Bagaimana Mendeteksi Gejala Sakit Gigi Pada Pet Kita?


Hewan Peliharaan kita pastinya juga bisa terkena penyakit. Tidak jauh berbeda dari kita, penyakit-penyakit itu juga pasti sangat berbahaya bagi mereka. Tetapi terkadang beberapa penyakit yang menyerang Pet kita itu tidak disadari oleh kita.

Hal ini terjadi karena Hewan memiliki sifat yang tertanam untuk menyembunyikan kelemahan. Dan salah satu penyakit yang sulit untuk kita deteksi adalah sakit gigi pada pet kesayangan kita.

Seharusnya sama seperti manusia, hewan peliharaan kita juga pastinya akan kehilangan nafsu makan saat memiliki sakit gigi. Tetapi karena sifat mereka yang menyembunyikan kelemahan, mereka tetap akan makan meskipun merasa sakit bahkan mereka akan terlihat seperti biasanya. Dan sama seperti penyakit lainnya, jika dibiarkan akan berakibat buruk.

Pendeteksian

Jadi bagaimana untuk mengetahui jika hewan peliharaan kesayangan kita sakit gigi? Jelas dengan menggosok gigi mereka setiap harinya. Menggosok gigi pet kita sangatlah dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Selain bisa mengurangi bakteri dan mencegah penyakit gusi, Gigi pet kita akan terlihat bersih. Ini juga merupakan kesempatan untuk memeriksa apakah gigi pet kita memiliki gigi yang rusak atau masalah gigi lainnya. Dan jangan gunakan pasta gigi untuk manusia, gunakanlah pasta gigi khusus pet seperti yang dapat kalian temukan di Pets.id .

Tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti usahakan kunjungi dokter hewan setiap tahunnya untuk pemeriksaan mulut pet dan pembersihan beserta Dental X-Ray.

Apabila pet kita sudah memasuki masa tua mereka, mereka memiliki resiko tinggi terkena penyakit periodontal. Salah satunya adalah gigi yang makin lemah dan akan lebih mudah terinfeksi. Ras anjing yang besar juga lebih rentan terhadap gigi yang rusak semakin mereka tumbuh tua.

Jika kita khawatir untuk melanjutkan perwatan gigi karena pet kita yang semakin tua dan memiliki penyakit jantung atau ginjal, menurut Dr. Milanes lebih baik jika dilanjutkan dibanding mereka harus menjalankan operasi selama 4 jam nantinya.

Dan jika memang penyakit gigi pet sudah buruk dan disarankan untuk dioperasi oleh dokter hewan, sebaiknya ikuti nasihatnya. Jangan mengubah makanan pet kita ke pet food yang lunak. Lebih baik disembuhkan segera daripada memperburuk keadaan hewan peliharaan kesayangan kita.