Perkembangan dunia pendidikan sangat cepat, Sekolah harus mampu mempersiapkan anak didik menghadapi dunia nyata yang penuh masalah agar siap dalam persaingan global.
bagimana mereka mau menghadapi persaigan global jika mereka tidak bisa berpikir secara computational thingking untuk menyelesaikan seatu masalah terkhususnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
Computational Thinking (CT) adalah proses pemecahan masalah yang mencakup sejumlah karakteristik dan disposisi. CT sangat penting untuk pengembangan aplikasi komputer, namun juga dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah di semua disiplin ilmu, termasuk humaniora, matematika, dan sains. Siswa yang belajar CT di seluruh kurikulum dapat mulai melihat hubungan antara mata pelajaran akademik, serta antara kehidupan di dalam dan di luar kelas.
Computational thingking harus di terapkan mulai dari sekolah dasar.
Bagaimana guru mulai mengenalkan pemikiran komputasi di kurikulum sekolah dasar? Ini sudah ada di banyak bidang topik - algoritma untuk memecahkan masalah matematika, misalnya. Namun, apa yang sering hilang dalam contoh pemikiran komputasi saat ini adalah hubungan eksplisit antara apa yang siswa pelajari dan aplikasinya dalam komputasi. Sebagai contoh, sekali seorang siswa telah menguasai menambahkan nomor multi digit, algoritma.
Pemikiran komputasi adalah keterampilan inti bagi semua siswa maupun guru…
Setiap siswa harus mempunyai kemampuan yaitu ; Decomposition, Pattern Recognition, Abstraksi, Algorithm Design yang sudah di bahas sebelumnya, dan juga sikap penting
Sikap penting
Memecahkan masalah sebagai pemikir komputasional juga membutuhkan beberapa sikap spesifik terhadap pemecahan masalah pada umumnya. Para guru harus berusaha untuk memberdayakan siswa mereka dengan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mengatasi masalah, kemampuan komunikasi yang kuat untuk memfasilitasi kolaborasi dan presentasi, dan keingintahuan umum di semua disiplin ilmu yang membuat mereka bertanya dan menjawab yang benar.
pemikiran komputasi banyak terjadi di kelas. Pemikiran komputasional sangat terkait dengan pemikiran kritis, pembelajaran STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika), dan pembelajaran berbasis proyek. Dengan menggunakan bahasa pemikiran komputasi di berbagai disiplin ilmu, siswa dapat membuat hubungan yang kuat antara kelas mereka dan yang lainnya. Lebih baik lagi, ketika dihadapkan pada tantangan yang sulit dikategorikan, siswa akan memiliki toolkit.
Membawa pemikiran komputasi ke dalam dunia pendidikan, dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah teridentifikasi. Pikirkan tentang keterampilan dan sikap saat merencanakan pelajaran, dan gunakan bahasa ini sepanjang tahun. Dengan mengajarkan computational thingking kepada siswa khususnya bidang pendidikan maka kepercayaan diri dari setiap siswa akan meningkat.
Bagaimana caranya Membekali para siswa dan guru agar bisa berpikir secara computational thingking ?
Jika para guru dan siswa tidak mengetahui apa itu computational thingking, apalagi tidak bisa berpikir secara komputasi bagaimana mereka dapat menyelesaika sebuah masalah terkhususnya di dalam pembelajaran dan dunia pendidikan. Mereka juga akan lebih kritis dalam menghadapi sebuah masalah.
sumber :
Computational Thinking for All Students
Computational Thinking Across the Curriculum | Edutopia