Bagaimana mengatasi hasil foto yang bernuansa kekuningan?

foto kekuningan

Bila kita mengambil foto didalam ruangan yang menggunakan lampu pijar atau lampu yang menghasilkan warna kuning, maka foto yang kita hasilkan biasanya juga berwarna kekuningan. Bagaimana mengatasi hasil foto yang bernuansa kekuningan ?

Foto dengan hasil kekuningan sangat sering terjadi terutama bila pengambilan foto dilakukan pada sebuah kafe, atau restoran, dan dengan pencahayaan yang berwarna tersebut, otomatis karakter warna kulit atau warna asli dari objek asli yang difoto akan terkontaminasi warna itu. Misalnya kulit model akan tampak kekuningan, warna cangkir keramik berwarna putih terlihat kekuningan juga.

Bila mengalami kejadian seperti ini yang harus dilakukan adalah mencari fitur White Balance dalam kamera yang digunakan. Bahkan kamera dalam telpon genggam pun banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Dengan memilih pilihan AWB atau auto white balance sebagian besar dari permasalahan kontaminasi warna ini cukup teratasi, karena fitur ini memungkinkan fotografer memotret dengan segala kondisi pencahayaan dengan pengukuran yang membaca semua benda putih tampak mendekati putih. Namun tentu ada kelemahannya sebab kadar warna dari masing-masing situasi belum tentu sama.

penggunaan white balance

Untuk lebih presisi, bisa digunakan pilihan yang lebih spesifik untuk karakter warna yang lebih spesifik pula. Pilihan tungsten untuk mengkoreksi warna dengan karakter cahaya tungsten atau yang kekuning-kuningan, misalnya lampu halogen, tata cahaya di lobi hotel, di cafe atau di ballroom hotel. Sehingga semua benda yang terfoto bisa tampak semirip mungkin dengan warna aslinya.

penggunaan white balance

Untuk hasil foto dengan karakter yang tampak bernuansa kehijau-hijauan, ini disebabkan karena pemotretan dilakukan dengan sumber cahaya yang berkarakter fluorescent atau kondisi dengan pencahayaan dengan lampu neon. Misalnya saat pemotretan dalam ruang tamu berlampu neon, atau dalam suasana sebuah kantor atau kelas. Warna kulit model dan benda berwarna putih akan berkarakter kehijauan bila mendapat sumber cahaya dari neon ini. Untuk mengatasi kontaminasi warna hijaunya, maka fitur pilihan fluorescent yang harus dipilih saat pemotretan berlangsung. Dengan fitur AWB atau fitur auto white balance tersebut diharapkan semua hasil foto akan terekam dengan warna yang sesuai dengan aslinya.