Bagaimana mengatasi pelajaran yang tidak disukai?

20210809_141852_0000

Tiap orang pasti punya mata pelajaran yang tidak disukai. Entah karena pengajarnya yang terlalu galak, pilih kasih, dsb. Ataupun karena pelajaran tersebut memang sulit untuk dipahami. Biasanya, orang-orang sebisa mungkin akan menghindari pelajaran terkait. Namun, sekali berniat demikian, akan membuat kita lebih sulit lagi mempelajarinya di kemudian hari. Bisa saja kita menghindari 1 pelajaran di semester lain, lalu di semester berikutnya ternyata masih ada pelajaran yang terkait.
Lantas menurut Youdics apa yang harus dilakukan bila ada pelajaran yang tak disukai? Bagaimana belajar menyukainya?

Sumber:
Glsongi, 2007, Smart Study For Smart Teen, Jakarta :Elex Media Komputindo.

Menurut pengalaman aku ketika bertemu dengan pelajaran yang aku tuh “nggak banget” adalah menerima dan mengusahakan semampuku. Jadi aku akan menerima bahwa emang pelajaran tersebut harus aku tempuh dan aku lalui. Dalam menempuhnya, aku memposisikan diriku sebagai orang yang rata", artinya tidak terlalu mengusahakannya, tapi bisa mengikuti. Istilahnya “asal selesai” aja lah. Porsi mengusahakannya tidak sama dengan porsi aku mengusahakan pelajaran yang aku sukai. Dilalui dengan sesantai mungkin sehingga nggak terlalu beban, walaupun di tiap pelajarannya selalu menjadi beban tapi yaa jalani saja gitu hehe.

Cara belajar menyukai pelajaran yang sebenernya aku ga suka sih jujur sulit banget. Karena aku orangnya sekali ga suka ya bakal lama gitu ga sukanya. Tapi aku dapet tips nih bisa untuk dibaca", siapa tau manjur kan buat kalian!
Cara Sukses Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai

1 Like

Belajar adalah suatu proses perubahan didalam kehidupan manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku, seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, daya pikir, keterampilan, dan lain-lain.

Prinsip dalam belajar

  1. Berorientasi pada tujuan yang jelas
    dengan menetapkan suatu tujuan yang jelas, setiap orang akan dapat menentukan arah dan juga tahap-tahap belajar yang harus dilalui dalam mencapai tujuan belajar tersebut.

  2. Proses belajar akan terjadi bila menghadapi problematika
    sesuatu yang bersifat problematis (mengandung masalah tertentu), akan merangsang seseorang untuk berpikir dalam memecahkan masalah tersebut.

  3. Belajar Perlu konsisten dan keberlanjutan
    dengan belajar materi atau pelajaran yang anda tidak sukai, pelajarilah secara bertahap maka kama-kelamaan, kamu mungkin akan menyukai pelajaran yang tidak kamu sukai, namun kamu memerlukan cara tersendiri untuk dapat konsisten dalam belajar.

  4. Belajar memerlukan kemampuan yang kuat
    jika kamu tidak menyukai pelajaran atau materi tertentu, maka kamu harus mulai dulu dengan mengumpulkan niat dan kemauan yang kuat untuk belajar materi tersebut. arulah nanti kamu akan mulai terbiasa dengan pelajaran tersebut.

  5. Jangan mudah putus asa
    jangan pantang menyerah jika memang pelajaran tersebut sangat sulit walau sudah mencoba berbagai cara, tetaplah fokus dan konsisten, pelajarilah secara perlahan, maka kamu akan dapat menyukai pelajaran tersebut

1 Like

Kalau saya mengatasi pelajaran yang tidak disukai adalah dengan cara belajar dengan metode yang saya sukai. Jadi misalkan saya tipe orang yang suka belajar diluar rumah, seperti di cafe atau ditempat yang terbuka jadi saat belajar materi dari pelajaran yang tidak disukai ada hal yang membuat saya senang dengan pergi keluar rumah. Jadi intinya, kita harus pintar cari sisi yang membuat kita senang, agar dapat nyaman belajar pelajaran yang tidak disukai

1 Like

Sebagai pelajar bahkan mahasiswa pasti kita pernah tidak menyukai suatu mata pelajaran. Alasannya ada beberapa faktor karena pelajaran tersebut sulit, guru yang mengajar membosankan, atau metode belajar yang digunakan kurang efektif.

Untuk mengatasinya ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

  1. Coba untuk variasi metode belajar
    Tips pertama yaitu cobalah untuk membuat variasi metode belajar. Mungkin selama ini metode belajarmu dengan sistem mencatat dari apa yang disampaikan oleh guru. Nah, mulai sekarang biar tidak membosankan dan terkesan monoton kamu bisa menggantinya, misalnya dengan video pembelajaran, metode mind mapping , atau metode lainnya.

  2. Berusaha untuk mencintai guru
    Berusahalah untuk menyukai dan mencintai guru yang mengajar. Dengan mencintai guru terlebih dahulu secara tidak langsung kita bisa menyukai pelajaran tersebut. Apabila cara tersebut sulit dilakukan, kamu bisa melalui cara lain yaitu dengan menghilangkan prasangka-prasangka buruk terhadap guru tersebut, lalu ambil sisi positifnya saat mengajar.

  3. Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap pelajaran
    Jika kamu ingin bisa dalam pelajaran yang tidak kamu sukai, mulai saat ini buang rasa malas dan tingkatkan rasa ingin tahu kamu terhadap pelajaran tersebut. Rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba suatu hal baru harus kamu tumbuhkan. Mungkin di awal akan sulit dilakukan, tapi dengan menanamkan perasaan rasa ingin tahu dan berusaha dengan giat bukan tidak mungkin mata pelajaran yang awalnya tidak kamu sukai kamu menjadi jatuh cinta.

  4. Nikmati proses dalam setiap pembelajaran
    Saat ini kamu sedang di situasi yang tertekan, situasi yang membuatmu merasa tidak nyaman dalam belajar. Tapi, yang harus kamu ingat jangan buru-buru untuk menyerah nikmatilah setiap proses dalam belajar. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk cepat menyukai setiap pembelajaran dan jangan terlalu fokus kepada hasil akhir yang didapat.

  5. Mencari guru privat atau tutor
    Bosan dengan cara penyampaian pelajaran oleh guru di sekolah sehingga menjadi malas untuk belajar. Kamu bisa mencari guru privat atau tutor di luar sekolah lho, guys. Jika kamu tidak menyukai pelajaran karena konsep atau gurunya yang mengajar, tidak ada salahnya kamu mencari tutor atau guru privat.

1 Like