Bagaimana Mencegah kKesalahan Komunikasi dalam suatu Organisasi?

Komunikasi antara atasan atau pemilik bisnis dengan karyawannya harus mampu terjalin dengan baik. Ini bukan hanya akan berpengaruh terhadap setiap proses bisnis yang dijalankan, tetapi juga pada hubungan pribadi antara Anda dengan karyawan Anda. Namun yang namanya komunikasi tentu akan ada miss-nya. Dan inilah yang harus dicari solusinya oleh setiap atasan.

Ada beberapa cara untuk mencegah kesalahan komunikasi antar karyawan disuatu organisasi diantaranya :

  1. Menjaga privasi
    Jika Anda sedang melakukan pembicaraan dengan salah satu karyawan, maka cobalah ajak dia ke dalam ruangan Anda. Berikan waktu untuk Anda dan karyawan Anda menyelesaikan percakapan. Ini akan mengurangi miss komunikasi yang akan terjadi pada karyawan Anda lainnya.

  2. Fokus pada pembicaraan
    Jangan menyisipkan obrolan selain apa yang harus Anda sampaikan. Fokus pada tujuan dan pembicaraan Anda dengan karyawan. Fokus memang tidak menutup kemungkinan akan mengalami kesalahan dalam berbicara, tapi lebih kepada mengurangi akibat dari kesalahan tersebut.

  3. Jangan coba bermain baca pikiran
    Ketika berbicara dengan karyawan, cobalah untuk berbicara sesuai dengan porsi dan sesuai kebutuhan Anda. Jangan sekali – kali coba membaca fikiran dari lawan bicara Anda. Karena itu akan memperburuk suasana, sekalipun Anda adalah seorang atasan.

  4. Dengarkan orang berbicara sampai selesai
    Ini penting bagi semua orang, penting untuk mendengarkan lebih banyak dari pada memaksakan diri dan egois berbicara sebelum pembicaraan mereka selesai. Karyawan Anda akan merasa tidak dihargai saat ucapan mereka tidak didengar sampai selesai. Anda patut untuk menghargai setiap ucapan yang disampaikan oleh karyawan Anda. Ini jelas akan mencegah adanya miss komunikasi dalam penyampaian informasi dari karyawan Anda.

  5. Punya kesimpulan yang tepat
    Selain menjadi pendengar yang baik, untuk mengurangi resiko miss komunikasi, cobalah untuk membuat sebuah kesimpulan di akhir percakapan. Pastikan obrolan Anda dengan karyawan tepat sampai proses kesimpulan. Anda dan karyawan Anda akan mendapatkan hasil obrolan yang sesuai dengan tujuan awal.