Bagaimana Menangani Kulit Tangan Mengelupas Karena Sering Cuci Tangan?

image

Bagaimana Menangani Kulit Tangan Mengelupas Karena Sering Cuci Tangan?

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk menangani dan mencegah kulit tangan mengelupas karena sering dibersihkan

1. Pertimbangkan penggunaan skin balm

Untuk individu yang mengalami masalah kulit seperti eksim dan psoriasis, risiko kulit tangan menjadi kering dan pecah-pecah mungkin lebih terjadi. Anda bisa mencoba mengaplikasikan skin balm secara langsung pada area tangan yang pecah-pecah. Skin balm membantu menenangkan area tersebut secara spesifik dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

2. Pilih sabun yang bisa melembapkan kulit

Banyak produk sabun yang bisa memicu kulit tangan mengelupas dan membuatnya menjadi kering. Untuk itu, pastikan Anda memilih produk sabun yang bisa memberi kelembapan pada kulit. Misalnya, pilihlah produk sabun yang mengandung zat pelembap, seperti gliserin atau gliserol.

Apabila memungkinkan, Anda bisa memilih produk sabun yang berbentuk cair. Sebab, sabun batangan biasanya memiliki keasaman yang tinggi sehingga kadang memicu kekeringan pada kulit, karena seringnya kita mencuci tangan.

3. Jangan buru-buru dalam membersihkan tangan

Apapun jenis sabun yang kita gunakan, cobalah untuk membersihkan dengan lembut, pelan-pelan, hati-hati, dan tidak agresif. Terlalu agresif membersihkan tangan bisa memicu kerusakan pada kulit, termasuk kulit mengelupas.

Selain itu, tidak terburu-buru dalam melakukannya juga membuat kita bisa membersihkan tangan dengan menyeluruh. Anda bisa menyanyikan “Happy Birthday” dalam hati sebanyak dua kali, yang kira-kira berdurasi 20 detik.

4. Keringkan tangan dengan menyeluruh

Pastikan Anda mengeringkan tangan secara menyeluruh setelah membersihkannya. Hal ini bukannya tanpa alasan. Pertama, tangan yang kering bisa menurunkan risiko perpindahan kuman. Penularan kuman lebih mudah terjadi pada tangan yang basah.

Kedua, mengeringkan tangan juga menurunkan risiko kekeringan pada kulit tangan. Tangan yang masih berair bisa memicu kekeringan, karena air dapat mengurangi minyak alami kulit saat menguap. Penguapan tersebut dapat mengganggu barrier kulit dan menimbulkan efek kulit menjadi kering.

5. Balut dengan sarung tangan

Sebagai tambahan, kita bisa mengenakan sarung tangan selama 1-2 jam agar permukaan bisa lembap dengan maksimal, setelah menggunakan krim pelembap. Apabila pecah-pecah pada kulit tangan sangat parah, Anda bisa mengenakan sarung tangan di malam hari saat tidur, setelah mengoleskan pelembap.

6. Aplikasikan krim pelembap

Untuk mencegah kekeringan pada kulit karena kita sering membersihkannya, jangan lupa untuk mengoleskan salep atau krim pelembap di area tangan. Ada beragam manfaat krim pelembap setelah mencuci tangan, misalnya:

  • Mengembalikan fungsi lapisan barrier epidermis
  • Meningkatkan kadar air pada lapisan epidermis
  • Menenangkan kulit
  • Memperbaiki penampilan dan tekstur kulit

image

Sebagai panduan, ada beberapa kandungan yang bisa Anda cari saat memilih krim atau salep pelembap, yaitu:

  • Oklusif, yang dapat mencegah hilangnya air dari kulit. Yang termasuk zat oklusif, yaitu asam lanolin, asam stearat, trigliserida kaprilat / kapri, minyak mineral, parafin, dan petrolatum.
  • Humektan, yang dapat mempertahankankan kelembapan kulit. Contoh humektan yaitu gliserin, sorbitol, natrium pirolidin, asam karboksilat, asam laktat, dan urea.
  • Emolien atau zat yang dapat melembutkan dan menenangkan kulit, seperti isopropil miristat, oktil okanoat, siklometikon, dan dimetikon.

7. Hand sanitizer boleh sesekali diaplikasikan

Membersihkan tangan dengan sabun dan air selalu menjadi prioritas. Hand sanitizer bisa digunakan pada kondisi darurat apabila air dan sabun memang tidak tersedia. Hand sanitizer juga bisa diaplikasikan sesekali apabila Anda mulai merasa tangan terlihat pecah-pecah karena sering disiram air.

8. Gunakan air dengan suhu yang nyaman

Beberapa orang mungkin bingung antara air hangat atau air dengan suhu biasa saat membersihkan tangan. Sebenarnya, kita bisa menggunakan air mengalir dengan temperatur yang nyaman, termasuk air hangat. Hanya saja, jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit kering.
Apabila hendak ke makan, setelah menggunakan toilet, serta saat tangan terlihat kotor, bersihkan tangan dengan air dan sabun – bukan dengan hand sanitizer .

Pengelupasan kulit biasa terjadi karena adanya alergi, penggunaan bahan kimia atau mungkin karena gejala suatu penyakit. Kulit yang mengelupas dapat menganggu penampilan dan menyebabkan kepercayaan seseorang menjadi berkurang terlebih ketika mereka diajak bersalaman. Kulit yang mengelupas akan membuat tangan terasa kasar dan kering. Untuk menghindari hal ini dibutuhkan perawatan yang tepat serta menjauhi alasan terjadinya kulit mengelupas itu sendiri. Kulit yang mengelupas biasanya dapat hilang seiring berjalannya waktu namun walau begitu akan menjadi berbahaya ketika kulit yang mengelupas tersebut menjadi sasaran kuman dan berdarah.

Untuk mengatasi kulit yang mengelupas dapat dilakukan dengan cara tradisional hingga cara yang cukup modern menggunakan produk kecantikan. Namun, hal yang perlu diingat ketika anda menggunakan produk kecantikan adalah untuk berhati – hati dalam pemilihan produk supaya tidak membuat kulit anda semakin parah akibat penggunaan produk yang tidak cocok. Ada banyak cara mengatasi kulit mengelupas mulai dari:

1. Rendam menggunakan air hangat

Air hangat yang dicampur menggunakan madu dan minyak zaitun dapat dijadikan pelembab alami bagi kulit. Selain itu, air hangat juga dapat terserap ke dalam kulit sehingga kulit tidak lagi kering dan mengelupas.

2. Gunakan minyak zaitun dan gula

Merawat tangan yang mengelupas sehingga kembali sehat dapa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun dan gula. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur 1 sdm gula pasir dan 1 sdm minyak zaitun lalu usapkan pada telapak tangan dengan cara digosok – gosokkan. Hal ini mampu mempercepat proses pengelupasan pada kulit. Penggunaan tidak diperbolehkan jika tangan sedang dalam kondisi luka.

3. Jauhi jenis minuman tertentu

Minuman yang tinggi kafein, soft drink serta alkohol menjadikan kulit tidak sehat hingga berdampak pada pengelupasan kulit. Menghindari jenis minuman tersebut juga mampu mempertahankan kecantikan serta kelembaban kulit anda.

4. Menggunakan mentimun

Buah mentmiun memliki sifat penyembuhan serta peradangan yang cocok digunakan sebagai obat dalam menangani pengelupasan kulit. Cara menggunakan mentimun dalam proses penanganan kulit mengelupas adalah dengan cara mengiriskan mentimun lalu oleskan kulit yang tengah bermasalah. Mentimun bekerja dalam menangani kulit-kulit yang rusak sehingga iritasi penyebab kulit mengelupas akan berkurang hingga akhirnya sembuh.

5. Gunakan lemon

Pada dasarnya kulit tangan memiliki sifat yang hampir sama dengan kulit wajah. Kulit tangan juga mengalami fase kulit mati sehingga memerlukan fase perawatan agar tidak terjadi kulit kasar. Cara merawat kulit tangan saat mengalami fase tersebut adalah menggunakan lemon yang dicampur garam. Penggunaan kedua bahan tersebut dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kulit tangan halus dan tidak kasar.

6. Madu dan minyak zaitun

Selanjutnya anda dapat pula menggunakan campuran antara madu serta minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu dengan merendam tangan menggunakan air hangat lalu oleskan madu yang telah dicampur menggunakan minyak zaitun tersebut pada tangan. Bungkus tangan menggunakan plastik lalu tambahkan kain sarung selanjutnya tunggu hingga 30 menit. Lakukan perawatan yang satu ini secara rutin untuk mendapatkan kulit tangan yang lembab dan halus.

7. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun berperan baik dalam mengatasi beragam jenis penyakit. Minyak yang satu ini dikenal sebagai minyak emas yang bagus untuk kesehatan maupun kecantikan terutama pada kulit. Menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan kulit cocok karena minyak ini mengandung asam lemak essensial serta omega 3 yang bermanfaat bagi kulit dan tubuh. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampur minyak zaitun pada air cuci tangan. Selain mempercantik kulit, penggunaan minyak zaitun juga dapat melembabkan kulit anda.

8. Lemon dan gula

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu mencampur air perasan lemon menggunakan gula pasir lalu gosokkan pada permukaan kulit yang kasar. Vitamin C pada lemon membantu memperbaiki kondisi kulit yang tengah mengelupas ataupun kasar sementara gula membantu terjadinya proses eksfoliasi.

9. Menggunakan susu hangat

Menggunakan susu hangat untuk merawat kulit dapat dilakukan dengan merendam tangan pada sebuah baskom yang di dalamnya telah diisi menggunakan susu hangat. Penggunaan susu dingin membuat khasiat susu berkurang. Selain bagus untuk merawat tangan, penggunaan susu hangat juga bagus untuk merawat kuku agar lebih kuat. Anda cukup melakukan perendaman ini sekitar 5 menit.

10. Menggunakan pelembab kulit

Pelembab kulit saat ini tidak dapat lagi dihitung jumlahnya. Beragam produk pelembab kulit dapat dengan mudah ditemukan di banyak toko kecantikan maupun warung kecil biasa. Penggunaan pelembab dalam menghindarkan kulit dari kekeringan serta efek langsung matahari. Penggunaan pelembab juga menghindarkan pengguna dari kulit bersisik. Menggunakan pelembab dapat dilakukan sebelah mandi atau mungkin saat anda akan bepergian keluar. Selain menggunakan pelembab, anda juga dapat menggunakan krim yang berbahan dasar susu untuk merawat kulit anda agar halus seperti sedia kala.

11. Gunakan telur, almond dan madu

Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur 1 sdt, buah almond yang sebelumnya telah dihancurkan serta kuning telur. Gosok pada kedua tangan selama kurang lebih 10 menit lalu diamkan selama 20 menit. Selanjutnya anda dapat membilasnya menggunakan air hangat hingga bersih.