Bagaimana mengembangkan sistem pembelajaran dengan media online?


(Ardy Satria) #1

Teknologi Untuk Kemajuan Anak-Anak Bangsa

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin mutakhir, sudah saatnya menggunakan teknologi tersebut untuk kebutuhan yang lebih baik. Misalkan digunakannya teknologi dalam dunia pendidikan. Contohnya saja penerapan belajar secara online. Jika hal ini dapat diterapkan sejak SMP hingga perkuliahan, maka efeknya pun akan baik bagi perkembangan anak dimasa mendatang.

Teaching in the Internet age means we must teach tomorrow’s skills today
-Jennifer Fleming

Untuk menjadikan teknologi (Media Internet) lebih positif dalam penggunaanya oleh anak-anak tentu tidak mudah, buktinya saja sangat banyak penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan anak. Hal ini seharusnya menjadi perhatian kita semua, tidak hanya pemerintah atau kalangan tertentu saja.

Teknologi bisa sangat positif ataupun bisa sangan negatif bagi anak-anak, apalagi pada masa anak berumur 12-17 tahun, rasa keingintahuannya sangat tinggi terhadap suatu hal baru. jika tidak dijaga dan diberikan pengarahan dengan baik, bukan tidak mungkin teknologi tersebut akan berdampak buruk bagi kehidupannya.

Sumber: seo

Kembali ke materi belajar online. saat ini sudah banyak situs yang bertujuan untuk membantu anak-anak dalam belajar online. salah satunya Quipper Video situs ini menerapkan sistem pembelajaran secara online dengan pembahasan materi berbasis Video. Hal semacam ini tentu membantu anak dalam belajar dengan hal baru yang lebih atraktif dan tidak membosankan. Hal positinya adalah selain mendapatkan pengetahuan dengan cara baru juga menambah wawasan tentang teknologi yang digunakannya.

Menurut anda, Metode apa sajakah yang dapat membuat penerapan teknologi ini menjadi maksimal ketika digunakan oleh anak-anak? dan bagaimana penerapan yang terbaik?