Bagaimana mengatasi bebek yang kurang nafsu makan?

Peternak bebek petelur tentu saja mengharapkan bebek/itiknya makan dengan asupan sewajarnya saja sebab jumlah pakan bebek petelur sebanding dengan biaya produksi telur. Hal ini agak berbeda dengan peternak bebek pedaging dimana banyak peternak bebek pedaging berharap bebeknya mempunyai nafsu makan yang tinggi supaya bebeknya cepat memenuhi target bobot tubuhnya sehingga dapat segera dijual. Namun kenyataannya tidak jarang banyak bebek yang justru malah kurang nafsu makan. Untuk itulah maka peternak bebek pedaging sering mencari cara bagaimana mengatasi bebek kurang nafsu makan agar bobot ternaknya meningkat dengan cepat.

image

Penyakit
Nyaris semua serangan penyakit pada bebek, seperti cacingan, berak darah, berak kapur dan sebagainya akan mengakibatkan penurunan ataupun hilangnya nafsu makan bebek.

Tingginya Suhu

Suhu kandang yang tinggi akan ditanggapi oleh tubuh bebek dengan cara minum lebih banyak dari semestinya, megap-megap, dan mengibas-ngibaskan sayapnya untuk menormalkannya. Karena banyaknya asupan air minum dan terbatasnya lambung bebek mengakibatkan asupan pakan bebek pun berkurang dari semestinya. Tingginya Kadar Amoniak Bau kandang yang menyengat akibat

Tingginya kadar

amoniak dari kotoran dan sisa pakan bebek menyebabkan bau kandang menyengat sehingga membuat bebek rentan terhadap penyakit dan mengakibatkan nafsu makannya berkurang.

Stres

Stres yang dirasakan bebek akibat adanya ancaman, kandang terlalu padat, perubahan jenis pakan, perpindahan kandang, dan sebagainya akan mengakibatkan penurunan nafsu makan.

Pakan dan Ketersediaan Air

Beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan bebek antara lain pakan asin (banyak mengandung garam), terlalu tinggi kadar EM, pakan kadaluarsa dan lain sebagainya.

Bila 5 hal diatas sudah berhasil dikontrol namun bebek masih kurang nafsu makannya berarti bebek mesti diberikan perlakuan khusus supaya nafsu makannya bertambah. Di bawah ini beberapa perlakuan untuk mengatasi bebek kurang nafsu makan yakni :

Pemberian Vetsin/MSG
Pemberian vetsin (MSG) pada pakan unggas sebanyak 3 gram/kg akan meningkatkan pertumbuhannya. Asam glutamat yang terkandung dalam vetsin (penyedap rasa) akan menimbulkan rasa lezat pada pakan sehingga bebek mengonsumsi lebih banyak pakan. Tetapi dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam pemberian vetsin-nya sebab akan berpengaruh pada kinerja otak bebek.

Pemberian Daun Pepaya
Pemberian daun pepaya, baik berupa daun segarnya air perasannya terbukti mampu menambah nafsu makan bebek karena daun pepaya memiliki flavanoid yang bersifat antinyeri, memulihkan daya tahan tubuh, antitumor, antiradang, antijamur, antivirus, dan antibakteri.

Pemberian Herbal

Ada berbagai tanaman herbal yang bermanfaat meningkatkan nafsu makan bebek, seperti lempuyang, brotowali, bawang putih, temu ireng, temulawak, kunyit dan daun-daunan yang rasanya pahit. Anda bisa meracik campuran berbahan herbal untuk menambah nafsu makan bebek.

Pemberian Probiotik/Synbiotic

Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat menyehatkan pencernaan unggas sehingga nafsu makan bebek akan bertambah.

Pemberian Pakan Basah

Berdasarkan bentuk paruhnya bebek lebih suka dengan pakan basah (mamel) daripada pakan kering, tetapi pemberian air pada pakan sebaiknya tidak berlebihan. Bila bebek diberikan pakan basah dapat membuat nafsu makan bebek meningkat jika dibandingkan dengan pemberian pakan kering.