Bagaimana mengatasi overpopulasi siput di akuarium ?

Di akuarium terkadang siput menjadi overpopulasi. Lalu Bagaimana mengatasi overpopulasi siput di akuarium ?

Ada 2 cara untuk mengatasi overpopulasi siput dalam akuarium, yang pertama dengan mengambilnya secara rutin untuk mengontrol jumlahnya dan yang kedua dengan memelihara ikan pemakan siput.

Cara Pertama

Cara yang paling gampang adalah dengan mengambil menggunakan tangan atau jaring kecil (seser) apabila jumlah siput sudah terlalu banyak. Dapat juga dengan menggunakan pancingan berupa sayuran yang ditaruh dalam akuarium. Yang paling mudah adalah dengan meletakkan potongan timun segar ke dalam akuarium. Potongan timun yang tipis akan megambang di permukaan air dan menarik perhatian siput, setelah beberapa saat siput-siput akan mengejar timun tersebut dan memakannya. Siput-siput akan berkumpul memakan timun ramai-ramai di permukaan air. Setelah itu tinggal angkat potongan timun beserta siput-siputnya dan dibuang.

Cara Kedua

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan ikan pemangsa siput. Beberapa ikan terbukti akan memangsa siput yang berukuran kecil. Di dunia akuarium dikenal adanya ikan buntal kerdil atau dwarf pufferfish. Ikan ini kadang dijual di toko akuarium dengan harga murah. Karena ukurannya yang kecil ikan ini cocok dipelihara dalam akuarium berisi tanaman. Buntal diberkahi dengan gigi yang tajam seperti paruh burung kakatua yang dapat memecahkan cangkang siput. Memelihara ikan ini terbukti dapat menjaga akuarium dariover populasi siput. Namun sayangnya ikan ini juga akan memakan udang peliharaan kita. Jadi sangat tidak disarankan menggunakan ikan buntal dalam akuarium aquascape yang di dalamnya ada udangnya.