Bagaimana Menciptakan Komunikasi yang Efektif dalam Diskusi?

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian dari satu individu kepada individu lain agar saling mempengaruhi di antara keduanya atau lebih. Sering sekali saat kita berkomunikasi dengan individu lain dalam diskusi mengunakan kata-kata yang tidak dapat dimengerti dari kedua pihak atau lebih di dalam diskusi. Bagaimana kita dapat menciptakan komunikasi yang efektif dalam diskusi?

Menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi) merupakan tujuan dari proses komunikasi. Proses komunikasi adalah suatu tahapan bagaimana individu satu menyampaikan pesan kepada individu lainnya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara individu satu dengan individu lainnya. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Tahapan proses komunikasi ialah sebagai berikut:

  1. Penginterpretasian
    Bagaimana komunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting.

  2. Penyandian
    Tahap ini masih ada dalam komunikator dari pesan yang bersifat abstrak berhasil diwujudkan oleh akal budi manusia ke dalam lambang komunikasi. Tahap ini disebut encoding, akal budi manusia berfungsi sebagai encorder, serta alat penyandi yang merubah pesan abstrak menjadi konkret.

  3. Pengiriman
    Proses ini terjadi ketika komunikator melakukan tindakan komunikasi, mengirim lambang komunikasi dengan peralatan jasmaniah yang disebut transmitter, alat pengirim pesan.

  4. Perjalanan
    Tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesan diterima oleh komunikan.

  5. Penerimaan
    Tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniah komunikan.

  6. Penyandian Balik
    Tahap ini terjadi pada diri komunikan sejak lambang komunikasi diterima melalui peralatan yang berfungsi sebagai receiver hingga akal budinya berhasil menguraikannya (decoding).

  7. Penginterpretasian
    Tahap ini terjadi pada komunikan, sejak lambang komunikasi berhasil diuraikan dalam bentuk pesan.

Proses komunikasi dapat dilihat pada skema di bawah ini:

proses-komunikasi

Proses komunikasi dapat dilihat dari beberapa perspektif:

  1. Perspektif Psikologis
    Perspektif ini merupakan tahapan komunikator pada proses encoding, kemudian hasil encoding ditransmisikan kepada komunikan sehingga terjadi komunikasi interpersonal.

  2. Perspektif Mekanis
    Perspektif ini merupakan tahapan disaat komunikator mentransfer pesan dengan bahasa verbal/non verbal.

Berikut ini adalah beberapa penerapan diskusi dalam komunikasi yang efektif adalah:

  1. Perangkat Diskusi

Agar diskusi dapat berjalan dengan lancar, maka perlu ditetapkan perangkat diskusi :

  • Pembicara yaitu orang yang ditugasi menghantarkan permasalahan yang akan dibahas dalam diskusi.

  • Moderator yaitu orang yang ditugaskan mengatur lalu lintas pembicaraan agar pembicaraan berlangsung teratur.

  • Notulen yaitu orang yang bertugas mencatat pertanyaan atau usulan yang disampaikan peserta diskusi.

  1. Memberikan argumen yang logis dalam berpendapat

Dalam mencari pemecahan masalah dilakukan dengan meramu berbagai pandangan atau pendapat dari peserta diskusi. Berikanlah pendapat untuk sebuah mengatasi masalah dengan memberikan alasan yang dapat diterima akal oleh semua pihak. Hindarkanlah pemaksaan kepada peserta lain untuk menerima pendapat yang kalian sampaikan.

  1. Tidak ada pemenang dalam diskusi

Akhir dari sebuah diskusi bukanlah siapa yang menang dan siapa yang kalah, melainkan hasilnya berupa sebuah simpulan untuk mengatasi sebuah permasalahan yang didiskusikan.