Bagaimana Mengatasi Tumor Otak ?

Seperti yang kita ketahui bahwa otak merupakan organ yang sangat penting. Otak yang menjadi pusat kendali seluruh organ kita. Tumor otak dapat merusak sel-sel otak kita. Tumor otak bisa menyerang segala usia, namun biasanya paling banyak menyerang usia dewasa. Lalu bagaimana cara mengatasi tumor otak ini ?

Tumor Otak
Gejala tumor otak sangat berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. Tumor yang tumbuh secara perlahan-lahan mungkin awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Setelah beberapa lama, tumor akan memberi tekanan pada otak yang menyebabkan munculnya gejala, seperti kejang-kejang dan sakit kepala. Tumor otak yang berada pada lokasi tertentu dapat mengganggu sistem kerja otak sehingga tidak berfungsi dengan benar.

Penyebab Tumor Otak
Hingga kini penyebab utama dari sebagian besar kasus tumor otak jinak masih belum diketahui. Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak. Faktor keturunan dan juga efek samping prosedur radioterapi adalah dua di antaranya.

Pengobatan Tumor Otak
Diagnosis dan pengobatan yang dilakukan sejak dini akan mempermudah penanganan pada tumor otak. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menjadi bertambah serius. Tumor otak biasanya tidak menyebar dan hanya diam di satu tempat saja. Meskipun begitu, tumor otak bisa memberikan tekanan dan merusak area di sekitarnya. Pengobatan yang dilakukan bergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tumor.

Prosedur operasi pengangkatan tumor biasanya memberikan hasil efektif dan tumor tidak muncul kembali.

Namun pada kasus tumor otak glioma stadium 2, seringkali kondisi tersebut muncul kembali setelah penderitanya menjalani pengobatan. Selain itu, tumor tersebut juga berpotensi berubah menjadi tumor otak ganas dengan penyebaran dan pertumbuhan yang lebih cepat.

Untuk membantu proses pemulihan, dokter akan menyarankan beberapa jenis terapi. Anda bisa membicarakan mengenai dampak emosional dari diagnosis dan pengobatan tumor dengan melakukan konseling.

Referensi