Bagaimana mengatasi perburuan telur penyu?

mengatasi perburuan telur penyu
Penyu merupakan salah satu binatang yang dilindungi. dan saat ini populasi penyu semakin berkurang. Oleh karena itu perlu dilakukan pelestarian dan perlindungan penyu agar populasi hewan ini tidak punah.

Berbagai upaya telah dan akan dilakukan guna menyelamatkan hewan yang kini mulai langka itu oleh intansi yang berwenang, diantaranya mengajak masyarakat yang berada di sekitar habitatnya untuk ikut menjaga dan mengurangi pengembilan telur-telurnya. Masyakarat akan sulit dilarang untuk pengambilan telur penyu karena hal itu merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat. Oleh karena itu mengajak untuk mengurangi saja sehingga ada sebagian dari telur itu yang menetas merupakan salah satu upaya dalam rangka pelestarian penyu.

  1. Menyangkut Kebutuhan Ekonomi Masyarakat Pemburu Telur Penyu
    Memang ini langkah awal dalam pencegahan, karena ini biang penyakitnya, usaha berburu telur penyu diubah dan digantikan dengan ekonomi alternatif lainnya.Seperti pengembangan rumput laut, pengembangan perikanan tangkap lainnya dengan empang atau perikanan keramba kerapu.Perlu juga membentuk koperasi dan usaha kredit kecil untuk peningkatan ekonomi masyarakat pemburu telur.Langkah ini bisa menjamin keberlanjutan ekonomi eks pemburu penyu.Inisiasi ini dapat melibatkan perbankan lokal dan Nasional dalam hal memberikan kredit pada masyarakat pemburu telur.Memang saat ini, perburuan telur untuk ekonomi karena tak sebanding dengan kehilangan penyu di laut bebas.
  2. Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi Penyu
    Upaya pelestarian penyu bukan saja tanggung jawab BKSDAtetapi juga masyarakat. Pelibatan masyarakat generasi muda secara aktif dalam upaya pelestarian penyu merupakan salah satu usaha pemerintah untuk memberi kesempatan bagi masyarakat berperan aktif dalam pelestarian satwa penyu. Diharapkan masyarakat akan memiliki kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya konservasi dan pelestarian satwa penyu.Pemberdayan Masyarakat juga dilakukan melalui pembinaan daerah penyangga. Kegiatan pembinaan daerah penyangga ini dillakukan dengan cara pemberian bantuan usaha ekonomi kepada masyarakat dalam rangka peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan konservasi. Tujuan dari kegiatan ini agar ekonomi masyarakat akan meningkat dan akan mengurangi tingkat ketergantungan masyarakat terhadap sumber ekonomi yang berasal dari kawasan konservasi. Dengan tidak tergantungnya masyarakat pada kawasan konservasi diharapkan akan kawasan mengurangi gangguan dan tekanan dari masyarakat.
  3. Penegakan Hukum
    Penegakan hukum merupakan salah satu upaya konservasi dalam rangka perlindungan terhadap penyu.Dengan adanya penegakan hukum/sanksi bagi pemburu telur penyu dan cangkang penyu. Perlu diusulkan peraturan sebagai payung hukum penegakan hukum dan sanksi yang tegas dengan tujuan untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku seperti pedagang telur penyu, pemasok penyu,dan memutus jalur ekonomi distribusi telur penyu.