaksa untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif. Kemudian hal hal yang perlu dilakukan agar kita tidak bersembunyi dari masalah yang ada didepan adalah dengan cara selalu berfikir dengan tenang, tidak tergesa-gesa walaupun harus tetap membuat jadwal deadline, jika sudah maka cobalah untuk berfikir positif dalam mengerjakan masalah tersebut.

Dan lagi lagi kita perlu untuk berfikir lebih kreatif dan inovativ dalam memecahkan masalah, maka dari itu kita harus lebih sering latihan dalam memecahkan masalah. Memecahkan masalah secara cepat, efisien, dan menggunakannya untuk memperbaiki diri pada zaman ini sangat di perlukan sebagai softskill hamper seluruh lapisan masyarakat dan untuk siapa saja, karena dengan cara kita memecahkan masalah dengan cepat dan efisien kita dapat mengurangi kerugian yang bisa ditimbulkan jika mengerjakan suatu masalah dengan cara terus menerus menghindarinya, yang kemungkinan akan membuat masalah itu tidak selesai atau bahkan masalah tersebut melebar dan meluas menjadi masalah yang lebih rumit dan lebih besar dari sebelumnya.

Dengan kita menyelesaikan suatu masalah dengan cepat dan efisien kita bisa kemudian menuju ke permasalahan berikutnya lebih cepat pula. Salah satu tokoh dunia yang bisa kita tiru atau kita jadikan pedoman adalah Steve Jobs. Steve Jobs adalah salah satu tokoh yang sangat cepat dan efisien dalam pemecahan masalah, yang bisa kita lihat di banyaknya penemuan penemuannya yang bisa berkembang secara pesat, dan memenangkan perdagangan di pasar ekonomi dengan cara caranya yang inovatif dan kreatif yang dia lakukan secara cepat dan efisien.

Pekerjaan pertama Steve Jobs adalah perakit computer yang berkembang menjadi perusahaan, kemudian Steve Jobs mendirikan perusahaan NeXT yang berorientasi dalam pengembangan perangkat lunak yang kemudian dibeli lagi oleh apple, kemudian setelah bekerja lagi di apple sebagai CEO, Steve Jobs mengambil alih divisi grafis computer Lucasfilm.Ltd yang kemudian menjadi Pixar Animation Studio.

Setelah mengundurkan diri dari CEO, Steve Jobs terpilih menjadi anggota dewan apple. Bisa dilihat dalam perjalanan karirnya bahwa dimanapun Steve Jobs berada, dia bisa memecahkan masalah secara cepat dan efisien dan mengembangkan semua perusahaan yang pernah dia pegang. Jika pemecahan masalah tidak cepat dan efisien maka akan banyak sekali dampak yang bisa terjadi seperti bangkrut atau gulung tikar di perusahaan tersebut.

Dikutip dari: