Bagaimana mempercepat pertumbuhan bulu ayam onagadori ?

Ayam onagadori adalah ayam hias dari jepang terkenal karena ekor yang panjang, lalu Bagaimana mempercepat pertumbuhan bulu ayam onagadori ?

Bulu Ayam Tumbuh Cepat
Kita akan merasa sedih dan kasihan jika melihat seorang ayam sedang mengalami fase ini. Banyak juga orang awam yang mengira si ayam sedang sakit. Namun, tenang saja, itu adalah hal lumrah yang terjadi selama beberapa bulan, bahkan hingga 6 bulan. Setelah proses mabung atau rontoknya rambut ayam selama berbulan-bulan, bulu-bulu ayam pun tidak akan serta merta tumbuh semua. Kita masih harus menunggu. Sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan agar kita bisa mempercepat proses bulu-bulu ayam agar cepat tumbuh.

Cara yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sebuah kandang yang tertutup untuk dijadikan kamar isolasi untuk ayam yang sedang mabung selama satu minggu. Selama satu minggu ini, kita harus rutin memberi si ayam makanan berupa udang rebon atau terasi. Pastikan bahwa kandang benar-benar tertutup oleh kain atau yang semisal. Jangan buka kandang kecuali saat kita akan memberikan ayam makan. Hal ini bertujuan agar ayam merasa hangat meskipun bulu-bulunya telah rontok.

Tambahan
Setelah satu minggu bulu-bulunya rontok semua, keluarkan ayam dan secara rutin beriayam minyak ikan tiga hari sekali secara rutin. Kita bisa juga memberinya vitamin B kompleks. Jika kita rutin melakukannya, bulu-bulu ayam akan cepat tumbuh kembali.

sumber :