Bagaimana cara mempersiapkan presentasi product roadmap untuk level tim eksekutif ?

Produk Roadmap

Produk Roadmap (Peta jalan) adalah dokumen strategi pemandu dan perencanaan untuk melaksanakan strategi yang ditampilkan secara ringkasan dengan visual tingkat tinggi yang memetakan apa saja visi dan arah produk kita dari waktu ke waktu.

Bagaimana mempersiapkan presentasi product roadmap untuk level tim eksekutif ?

Product roadmap adalah pernyataan tentang apa yang direncanakan untuk diproduksi dalam beberapa bulan/tahun yang akan datang. Product roadmap juga sebagai pembingkai apa yang direncanakan untuk dicapai nantinya dan berfungsi sebagai sarana untuk mendapat dukungan dari seluruh organisasi. Di sebuah perusahaan biasanya seorang manajer produk bertanggung jawab untuk meyakinkan para pemangku kepentingan bahwa product roadmap yang akan dibuat dapat membantu dan memenuhi tujuan dari perusahaan. Sehingga perlu adanya persiapan untuk mempresentasikan product roadmap kepada tim eksekutif. Ada 2 poin utama ketika akan mencari dukungan kepada tim eksekutif :

  1. Selama tahap perencanaan ketika tahap awal menetapkan strategi produk
  2. Selama tinjauan berkala

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk mengarahkan level tim eksekutif :

  • Merancang product roadmap
  • Manajer produk mampu mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan keinginan dari pelanggan. Kemudian memberikan solusi yang dapat memenuhi keinginan kedua belah pihak.
  • Melibatkan pemangku kepentingan dalam proses pembuatan product roadmap dan juga menentukan cara terbaik untuk menyampaikannya kepada tim eksekutif untuk di sign-off.
  • Presentasi product roadmap lebih dari sekedar sign-off formal.
  • Gunakan SOAPBOX framework. SOAPBOX framework adalah daftar konsep penting, pertanyaan dan tugas yang harus dilalui ketika akan mempersiapkan presentasi product roadmap pada level tim eksekutif. Framework ini akan memastikan bahwa kita siap untuk menyajikan product roadmap yang dapat dicerna oleh audiens.

Ada 7 hal yang harus diingat ketika akan meyiapkan presentasi product roadmap :

  1. Subject : topik yang akan dipresentasikan
  2. Occasion : memahami konteks presentasi
  3. Audience : mengenali siapa yang akan mendengar presentasi/memahami audiens
  4. Purpose : tujuan melakukan presentasi
  5. Before : yang perlu dilakukan sebelum menyusun presentasi
  6. Objection Handling : keberatan utama yang harus disiapkan sebelum atau selama presentasi
  7. Execute : bagaimana membuat dan menyampaikan presentasi yang menarik