Bagaimana mengatasi kemacetan dengan memanfaatkan teknologi komputer

Banyak kemacetan terjadi kemacetan dimana-mana . dengan bertambahnya penduduk , juga menambahkan alat transportasi yang menimbulkan banyaknya kemacetan . ditambah lagi dengan sekarang tambah canggih dan maju nya teknologi . bagaimana cara mengatasi kemacetan dengan memanfaatkan teknologi komputer ?

Dengan cara membuat sistem informasi terintegrasi untuk mengatur lalu lintas. Contohnya dengan membuat sistem “Street Eye”. Yaitu memasang cctv di setiap persimpangan jalan besar yang terhubung dengan kontrol pusat. Gunanya untuk menetahui setiap aktifitas dipersimpangan jalan secara realtime. Setiap jalur di persimpangan jalan pasti memiliki kepadatan yang berbeda beda, tetapi lampu lalu lintas atau biasa disebut lampu merah biasanya ber operasi dengan cara memprogramnya mengatur menit yang sama di setiap jalur persimpangan jalan dengan durasi lampu berhenti dan jalan itu sama setiap jalur di persimpangan.

Dengan adanya cctv di setiap persimpangan lampu lalu lintas, bisa terlihat secara real time jalur mana yang lebih padat dan lebih lenggang. Dengan seperti itu pengaturan untuk durasi berhenti dan jalan disetiap jalur bisa di sesuaikan dengan tingkat kepadatan jalur tersebut. Contohnya jika salah satu jalurnya lenggang atau tidak banyak kedaraan yang melintas, maka durasi lampu lalu lintasnya bisa diberikan durasi lebih lama pada berhentinya atau lampu merahnya dibandingkan durasi jalannya atau lampu hijau. Sebaliknya jika salah satu jalurnya padat bisa diberikan durasi lampu jalan atau lampu hijau lebih lama.

dengan menggunakan teknologi Smart Map. Smart Map yaitu sebuah aplikasi mobile yang dapat mendeteksi lokasi mana saja yang terdapat kemacetan dan dapat mengusulkan jalan yang lebih lenggang sehingga dapat menghindari kemacetan yang terjadi. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna terlebih dahulu harus menginstal aplikasi Smart Map di Play Store. Setelah aplikasi Smart Map terdownload, buka aplikasi tersebut dan masukkan alamat atau nama tempat yang akan dituju di kolom tempat tujuan. Kemudian, Smart Map akan langsung menampilkan jalur-jalur untuk menempuh lokasi tujuan beserta dengan tampilan jalur mana saja yang terdapat dan yang tidak terdapat kemacetan. Sehingga, selain mengurangi tingkat kemacetan, pengguna juga dapat meraih tempat tujuan lebih cepat.