Bagaimana Mengatasi Rambut yang Bercabang?

rambut bercabang

Penyebab rambut bercabang sangat beragam. Mulai dari masalah yang berasal dari dalam yaitu terkait dengan tubuh, maupun masalah dari luar seperti pemakaian produk maupun alat-alat penata rambut. berikut beberapa contoh penyebab rambut bercabang:

  • Penggunaan alat penata rambut & produk-produk yang mengandung bahan kimia

  • Kebiasaan kurang baik dalam merawat rambut

  1. Potong Ujung Rambut

Rambut bercabang dikarenakan bagian ujung rambut yang usianya paling tua dibandingkan dengan bagian rambut lain. Berikut cara melakukan dengan memotong ujung rambut:

  • Jika rambut Anda terlanjur bercabang atau bisa juga untuk menghindarinya maka gunting ujung rambutnya. Akan lebih baik jika dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali jika kerusakannya parah.

  • Rambut yang di atas dan masih bagus bisa menggantikan rambut yang sudah rusak. Tidak perlu terlalu panjang, sekitar ½ sampai 1 cm saja. Jangan takut rambut tidak akan panjang karena sering memotongnya. Jika rambut yang bercabang dibiarkan nanti yang ada justru kebalikannya, rambut akan kekurangan “semangat” untuk memperpanjang diri karena rapuhnya diri mereka.

2. Menggunakan Lidah Buaya
Di dalam tlidah buaya ada banyak kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti asam amino, mineral, enzim, sterol, gula, salisilat, antrakuinon, dan masih banyak lagi.

Berikut langkah yang mudah dan praktis dengan menggunakan lidah buaya:

  • Cara pakainya sama saja dengan yang lain tapi tidak perlu dicampur dengan bahan lain, juga tidak perlu diaduk.
  • Kupas saja kulit lidah buayanya kemudian oleskan lendirnya pada rambut sampai rata. Tunggu selama sekitar 15 menit atau sampai kering.
  • Sesudah itu bilas rambut dengan air, dan shampo jika perlu.
Referensi

15 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami - GayaRambut.co.id

  • Saat mengikat rambut, jangan ikat terlalu kencang. Lalu, saat mengeringkan rambut dengan handuk, pastikan kamu tidak menggosok terlalu keras.
  • Sisirlah rambutmu menggunakan sisir bergigi jarang. Ini akan membantu untuk membuat rambut yang kusut setelah keramas menjadi lebih mudah diatur. Selain itu, menggunakan sisir bergigi jarang akan mencegah rambut menjadi bercabang karena gesekan yang timbul lebih sedikit dibanding menggunakan sisir berbentuk brush.