Bagaimana mencegah sariawan di gusi?

http://starberita.com/wp-content/uploads/2017/05/sariawan.jpg

bagaimana upaya mencegah sariawan di gusi?

Sariawan di gusi bisa menimbulkan rasa sakit dan sangat menganggu, terutama ketika proses mengunyah dan menelan makanan. Namun, jangan khawatir karena sariawan di gusi umumnya bukan penyakit yang membahayakan, dan biasanya akan membaik dalam 1-2 minggu.
Walau dapat sembuh dengan sendirinya, sariawan di gusi bisa dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan gusi. Sikat gigi dan menggunakan benang gigi (flossing) setiap hari secara teratur, setelah makan dan sebelum tidur untuk menghindari tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Pilihlah sikat gigi dengan bulu-bulu yang halus. Lalu, atur jadwal pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin minimal enam bulan sekali. Hentikan juga kebiasaan merokok yang dapat memunculkan penyakit gusi.
Sariawan yang bertahan lebih dari dua minggu dapat menimbulkan keluhan yang lebih mengganggu, seperti demam, tidak enak badan, luka yang meluas, nyeri atau tidak nyaman saat berbicara, juga saat makan dan menyikat gigi.
Jangan menunggu sampai sariawan tiba dan mengganggu aktivitas harian Anda. Cukupi asupan nutrisi, perbanyak konsumsi air putih, dan senantiasa jaga kebersihan rongga mulut untuk mencegah sariawan. Segera konsultasi ke dokter jika Anda mengalami sariawan di gusi atau di bagian mulut lain, yang tidak kunjung sembuh.