Bagaimana mengatur tempat kerja yang baik dan nyaman?

Sumber: 5S Methodology

5S - 5 Cara Terbaik Mengatur Tempat Kerja dan Bahkan Rumahmu

5S awalnya berasal dari bahasa jepang yaitu seiri, seiton, seiso, seiketsu, and shitsuke. Namun apabila diubah dalam bahasa inggris menjadi

  • Sort
  • Set in order
  • Shine
  • Standardize
  • Sustain

Yang artinya adalah sebagai berikut:

1. SORT

Tahap pertama dari mengatur dan merapikan hidup Anda adalah yang paling sulit, yaitu menyingkirkan semua kekacauan dan sampah dan hanya menjaga hal-hal yang berharga dalam hidup Anda. Sortir barang yang masih dipakai dengan yang tidak dipakai.

2. SET IN ORDER

Setelah Anda menyingkirkan semua sampah yang tidak dibutuhkan, langkah berikutnya adalah untuk menempatkan apa yang anda miliki dengan baik. Agar mudah untuk dicari apabila suatu saat digunakan.

3. SHINE

Memoles barang atau membersihkan dan merawatnya adalah fakta bahwa dapat memperpanjang umur benda tersebut dan dapat membuat benda tersebut terlihat baru dan bagus di tempat kerja anda

4. STANDARDIZE

Ide standardisasi kehidupan rumah anda adalah untuk mengatur beberapa rutinitas sehat dan menguntungkan yang menyederhanakan hidup anda dan membuatnya jauh lebih mudah. Tidak banyak hal yang dapat Anda standarisasi jika Anda tidak ingin membuat hidup Anda benar-benar membosankan, tapi kita masih bisa menemukan beberapa yang sangat berguna.

5. SUSTAIN

Merawat lingkungan anda bukanlah tindakan sekali saja, tetapi proses kontinu. anda harus terus-menerus memperbaiki sistem agar tetap berjalan semestinya.

Dengan 5S, Anda menetapkan standar dan proses, maka Anda harus berkomitmen untuk mereka dan tetap disiplin.

2 Likes

Ruang kerja yang terorganisir memiliki manfaat yang sangat baik bagi kita,ruang terorganisir akan membantu kita untuk tetap produktif dan fous terhadap pekerjaan.Berbeda dengan ruangan kerja yang tidak terorganisir,ruang yang terorganisir akan membuat kita terganggu dan juga menciptakan energi yang negatif.7 tips mengorganisir ruang kerja :

1. Purge Your Office
Dalam mengorganisir ruang kerja mulailah dengan memberihkan ruang kerja tersebut. Ruang kera yang bersih akan memberikan kenyaamanan dalam bekerja.selain itu juga dalam membersihkan ruang kerja akan membantu and untuk memlih barang-barang yangng tidak diperlukan sehingga membuat ruang kerja tersebut terhindar dari barang-barang yang menunpuk yang dapat membuat ruang kerja anda menjadi kacau.

2. Organize Color and label
Gunakan label yang tepat di tempat-tempat tertentu seperti rak,laci,folde. Hal ini bertujuan membantu anda menempatkan barang-barang ditempat yang tempat. Sehingga dapat mencegah kehilangan barang yang anda miliki.

3. Use Storage Boxes & Container
Kelompokkan barang-barang yang anda miliki di satu kotak dan juga berikan label.Hal ini membuat anda akan lebih mudah dalam mencari barang yang anda inginkan.

4. Segment your work zone
Buatlah beberapa segment ruang kerja and ajika itu diperlukan.Dalam membagi ruang kerja menjadi beberapa zona dapat anda lihat kebutuhan andan.Misalnyanya apabila anda mengingkan tempat khsusus untuk mencetak dokumen,fotocopy atau lainnya, agar anda mampu mengorganisir dokumen-dokumen dengan baik.Buat lah tempat khusus yang terpisah dari tempat anda mengerjakan pekerjaan anda.

5. Organize Your Desk Accessories
Mengatur segala sesuatu yang ada pada meja anda seperti,alat tulis,laptop,dan file dapat mempengaruhi produktifitas anda dalam bekerja.Aturlah benda-benda yang ada dimeja anda di tempat seharusnya.

6. De Clutter and Organize Your Laptop/Desktop
Penataan Konten pada laptop atau computer anda akan memberikan pengaruh terhadap output dari pekerjaan anda. Tatalah dan kelompokan Konten-Konten seperti file,gambar,ataupun video dalam folder dan berikan nama folder yang sesuai.Sehingga anda dapat dengan mudah mencari file anda.

7. Have Inspirational Reminders
Terkadang motivasi sering kali hilang ketika anda bekerja. Akibatnya membuat pekerjaan dapat terbengkalai.Maka dari itu diperlukan catatan,gambar atau apapun yang dapat memotivasi diri anda dalam bekerja.Buatlah hal tersebut di tempat yang dapat anda lihat setiap saat.

sumber :http://www.huffingtonpost.com/laiza-king-/7-tips-to-organize-your-work-space-and-stay-productive_b_9792172.html

2 Likes

Masalah yang terjadi di perusahaan bisa saja terjadi akibat dari meja kerja yang tidak tersusun dengan baik. Misalnya menumpahkan kopi pada sticky note yang menyimpan informasi penting atau lupa menyimpan dokumen penting yang sedang dibutuhkan saat itu juga. Karena itulah jangan sepelekan suasana kantor Anda.

Menurut Monster berikut merupakan ide cerdas untuk mengatur tempat kerja:

  1. Chuck Your Junk
    Buang segala sesuatu yang tidak perlu. Sampah, tumpukan note yang sudah tidak digunakan lagi, atau dokumen-dokumen lama.

  2. Store, Store and Some More
    Pisahkan material yang kamu miliki berdasarkan tujuan digunakannya. Simpan dalam kotak yang diberi label.

  3. Tackle Your To-Do Pile
    Buat folder untuk setiap proyek yang sedang kamu kerjakan. Gunakan folder berbeda untuk client yang berbeda. Ketika proyek tersebut selesai, singkirkan folder beserta dokumen yang ada bersamanya.

  4. Keep Your Desk Clear
    Meja harus selalu terlihat bersih. Itu merupakan salah satu cara jitu untuk mencegah meja yang berantakan. Jangan lengah terhadap satu kertas pun, segera buang atau simpan.

  5. Use Technology Wisely
    Gunakan teknologi untuk menyimpan nomor-nomor atau dokumen penting sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

2 Likes

Menurut situs yang saya baca. tempat kerja yang berantakan membuat kita tidak memiliki tempat untuk bekerja sehingga kita tidak bisa berkreatifitas. maka dari itu sangat penting untuk membersihkan tempat kerja kita atau setidaknya membereskannya. ada beberapa tips untuk melakukannya :

  1. Mengatur tempat khusus penyimpanan untuk kertas-kertas ataupun barang-barang yang berupa hard copy. hal ini diperlukan agar tempat kerja terlihat rapi dan kita mudah untuk menemukan dokumen atau barang yang akan kita cari.

  2. Tempat sampah selalu dalam jangkauan agar apabila ketika kita bekerja kita tidak perlu repot-repot dan jauh-jauh membuang sampah dari pekerjaan kita

  3. Meminimalisir penggunaan kertas tentunya merupakan salah satu cara untuk menjaga tempat kerja kita rapi. hal ini dikarenakan kertas merupakan suatu hal dapat membuat tempat kerja kita terlihat berantakan

  4. Tidak memenuhi tempat kerja dengan barang-barang yang tidak selalu kita butuhkan. simpan ditempat lain namun masih mudah untuk kita temukan

  5. Bersihkan tempat kerja dengan teratur

  6. Tidak membuang sampah sembarangan. buanglah pada tempat sampah

  7. Jika kita memiliki barang-barang yang habis pakai dan ingin diganti. foto dan buanglah barang-barang tadi. hal ini untuk meminimalisir tumpukan barang habis pakai di tempat kerja

  8. Jika kita ragu akan keperluan suatu hardcopy maka singkirkan saja karena sebenarnya kita tidak memerlukannya. simpan hardcopy di tempat yang kita sediakan

  9. Jika memiliki hardcopy cobalah untuk disimpan dengan cara dirubah menjadi softcopy. gunakan scanner. hal ini untuk meminimalisir kertas-kertas berserakan

  10. Sebelum meninggalkan tempat kerja. bershikanlah atau setidaknya rapikan terlebih dahulu.


Referensi : 10 Tips to Keep Your Desk Clean, Organized & Productive ;

2 Likes

Cara menata tempat kerja yang baik

Lisa Zaslow seorang organizer profesional di New York City mengatakan, “Survei menunjukkan rata-rata orang kehilangan satu jam sehari karena tempat yang kacau. Ini akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit jika mendapatkan dan tinggal di tempat yang tertata. Pikirkan tentang bagaimana panik dan stresnya Anda ketika Anda tidak dapat menemukan sesuatu.”

Tempat kerja adalah pusat komando dimana kita beraktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu Kathryn Vasel pada sebuah artikelnya memberikan sebuah gambaran bagaimana seharusnya kita menata tempat kerja kita untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas dalam bekerja.

  • Pastikan penempatanmu benar
    Layar monitor seharusnya berada di depan matamu dan sekitar 17inch dari posisi tubuhmu. Taruh barang-barang yang seing di gunakan seperti telephone pada sisi yang dominan untuk mempermudah pengambilan

  • Perhatikan perlengkapanmu
    Perlengkapan yang dipakai setiap hari dapat di taruh di atas meja, sedangkan perlengkapan yang jarang digunakan dapat di taruh di samping meja atau di kolong meja.

  • Lihat catatanmu
    Memenuhi layar monitor dengan banyak catatan tidaklah efektif. Gunakan sticky note secukupnya di atas meja untuk mengingatkanmu beberapa hal yang penting

  • Jangan berlebihan dengan barang pribadi
    Mempertahankan keseimbangan kehidupan saat kerja sulit, terutama di meja Anda. Foto keluarga, souvenir liburan dan pernak-pernik lainnya dapat memberikan perasaan positif selama hari kerja, tapi terlalu banyak kenang-kenangan dapat menjadi mengalihakan perhatian anda dalam pekerjaan. Cukup beberapa personal item saja yang ada di atas meja

  • Sediakan ruang kosong
    Menjaga ruang bebas kertas di sisi dominan Anda sebagai tempat untuk meninjau atau menandatangani dokumen agar lebih mudah.

  • Prioritaskan alur kerja Anda
    Upayakan hanya ada proyek dan dokumen yang relevan dan aktif di meja Anda.Ketika pekerjaan akan ditunda, mudah untuk terjadi kewalahan dan penurunan produktivitas, jadi ini adalah cara yang direkomendasikan untuk pengelompokan proyek dan memprioritaskan pekerjaan:

    1. Penting dan mendesak
    2. Mendesak, tetapi belum tentu penting
    3. Penting, tanpa urgent
    4. Non-mendesak, dan tidak penting

Menjaga tempat kerja tetap rapi memerlukan pemeliharaan dan penilaian. Jadi pastikan untuk melihat kondisi tempat kerja masih baik setiap minggunya, dan pilihlah dokumen mana yang masih layak berada di atas meja atau tidak.

2 Likes

Memiliki tempat kerja yang baik dan nyaman memang sebuah hal yang wajib Anda lakukan karena hal tersebut memiliki dampak yang sangat besar terhadap efisiensi dan efektivitas seorang pekerja. Jadi, jika terasa tidak baik dan nyaman segeralah mengatur ulang tempat kerja Anda. Berikut adalah beberapa cara agar tempat kerja Anda menjadi baik dan nyaman, antara lain:

1. Rajin membersihkan tempat kerja
Bersihkan tempat-tempat yang kotor, furnitur, peralatan serta perlengkapan yang terdapat ditempat kerja. Dan salah satu keuntungan lain dari rajin membersihkannya adalah terciptanya lingkungan yang sehat.

2. Memberi label pada setiap peralatan
Luangkan sedikit waktu Anda untuk memberi label pada peralatan contohnya seperti rak, laci dan tempat sampah. Dengan memberi label Anda lebih mudah untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.

3. Menata meja
Buanglah beberapa barang yang sudah tidak digunakan pada meja kerja Anda agar terlihat lebih rapih. Lakukan cara ini dengan rutin misalnya seminggu sekali.

4. Mengatur tumpukan kertas
Sediakan tempat untuk memilah tumpukan kertas yang terdapat dalam meja Anda agar mudah mencarinya kembali jika diperlukan suatu saat. Jika sudah tidak dipakai, maka taruhlah ditempatnya.

5. Mengatur meja dan kursi
Dengan mengatur jarak ataupun posisi meja dan kursi, maka akan lebih baik dalam menjaga kesehatan Anda.

6. Memberikan berbagai warna
Berikan warna yang tidak monoton terhadap ruang kerja Anda. Dengan adanya berbagai warna, suasana tempat kerja serta suasana hati akan lebih meningkat.

If you love your workspace, you’ll love your work a little more.


Referensi:
The Ultimate Guide To Organizing Your Workspace For Maximum Productivity
21 Tips to Organize Your Office and Get More Done

2 Likes

Tempat kerja merupakan tempat di mana anda menjalankan aktivitas produktif anda. Tempat kerja perlu diatur sedemikian rupa agar nyaman digunakan saat sedang bekerja. Bayangkan jika anda memerlukan sesuatu maka anda dapat dengan mudah menemukan benda itu. Atau jika anda merasa jenuh dengan pekerjaan yang menumpuk, ruang kerja yang nyaman dapat membantu anda rileks. Namun mengapa terlihat sulit untuk mengatur tempat kerja yang nyaman? Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda gunakan untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman.

1 Grouping

Jadikan ini sebagai langkah pertama untuk mulai menata tempat kerja anda. Kelompokkan benda-benda kecil seperti klip kertas atau alat tulis di dalam suatu wadah terte

2 Bersihkan tempat kerja dari benda-benda yang tidak dibutuhkan

Bagaimana cara memilih benda mana yang harus dibuang? Caranya sederhana, pikirkan seberapa sering anda menggunakan benda-benda tersebut dan seberapa penting alat tersebut membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

3 Buat keputusan benda apa yang tidak boleh berada di tempat kerja anda

Cara ini dilakukan untuk menghindari masuknya benda-benda yang tidak diperlukan di sekitar tempat kerja anda. Dengan demikian, anda tidak perlu membuang waktu untuk membereskan tempat kerja terlalu sering. Benda yang tidak dibutuhkan contohnya yaitu menyimpan struk belanja yang tidak diperlukan, menyimpan kupon belanja yang sudah kadaluarsa, menyimpan alat elektronik yang sudah rusak, dan lain-lain.

4 Berikan ruang hijau

Jika anda menyukai tanaman hias, anda dapat meletakkan tanaman hias dalam pot di atas meja kerja anda. Tanaman hias dapat memberikan efek relaksasi saat anda jenuh menatap komputer atau dokumen-dokumen kerja anda. Dengan demikian anda akan semakin bersemangat untuk menjalankan aktivitas produktif anda.

5 Baca referensi mengenai peletakan alat elektronik yang benar

Jika terdapat alat elektronik di tempat kerja anda seperti komputer, printer, scanner dan lain-lain, maka anda memerlukan tips khusus untuk menatanya. Jika salah posisi pelatakan maka anda akan mudah lelah dalam mengoperasikannya. Carilah referensi mengenai tata letak alat elektronik yang benar.

Sumber: prdaily

2 Likes

A post was merged into an existing topic: Mengapa mengatur tempat kerja merupakan hal yang penting?

Ruang Kerjaku Duniaku

Oleh : Adilla Widyandhana N.

Pertama kali ketika kita masuk ke sebuah tempat kerja yang baru selain melihat siapa saja partner kita adalah lingkungan. Percaya atau tidak, lingkungan juga mempengaruhi kinerja SDM secara proses maupun hasil yang akan dihasilkan. Perasaan para pekerja secara semangat dan kemauan serta kenyamanan serta kreatifitas juga bergantung bagaimana tata letak ruang kerja yang diberikan. Seperti yang disampaikan oleh Jerry Jao, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur tempat kerja diantaranya adalah :

  1. Budaya dan kepribadian lingkungan
    Budaya seperti apa yang ingin perusahaan anda bangun diantara para pegawai? Bentuk komunikasi apa yang ingin tercipta disana? Ini harus benar-benar diperhatikan agar jalur komunikasi serta kenyamanan yang nantinya terbentuk akan benar-benar tercipta seperti yang kita harapkan serta setting tempat yang kita harapkan. Cobalah untuk mencari ide dari perusahaan lain sebagai referensi. Kemudian bentuk tempat kerja anda dengan fasilitas dan ruang yang anda miliki dan jadikanlah hal ini menjadi “Ciri” bagi perusahaan anda.

  2. Biaya
    Diawal pembentukkan perusahaan, pasti modal yang kita miliki diawal tidak sebesar yang kita harapkan. Maka sebagai entrepreneur kita harus bisa mengatur fasilitas apa yang ingin kita dapatkan diawal pembentukan perusahaan. Kemudian rancang juga berapa budget yang dibutuhkan untuk menambah fasilitas di tahun berikutnya.

  3. Lokasi
    Setelah rancangan biaya telah dirinci, maka berikutnya adalah dimana anda akan mendirikan perusahaan anda. Semakin strategis tempat kerja yang anda miliki maka akan menambah kenyamanan baik untuk pegawai maupun pelanggan yang akan datang pada kita. Tentukan dimana letak-letak tempat strategis seperti toko penyedia resource, restoran dan siapa saja yang akan menjadi tetangga dari tempat kerja kita.

Sumber : Pimping The Workplace: How To Set Up Your Company's Office For Success

2 Likes

Co-working Space Jawabanya

Mungkin jika memang susah untuk membuat ruang kerja yang nyaman, maka hal yang terbaik adalah pindah tempat. Salah satu alternatif yang mungkin cocok adalah Co-Working Space.

Co-Working Space adalah ruang kerja bersama yang diatur se dinamis mungkin tergantung siapa orang yang menggunakanya. Ruang Kerja bersama yang biasanya dipakai oleh bisnis startup yang sedang mengawali karir nya. Yang ditawarkan oleh Co-Working Space adalah:

1. Murah
Dengan harga yang tidak terlalu mahal, para pekerja lepas maupun pengusaha, tidak perlu khawatir akan kebutuhan pembuatan kantor atau ruang kerja. Semuanya sudah di siapkan oleh pemilik Ruang Kerja Bersama. Cukup sewa lalu pakai.

2. Fleksibel
Sangat mudah dalam mengatur kebutuhan ruang kerjanya, jika mau menambahkan / mengurangi besar ruangan kerjanya akan lebih mudah dibanding mempunyai kantor sendiri.

3. Terpusat
Klien tidak akan sulit dalam mencari Anda karena biasanya Co-working space berada di pusat kota.

4. Kesempatan untuk mencari jaringan
Karena Co-working Space adalah ruang kerja bersama, maka di dalam nya terdapat banyak orang / kantor yang berada dalam satu ruangan sehingga Anda bisa saling berhubungan satu sama lain membangun jaringan kerja yang baik.

5. Mempromosikan keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan
Yang terpenting adalah budaya yang ada di Co-working Space tersebut, yaitu fenomena All Work No Play ketika semunya sedang bekerja namun Anda hanya duduk diam, maka Anda akan merasa aneh, sehingga yang tanpa Anda sadari adalah Anda akan terbawa ke dalam suasana tidak nyaman karena tidak melakukan apa apa, dan akhirnya Anda akan terpacu dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Namun tidak selalu bekerja terus tanpa henti, Co-working Space juga menyediakan ruang hiburan / ruang beristirahat yang bisa dipakai, ketika tubuh sudah lelah dengan pekerjaan yang sedang dijalani, maka Anda dapat menghilangkan stress bersama orang orang dalam Co-working Space tersebut.

2 Likes

A post was merged into an existing topic: Mengapa mengatur tempat kerja merupakan hal yang penting?

Setiap orang memimpikan mempunyai karir yang sukses. Jelas, sulit untuk mencapai tujuan tanpa upaya. Jika kita ingin membangun karir sesuai impian kita , maka kita perlu untuk tetap produktif dalam bekerja. Salah satu cara untuk mempelajari rahasia manajemen waktu adalah untuk mengatur tempat kerja. Faktanya, tempat kerja yang terorganisir memberikan dampak ke dalam kreatifitas, konsentrasi, dan kesehatan.

Berikut ini adalah beberap tip untuk membuat tempat kerja yang baik dan nyaman :

1. Mengatur Meja Kerja

Tidak peduli apapun profesinya apakah seorang penulis, desainer, IT-spesialis, atau pengusaha, kita mungkin sering menggunakan meja tulis. Dengan demikian, kita perlu membersihkannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk menyingkirkan kekacauan yg dimiliki meja kerja kita seperti: menyembunyikan draft dan catatan, menempatkan peralatan dalam kotak, dan menggunakan rak untuk buku dan majalah. Cara yang paling umum untuk meningkatkan produktivitas adalah untuk menjaga meja kerja tetap bersih.

2. Mengatur Ruang Kerja.

Ketika mengatur meja kerja, pikirkan juga tentang kantornya. Sebuah ruang kantor yang rapi dan teratur membuat produktivitas kerja jadi lebih tinggi dan waktu kurang terbuang. Menjaga ruang kerja tetap bersih dan terorganisir dapat memiliki efek mendalam pada produktivitas, konsentrasi dan kemampuan untuk menemukan semua yang butuhkan.

3. Menjaga ruangan tetap sehat

Bagi orang-orang yang bekerja sepanjang hari, tetap sehat harus menjadi pikiran utamanya. Sebuah gaya hidup dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Jadi budaya kesehatan yang positif selama bekerja dapat berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik seperti fisik, mental, dan emosional kesejahteraan bagi para pekerja. orang yang sehat lebih produktif, lebih konstruktif dan memerlukan hari sakit lebih sedikit dan biaya kesehatan terkait.

4. Buat Senyaman Mungkin

Manfaat terbesar dari pengorganisasian tempat kerja adalah bahwa hal itu meningkatkan produktivitas. Tentu saja, ada banyak cara untuk membuat tempat yang nyaman dan aman. Jika kita ingin mencapai hasil yang lebih baik dalam karir, kita harus belajar seni organisasi rumah tempat kerja agar dapat membuat tempat kerja senyaman mungkin untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkerja.

Sumber : Easy Ways to Organize a Workplace: Your Productivity Boost

2 Likes

Suasana di tempat kerja sangat berperan penting dalam menentukan produktifitas suatu perusahaan. Semakin rapi dan nyaman tempat area kerja yang di ciptakan maka akan semakin baik pula produktifitas yang akan di hasilkan oleh suatu perusahaan. Berikut ada beberapa tips untuk menciptakan area kerja yang baik dan nyaman yang dikutip dari cio.com diantaranya adalah :

1. Purge Your Workspace
Salah satu hal yang harus di perhatikan dalam menciptakan area kerja yang rapi dan nyaman adalah selalu membersihkan area tempat bekerja anda. Salah satu langkah mudah nya yaitu membuang hal hal yang anda rasa tidak perlu yang ada di meja atau laci anda. Dengan begitu tataan dokumen dokumen yang anda perlukan akan dengan mudah di temukan. Selain itu selalu periksa setiap detail ruangan anda untuk selalu tetap bersih.

2. Rearrange Your Office
Langkah selanjut nya yang harus anda lakukan adalah menata setiap perlengkapan yang ada di dalam ruangan anda. Bersih saja tidak cukup untuk menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman, akan tetapi yang harus dilakukan juga adalah menata seluruh perlengkapan yang ada. Dengan tatanan yang rapi akan membantu anda untuk dapat mengakses keperluan anda dengan cepat dan juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dalam ruangan anda

3. Organize Your Desktop
Usaakan agar anda hanya menyimpan hal hal yang anda perlukan saja di kegiatan sehari hari di desktop anda. Menurut NAPO, komputer, telepon, pena, dan buku catatan haruslah di letakkan di tempat yang mudah di jangkau dari anda. Hal hal yang anda rasa sangat di butuhkan juga disarankan untuk diletakkan di tempat yang anda rasa mudah untuk di jangkau

4. Develop A Filling System
Sangat disarankan juga bagi anda untuk mengembangkan sistem dalam pengarsipan, dengan syarat sesuai dengan gaya anda bekerja dan mudah untuk di rawat. Dengan mengembangkan sistem seperti pengarsipan tentu anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti menghindari dokumen dokumen yang menumpuk di atas meja kerja anda, menjaga file agar tetap aman, dan dokumen dokumen projek tidak akan kacau.

5. Time Management
Manajemen waktu anda juga sangat diperlukan dalam menciptakan suasana yang nyaman. Salah satu manfaat nya adalah anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan dan projek projek anda sesuai dengan target yang telah anda tetapkan. Semakin banyak projek yang telah anda selesaikan maka akan semakin mengurangi beban pikiran anda selama bekerja, dan hal ini juga bisa mengurangi penumpukan berkas berkas laporan yang ada di atas meja anda

6. Communicate On A Schedule
Selalu menulis agenda untuk setiap kegiatan yang anda lakukan, hal ini akan membuat anda tidak melupakan poin poin penting dalam menyelesaikan projek anda. Waktu yang efektif juga untuk anda untuk menyelesaikan sesuatu adalah dalam waktu 10-15 menit per hari.

7.Organize Digitally
Teratur secara elektronik sama penting nya dengan teratur secara fisik. Buat Email dan folder yang berbeda untuk setiap klien yang anda hadapi dalam suatu pekerjaan. Penyimpanan dokumen digital harus dibentuk dengan cermin sistem pengarsipan fisik anda. Buatlah sub sub folder untuk memudah kan anda dalam bekerja

8. Ritualize Your Work Day
Pengaturan bukan satu satu nya tujuan yang akan anda lakukan. Yang harus anda lakukan adalah selalu menjaga file file dan dokumen anda ketika anda telah selesai bekerja dalam sehari. Setelah bekerja dalam satu hari luangkan waktu anda 15 menit untuk membuat list list yang akan anda kerjakan di masa yang akan datang. Membiasakan hal hal seperti ini akan sangat membantu dan membuat proses item anda secara tepat, menjaga agar tetap bersih dan rapi ketika anda kembali beraktifitas di keesokan harinya

2 Likes

5 ways to make your workplace a better place to be

By Katie Robertson

"Imagine a world where most organizations were the best place to work. Imagine what we could be getting done on the planet if it were true” - Karen May, VP of people development, Google.

Hari demi hari semakin banyak perusahaan yang beralih dari tempat kerja yang biasanya menjadi tempat kerja yang lebih menyenangkan , praktis dan inspiratif , seperti google yang mempunyai ruang permainan yang digunakan untuk mendorong tingkat kepuasan karyawan, dan pada akhirnya juga meningkat kan kinerja mereka

Berikut beberapa tips yang bisa di gunakan untuk membuat tempat kerja yang lebih menyenangkan

  1. Inject some colour
    Penelitian terbaru mengungkap kan bahwa dekorasi kantor dan warna khusus dapat memiliki dampak yang besar pada kreativitas di tempat kerja. penelitian menunjukkan bahwa warna hijau menyebabkan orang untuk 20% lebih kreatif di tes kreatifitas, kuning memberikan kesan lebih hidup , lingkungan yang lebih bahagia dan lebih sosial , sementara biru memberikan hasil brainstorming 2 kali /lebih daripada warna merah.

  2. Get a fun factor
    Kita semua pernah mendengar cerita tempat bowling di dalam kantor google, ruang eskrim dan barbershops(tukang cukur) di facebook yang nampak mewah tapi tidak terkait secara langsung dengan pekerjaan nya di kantor. Investasi " fun zone " di tempat kerja , yang memungkinkan staf untuk mengambil istirahat sejenak , dan mengisi ulang baterai mereka serta memperluas pikiran mereka dapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan workplace vibes. Memang kita sadari mulai dari permainan ping - pong dan sofa untuk mengobrol telah terbukti untuk membantu mengurangi kebosanan dan kelelahan staff serta meningkatkan kreativitas , meningkatkan produktivitas otak dan meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi di tempat kerja.

  3. Let there be light
    Menurut ilmuwan Mirjam muench baru baru ini dilakukan penelitian untuk membandingkan efek pencahayaan buatan VS Alami di tempat kerja , dan hasilnya mengejutkan , Membandingkan dua kelompok ( satu dengan pencahayaan alami dan satunya dengan pencahaayan buatan ) Secara mengejutkan menunjukkan bahwa mereka yang bekerja hanya dengan pencahayaan buatan buatan akan lebih mudah mengantuk dan kurang waspada dari mereka yang bekerja dengan pencahayaan alami pada sore hari (end of the day). Mirjam melanjutkan bahwa penyebab dapat disebabkan bahwa tingkat kortisol turun secara signifikan dalam kondisi pencahayaan yang buruk , yang berarti tidak hanya orang orang cenderung menjadi lebih stres , tetapi mereka kurang menstabilkan tingkat energi mereka selama hari berlangsung

  4. Hip and healthy
    “There’s nothing like sitting dull and lifeless in front of a computer screen all day to slowly kill your creativity”.
    Faktanya baru baru ini dilakukan sebuah studi ilmiah yang menyatakan bahwa gaya hidup menjadi faktor yang menyebabkan banyak menderita penyakit yang berkaitan dengan usia , Dr james levine menyebutkan bahwa " konsekuensi lama duduk adalah mencakup obesitas , hipertensi , hiperlipidemia , kolesterol tinggi , penyakit kardiovaskular , atau jenis tertentu dari kanker , dan kecenderungan untuk diabetes. Akibatnya, semakin banyak perusahaan termasuk Microsoft dan Evernote yang memperkenalkan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan seperti meja treadmill,lebih banyak rak sepeda dan keseluruhan makanan yang tersedia dari catering yang sehat , tujuannya untuk memberi kebahagiaan dan lingkungan yang sehat. selain itu hanya sepuluh menit berjalan kaki dari rumah atau sekitar kantor untuk meregangkan kaki dapat menuai manfaat besar untuk keadaan pikiran dan tubuh.

  5. Music matters
    Sebuah studi terbaru yang di lakukan oleh MindLab internasional menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluhh pekerja melakukan perkerjaan lebih baik dan akurat saat mendengarkan musik. Menurut pakar neuropsychologist Dr David Lewis " The take home message is that music is a very powerful management tool if you want to increase not only the efficiency of your workforce but also their mental state and their emotional state - they’re going to become more positive about the work.” Studi ini menyimpulkan bahwa jenis musik tertentu dapat Membuat lebih baik untuk tugas pekerjaan yang berbeda, Misal musik klasik yang di gunakan lebih baik untuk pekerjaan yang melibatkan angka atau fokus terhadap detail, musik pop yang cocok untuk pekerjaan entri data dan pekerja yang mempunyai dealine. musik ambient untuk pekerjaan dalam memecahkan persamaan, dan dance music untuk pekerjaan sesorang proofreading dan problem solving.So, headphones at the ready…

2 Likes

A post was merged into an existing topic: Mengapa mengatur tempat kerja merupakan hal yang penting?

Mengatur tempat Kerja Nyaman dan Tidak Membosankan
Sumber: Sentra Office

Kondisi tempat kerja yang nyaman tentulah sangat menunjang kinerja karyawan dalam bekerja, namun ada hal-hal yang bisa membuat efektivitas dan semangat kerja di kantor meningkat atau bahkan bisa menurunkan semangat kerja bila anda kurang memperhatikannya, salah satunya adalah meja kerja dan kursi kantor.
Kondisi Meja kerja yang bersih dan tertata rapi tentu akan membawa aura positif dalam lingkungan kerja, namun sebaliknya Kursi Kantor yang tak tersusun rapi bisa membuat terganggunya efektivitas dan bahkan bisa menurunkan semangat bekerja. Oleh karena itu, berikut sentraoffice.com telah merangkum tips dalam mengatur meja kerja kantor.

Pertama susunlah posisi meja kerja anda untuk mepermudah pekerjaan. Dan rapikan segala hal yang ada di atas meja kerja seperti tumpukan berkas, dan file-file yang penting satukan dalam satu wadah yang khusus, karena kertas-kertas yang berserakan atau dokumen di meja yang tidak tertata rapi itu akan mengganggu focus kerja anda. Oleh karena itu, aturlah meja kerja dan kursi kantor menjadi 3 bagian yang terpisah yakni dokumen baru, dokumen yg sedang diproses, dan dokumen yg sudah selesai dikerjakan. Lalu kemudian, jangan lupa untuk mencantumkan nama di setiap masing-masing bagian.

Selanjutnya anda bisa menyimpan peralatan yang jarang terpakai simpan di laci meja. lalu, letakkan benda-benda penting dan sering terpakai saja yang di letakkan di atas meja. Benda-benda seperti komputer, peralatan tulis-menulis, rak berkas, serta kertas-kertas kosong dapat anda simpan di atas meja. Hal ini akan mengefisienkan waktu anda dalam mencari barang-barang yang memang diperlukan dalam waktu singkat.

Aturlah meja kerja dan kursi kantor anda setiap kali anda pulang kerja. Contohnya,bila anda memiliki suatu tugas kantor yang belum terselesaikan, maka simpanlah pekerjaan tersebut di bagian “dokumen yang sedang diproses”.

Tentulah kondisi meja kursi kantor dapat mempengaruhi suasana kerja. karena kondisi meja yang berantakan akan membuat anda tidak nyaman dalam bekerja. Namun, kondisi meja kerja yang rapi dengan konsep tata letak yang sama pun ternyata dapat mempengaruhi suasana kerja. Rasa jenuh di kantor dapat timbul jika tata letak meja kantor anda selalu sama setiap harinya.

Karena itulah, sebaiknya dalam kurun waktu dua – tiga bulan sekali anda bisa merubahlah tata letak paralatan di meja kerja kantor agar suasana selalu terasa baru dan tidak menimbulkan rasa bosan. Seperti, bila pada hari-hari biasanya komputer berada di tengah-tengah meja, maka anda bisa menggesernya agak ke sebelah kiri meja atau sebelan kanan meja. Sama halnya dengan peralatan yang lain. Hal ini dapat menimbulkan suasana dan semangat yang baru dalam bekerja.

2 Likes

Tempat Kerja yang Sempurna (Menurut Ilmu Pengetahuan)

Ruang kerja kita menunjukkan siapa kita dan bagaimana kita bersikap. Hal ini memiliki konsekuensi serius bagi psikologis dan kinerja kreatif. Mengingat bahwa banyak dari kita menghabiskan tahun demi tahun bekerja di ruangan yang sama, atau bahkan di meja yang sama, masuk akal untuk mengatur dan mengoptimalkan ruang yang dengan cara yang paling menguntungkan mungkin.

Berdasarkan temuan psikologi dan neuroscience baru-baru ini, berikut adalah beberapa langkah sederhana dan efektif yang dapat Anda ambil sekali untuk meningkatkan produktivitas kita selama bertahun-tahun menurut Christian Jarret:

  • Ruang kerja kita adalah milik kita
    Tindakan sederhana membuat keputusan sendiri tentang bagaimana mengatur ruang kerja kita memiliki efek memberdayakan dan telah dikaitkan dengan peningkatan produktivitas.

  • Pilih furnitur berbentuk bulat dan mengaturnya dengan bijak
    Jika kita memiliki kemewahan merancang ruang kerja kita sendiri, pertimbangkan untuk memilih tata letak dan furnitur yang melengkung dan bulat daripada tajam dan lurus bermata. Menciptakan lingkungan ada kaitannya dengan emosi positif, yang diketahui bermanfaat untuk kreativitas dan produktivitas.

  • Manfaatkan warna, cahaya dan ruang
    Memilih warna yang tepat dan skema pencahayaan untuk kantor kita adalah salahsatu cara paling sederhana di lingkungan kita agar dapat meningkatkan kinerja. Berbagai warna dan tingkat cahaya memiliki efek psikologis yang berbeda, sehingga situasi yang ideal adalah untuk menginstal sistem pencahayaan yang memungkinkan kita untuk mengubah warna dan kecerahan kamar kita sesuai dengan jenis pekerjaan yang kita kerjakan.

  • Memanfaatkan tanaman dan jendela
    Penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa kehadiran tanaman kantor memiliki berbagai manfaat termasuk membantu pekerja pulih dari tuntutan aktivitas dan menurunkan tingkat stres. Sebagai bonus, ada juga bukti bahwa tanaman dapat mengurangi tingkat polusi kantor. Fitur lain adalah jendela dengan pemandangan, sebaiknya pemandangan alam. Hal ini karena melihat bukit atau danau mengisi pikiran Anda.

2 Likes

Pengaturan area kerja adalah salah satu kunci utama untuk sebuah tempat kerja yang efektif. Meskipun suat hal yang sederhana, tetapi kenyataanya adalah bahwa jika kita mengatur tempat kerja kita dengan baik kita menjadi lebih efisien. Efisien yang dimaksud ialah waktu pencarian yang singkat, banyak orang yang tidak menganggap hal ini penting. Orang menganggap waktu pencarian benda-benda entah itu berkas penting, buku, kaca mata atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti pena tidak membutuhkan waktu yang lama. Bayangkan jika beda-beda tersebut tidak tertata rapi dimeja kerja kita, berapa waktu yang terbuang untuk mencari benda-benda tersebut.

Beberapa tahun yang lalu seperti yang dijelaskan perusahaan Toyota terdapat lima prinsip untuk membuat area kerja menjadi teroganisir. Meskipun prinsi ini terlihat sederhana namun dapat berdampak besar terhadap lingkungan kerja suatu organisasi. Prinsip-prinsip itu biasa dikenal dengan nama The Five S. Berikut adalah cara untuk mengatur tempat kerja yang nyaman :

Sort : Hilangkan semua benda dari area kerja yang sekiranya tidak diperlukan, baik itu berkas, alat tulis, atau peralatan.

Set in Order : Segala sesuatu yang berada di area kerja harus diletakan di tempat yang jelas dan dikelompokan sesuai jenisnya. Banyak cara untuk menunjukan lokasi, misalnya penanda ruang tempat penyimpanan, memberikan label disetiap tempat penyimpanan sesuai kategori barang yang dsimpan disana. Semua barang dikelompokkan di satu tempat yang sama sesuai dengan kategori barangnya dan jika barang selesai digunakan harus dikembalikan sesuai tempat semula.

Shine : Bersihkan selalu area kerja secara teratur agar terlihat rapi. Segala falilias area kerja yang perlu dibenahi segera dibenahi, diperbaharui, atau diganti. Ruang kerja jika perlu dicat secara rutin. Orang akan lebih memilih untuk bekerja di area yang bersih dan ini akan menyebabkan peningkatan moral dan produktivitas yang baik.

Standardize : Membuat prosedur yang akan menjaga fasilitas di area kerja tetap baik. Tanggung jawab harus diberikan kapan setiap orang atau karyawan untuk mematuhi dan mengikuti prosedur ini.

Sustain : Ikuti prosedur yang telah dikembangkan untuk menjaga tempat kerja yang teratur. Biasakan sikap disiplin kepada setiap orang yang bekerja pada lingkunagn itu. Jika prosedur tidak diikuti manfaat tempat kerja yang teratur tidak akan dapat dirasaka.

Sepeti yang dijelaskan diatas prinsip ini tidaklah rumit, hanya saja dibutukan disiplin untuk menjalankan prinsip-prinsip itu. Cara termudah adalah dengan membiasakan diri kita masing-masing dengan prinsi-prinsip itu. Jangan hanya menempatkan alat dan perlengkapan di atas meja, tetapi letakkan barang-barang ke tempat penyimpanan. Tempat kerja yang rapi memberi Anda lebih banyak ruang untuk bekerja, akhirnya membuat segalanya lebih mudah bagi Anda.

Sumber : Organizing Your Workplace With The Five S

2 Likes

Cara Mengatur Tempat Kerja

menurut wikiHow

Menjaga ruang kerja bersih dan terorganisir dapat memiliki pengaruh yang besar pada produktivitas, konsentrasi dan kemampuan untuk menemukan semua yang anda butuhkan. anda mungkin akan heran betapa jauh lebih efisien anda bekerja setelah membersihkan meja. Anda hanya membutuhkan sedikit waktu, Disiplin untuk membuang barang yang tidak dibutuhkan dan memastikan semuanya berada pada tempat yang tepat.

Berikut langkah untuk mengatur tempat kerja:

  1. Bersihkan meja kerja
    Menata ulang meja anda akan lebih mudah jika dimulai dari awal atau mengosongkan sesuatunya. Mengambil semua barang dari laci. Dengan meletakkan sesuatunya di lantai. Anda akan mudah bagaimana meletakkan sesuatunya sesuai yang anda inginkan nanti. Mungkin agak sedikit berantakan diawal. Namun dengan melukakn ini anda dapat meentukan dengan persis bagaimana meja kerja yang anda. Kemudian bersihkan meja anda pada bagian dalam dan bagian luar. Buanglah barang-barang tua dan yang tidak dibutuhkan lagi. Perbarui ruang kerja anda sesuai yang anda inginkan.

  2. Lakukan penataan kembali meja kerja
    Rubahlah susunan meja kerja anda sesuai kebutuhan dengan memikirkan bagaimana sesuatunya lebih nyaman dan praktis. Sehingga membuat anda semangat saat bekerja. Isi ulang lah sesuatu yang hampir habis. contohnya kertas, tinta, pulpen dan staples yang tinggal sedikit. Susun segala sesuatunya pada tempat yang lebih nyaman dan cepat jika anda butuhkan sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja anda. Gunakanlah intuisi anda untuk menatanya dan buatlah meja anda adalah meja terbaik ditempat kerja anda. Tambahkan sesuatu yang dapat memotivasi anda untuk bekerja lebih baik seperti dengan memasang foto keluarga, kata mutiara dan sesuatu yang membuat anda termotivasi. Buatlah tempat kerja anda seperti anda berada dirumah. Sehingga anda nyaman dalam bekerja.

  3. Utamakan Efisiensi
    Pastikan sesuatu yang penting dapat terjangkau dengan cepat. Hal ini dapat dilakukan dengan membiarkan catatan, alat komunikasi, aksesoris digital tetap terbuka atau siap digunakan dan letakkan pada tempat yang mudah dijangkau. Pisahkan pulpen dan pensil dan pastikan untuk siap digunakan tanpa memakan banyak ruang. Letakkan staples dan penjepit buku dekat dengan printer sehingga memudahkan anda setelah anda selesai melakukan pekerjaan. Anda dapat menghemat waktu jika anda tidak membiarkan sesuatunya berantakan. Letakkan segala sesuatu yang sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau. Letakkan kembali pada tempat semula setelah anda gunakan. buatlah tempat kerja diibawah kendali anda. Dimulai dengan membersihkan benda yang mengganggu kinerja anda kemudian pisahkan barang pribadi dan kantor. Jika ada barang yang hampir habis biasakanlah untuk segera mengisinya kembali. Pastikan anda meletakkan sesuatunya pada tempat semula dan rapi sehingga dapat memudahkan anda dalam bekerja.

A post was merged into an existing topic: Mengapa mengatur tempat kerja merupakan hal yang penting?