Bagaimana Mengatasi Ketombe pada Anjing?

image

Bagaimana Mengatasi Ketombe pada Anjing?

Cara Mengobati Ketombe Anjing (4 Cara Sederhana)

1. Menyikat: Perlakukan anjing Anda dengan sesi menyikat yang baik sekali sehari. Ini membantu mendistribusikan minyak alami dari mantel dan merangsang suplai darah ke kulit, yang meningkatkan produksi minyak.

2. Perbaiki diet: Beralihlah ke makanan hewan peliharaan berkualitas tinggi dan pertimbangkan untuk berinvestasi dalam suplemen nutrisi yang baik. Sangat membantu adalah suplemen asam lemak omega-3 dan omega-6. Bertujuan untuk memberikan setidaknya 35 mg omega-3 untuk setiap kg berat hewan peliharaan. Juga, taruh beberapa piring air di seluruh rumah sehingga anjing Anda akan selalu memiliki akses ke air tawar.

3. Shampo khusus: Shampo hewan peliharaan tertentu dirancang untuk melembabkan kembali kulit dan meringankan kerontokan dan iritasi yang disebabkan oleh ketombe. Perlu diingat bahwa shampo ketombe yang dirancang untuk manusia akan terlalu keras untuk anjing Anda, jadi menggunakan Head & Shoulders adalah ide yang buruk. Cari sampo alami bebas sabun yang dibuat.

4. Periksa ke dokter hewan Anda: dokter hewan Anda akan dapat mendiagnosis anjing Anda dengan benar dan memberi nasihat tentang perawatan dan pencegahan. Ingat, ketombe bisa menjadi petunjuk bahwa hewan peliharaan Anda memiliki infeksi dan membutuhkan manajemen medis, jadi jangan abaikan tanda penting ini.

anjing, seperti kita, rentan terhadap kondisi kulit ini. Kemungkinan penyebab ketombe anjing termasuk seborrhea atau bahkan udara kering.

Anjing, seperti halnya manusia, bisa mendapatkan ketombe - kondisi kulit yang mengganggu dan tidak enak dilihat.

Ketombe adalah kulit kering dan bersisik. Itu terdiri dari sel-sel kulit mati yang jatuh dari kulit, tampak seperti serpihan putih.

Ketombe tidak normal dan perlu diperhatikan.

Namun, hal-hal sederhana seperti menyikat gigi setiap hari, diet seimbang dan suplemen makanan dapat membantu menyelesaikan masalah.

Kemungkinan Penyebab Ketombe Anjing
Seperti halnya manusia, ketombe dapat menjadi hasil dari banyak faktor dalam kesehatan anjing Anda. Berikut ini beberapa kemungkinan:

1. Seborrhea
Ini adalah kondisi medis di mana sel-sel kulit bayi berjalan ke permukaan terlalu cepat.

“Lem” yang menyatukan sel-sel ini lemah, artinya mereka mengelupas sebagai ketombe.

Seborrhea pada anjing dapat disertai dengan kulit berminyak, karena kelenjar lemak juga terlalu aktif. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi breed tertentu sangat rentan terhadap seborrhea, yang mengarah ke hubungan genetik.

2. Tungau Cheyletiella
Juga disebut sebagai “ketombe berjalan,” tungau cheyletiella membuat diri mereka nyaman di kulit dan mantel anjing saat mereka bertelur.

Tungau putih ini cukup besar untuk dilihat dengan mata telanjang dan memiliki penampilan serpihan kulit.

Mereka membuat hidup Anda sengsara karena mereka menyebabkan rasa gatal yang berlebihan.

3. Infeksi Kulit Bakteri dan Jamur
Infeksi menciptakan lingkaran setan di mana mereka menurunkan kemampuan kulit untuk melindungi dirinya sendiri.

Paling umum ini menyebabkan bintik-bintik panas atau bercak berminyak, tetapi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kerak dan ketombe.

4. Kelembaban Rendah
Jika Anda tinggal di daerah yang sangat kering atau membuat panas tetap tinggi, udara di rumah Anda mungkin melucuti kulit anjing Anda.

Kulit kering secara alami kurang kenyal, rentan terhadap keripik dan gatal, yang berarti anjing Anda akan sering menggaruk. Menggaruk ini juga akan memperburuk kondisi kulit yang ada.

5. Pola Makan yang Buruk
Jika anjing Anda tidak mendapatkan cukup air, vitamin, mineral, dan lemak dari makanan mereka, mantel itu mungkin akan menderita.

Seperti tanaman yang kekurangan air, tanpa nutrisi yang tepat kulit menjadi “sakit”, menyebabkan rambut kusam dan ketombe.

6. Kondisi Kesehatan
Masalah seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) dan kondisi autoimun (pemfigus) dapat menyebabkan penskalaan kulit dan ketombe.