Bagaimana Mengatasi Ikan Arwana Yang Mogok Makan?

image

Bagaimana Mengatasi Ikan Arwana Yang Mogok Makan?

1. Buat Dan Pastikanlah Kondisi Air Stabil

Ini sangat penting, karena kita tau kesehatan arow tergantung banget dengan kestabilan air, maka yang harus Anda lakukan saat menguras adalah tidak mengurangi air terlalu banyak, cukup 20 hingga 30% saja setiap 2-3 hari sekali. Selain itu, Sebaiknya Anda menggunakan air yang sudah bebas dari kandungan kaporit dan air kaya akan oksigen.

2. Pancing Arwana dengan makanan yang disukai dan sesuaikan ukurannya

Dalam hal ini, Andalah yang paling tau berapa size arwana Anda. Jika arwana masih kecil maka pancinglah dengan cacing beku, jika arwana sudah dewasa maka pancinglah dengan cacing tanah. Baik cacing beku maupun cacing tanah diberikan untuk arwana yang sizenya di bawah 18 cm.

Jika arwana sudah lebih dari 18 cm sizenya, maka pancing dengan pakan yang agak kasar, seperti misalnya udang, jangkrik, ulat jerman, ulat hongkong. Beda lagi jika arwana sizenya sudah lebih dari 25 cm, maka pakan untuk memancingnya bisa apa saya yang penting arwana suka.

3. Halangi Pandangan Arow Keluar Akuarium

Apa maksudnya? Maksudnya adalah jika bagian depan akuarium yang dihuni arwana ini adalah lalulintas utama Anda dan keluarga Anda, maka tutuplah kaca akuarium bagian depan ini dengan koran atau apa sekira arwana tidak melihat keluar.

Jika kondisi arwana sudah membaik, maka lakukanlah pembukaan tutup ini sedikit demi sedikit setiap harinya.

4. Atur Heater Yang Tepat

Pengaturan heater yang sesuai untuk kehidupan ikan arwana adalah kurang lebih 30°C.

5. Pelan Pelan Saat Mengurangi Air Maupun Menambahkan Air

Saat mengurangi air maka lakukan dengan hati hati agar arwana tidak tambah stres akibat guncangan air, serta pelan pelan saja saat menambahkan air.

6. Arwana Tidak Kekurangan Penerangan

7. Cuci Kapas Secara Berkala

Setiap 2 hingga 3 hari sekali, cuci kapas dan ganti yang baru PENTING kapas sudah direndam air selama 24 jam sebelum digunakan .

8. Adanya Arus Untuk Merangsang Rasa Lapar Arwana

Arus ini dimaksudkan agar arwana berenang melawan arus dan merangsang rasa lapar, hanya saja yang perlu digaris bawahi arus jangan terlalu kencang, karena jika terlalu deras malah membuat arow Anda semakin stres.

9. Tambahan Yang Bermanfaat

Ada beberapa tambahan yang bisa membantu arwana cepat dalam melahap pakan yang Anda berikan. Tambahan tambahan tersebut adalah:

  • Tambahkan Daun Ketapang Kering
    Dosis yang diberikan hanya 1 lembar saja per 50 liter air, rendam daun ketapang di air aqua atau simpan di bawah kapas dan setiap 3 sampai 4 hari ganti dengan daun ketapang yang baru. Yang perlu diingat adalah jikalau air sudah cokelat banget maka pemberian daun ketapang bisa dihentikan. Serta yang tak kalah penting jangan lupa Anda menguras air secara rutin.

  • Tambahkan Aquasafe ( baca aturan pakainya )

  • Tambahkan Blackwater ( baca aturan pakainya )

  • Tambahkan Arovital ( baca aturan pakainya )

  • Tambahkan Arovital Pil Hobbies ( baca aturan pakainya )

  • Tambahkan Mineral Plus atau Semacamnya ( baca aturan pakainya )