Bagaimana mengembalikan fungsi indra penciuman atau anosmia selama isoman di rumah?

Anosmia adalah gejala hilangnya sebagian atau keseluruhan indra penciuman. Kondisi umum yang mengiritasi lapisan hidung, seperti alergi atau pilek, dapat menyebabkan anosmia sementara.

Pandemi covid-19 yang memiliki ciri-ciri seperti demam, batuk, flue dan sesak nafas ini membuat semua orang panik jika flue mulai menyerang dan menyebabkan hilangnya fungsi indra penciuman. sebagaian orang yang terinfeksi virus Covid-19 memiliki gejala yang berbeda-beda ada yang ringan hingga gejala berat sekaligus. Salah satu gejala ringan yang dirasakan ialah hilangnya fungsi indra penciuman, mereka yang memiliki gejala ringan seperti ini disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih 14 hari.

Teman-teman Youdics adakah yang pernah mengalami gejala tersebut? Bagaimana cara kalian mengembalikan hilangnya fungsi indra penciuman saat isoman di rumah? Yuk kita saling berbagi tips…

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan anosmia, seperti :

  1. Melatih Penciuman Aroma
    Orang dengan anosmia bisa melatih dengan mencium bau aroma. Hal itu dilakukan dengan menghirup perlahan selama 20 detik dan diulang 3 kali sehari selama 6 minggu.

  2. Minyak Jarak
    Dokter naturopati Dr Sandra El Hajj merekomendasikan minyak jarak sebagai salah satu cara mengembalikan indera penciuman. Pasalnya, minyak jarak mengandung asam risinoleat untuk membantu melawan infeksi.

  3. Jahe
    Jahe memiliki aroma bau yang khas dan menyengat. Untuk itu, Dr Hajj merekomendasikan orang untuk mengonsumsi teh jahe sebagai cara mengembalikan indera penciuman.

  4. Irigasi Garam
    Jika kehilangan indera penciuman karena alergi atau hidung tersumbat, kalian bisa mencoba dengan mencuci menggunakan air garam karena larutan ini bisa mengeluarkan alergen dan lendir dari rongga hidung.

maaf kalau tidak ada referensi atau pembuktian ilmiah, tapi saya diberitahu oleh salah satu kerabat saya yang sudah pernah positif covid, cara beliau untuk memperbaiki indra penciumannya dengan cara, pertama mendidihkan air, kemudian memasukkan air tersebut ke termos air, kemudian teteskan beberapa kali minyak kayu putih, diaduk atau ratakan airnya. Nah lalu uap yang dikeluarkan dari termos tersebut bisa kita hirup beberapa kali sampai merasa indra kita segar.