Bagaimana Memilih Model Pakaian Renang yang Sesuai untuk Wanita Berhijab?

Saya sangat senang berenang, terbiasa berenang di kolam renang khusus malah membuat saya bingung kalau harus berenang bersama-sama di kolam umum. Saya berhijab, kira-kira ada rekomendasi pakaian renang yang sesuai untuk saya?

1 Like

Berikut tips memilih pakaian renang bagi muslimah

  1. Tidak Ketat

Pilihlah pakaian renang yang tidak ketat dan tidak pula terlalu longgar. Baju renang yang terlalu ketat akan membuat lekuk tubuh anda terlihat. Sedangkang baju renang yang terlalu longgar juga kan menggangu gerakan saat berada di air.

Bagi seorang muslimah memang tidak terlalu penting dalam pemilihan yang sesuai dengan bentuk tubuh. Karena memang sebagai muslimah harus menutupi lekuk tubuh. Pilihlah pakaian renang dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh anda.

  1. Bahan Pakaian

Pemilihan bahan pakaian juga sangat mempengaruhi. Cek bahan pakaian yang sesuai, untuk berenang pilih bahan yang ringan namun tidak transparan (tebal).

Bahan yang paling cocok adalah spandex nylon. Bahan spandex nylon sangat cocok karena bahannya ringan dan tidak transparan. Pemilihan bahan pakaian renang juga dianjurkan tidak berbahan licin.

Menurut designer kondang Dian Pelangi “pemilihan bahan pakaian renang yang licin jatuhnya akan ketat mengikuti lekuk tubuh”. Tentunya anda tidak menginginkannya bukan.

  1. Pemilihan Model Baju

Bagi para muslimah baju yang baik adalah yang panjang, setidaknya menutupi bagian pantat. Pilihlah model baju renang yang panjang hingga menutupi pantat.

Sesuaikan dengan tinggi badan anda. Banyak sekali model baju renang yang menarik, namun sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. Pemilihan Kerudung

Kerudung atau hijab sangat penting bagi wanita muslimah, sedangkan kenyamanan berenang juga anda butuhkan. Baiknya pemilihan kerudung untuk berenang juga anda perhatikan.

Anda dianjurkan untuk memakai kerudung yang praktis dengan model turban. Jangan juga lupa untuk menggunakan inner ninja sebelum menggunakan kerudung turban anda.

Dapat juga menggunakan hijab instan ketika berenang. Hindari menggunakan model hijab yang terlalu banyak jarum pentul karena konsep ini tidak cocok sebagai baju renang muslimah untuk dikenakan.

  1. Pilih 1 set

Pemilihan baju renang 1 set akan lebih memudahkan anda dalam penggunaan hijab. Dalam baju renang 1 set biasanya sudah terdapat hijab/ atau penutup kepala dengan bahan yang sesuai.

Dengan membeli 1 set anda tidak perlu khawatir untuk pemilihan hijab yang tepat. Pakaian renang 1 set biasanya juga sudah disertai celana panjang yang sesuai.

  1. Hindari Penggunaan Leging

Leging tidak disarankan untuk menjadi bawahan baju renang. leging yang ketat tentunya kan memperlihatkan lekuk tubuh anda bagian bawah. Pilihlah celana dengan ukuran yang lebih longgar sehingga anda akan merasa lebih nyaman saat berenang.

Pilihlah celana dengan ujung bawah karet. Celana dengan model tersebut tidak akan mudah terangkat ketika anda berenang, sehingga anda akan tetap nyaman ketika berenang.

  1. Pilih Warna Gelap

Pemilihan warna gelap dianjurkan bagi para muslimah karena warna ini di yakini dapat menyamarkan lekuk tubuh. Akan tetapi anda juga tidak dilarang untuk menggunakan pakaian dengan warna cerah. Sesuaiakan dengan tubuh anda dalam pemilihan motif pada pakaian.

  1. Wajib Dicoba

Tips terakhir yang perlu dilakuakn adalah coba baju renang. apabila anda sudah memilih dan menetapkan model, warna, ukuran maka jangan lupa untuk mencobanya.

Sebelum anda membayar cobalah dahulu, jangan sampai anda kecewa saat memakainya dikemudian hari. Coba pakaian tersebut apakah menurut anda terlalu ketat atau terlalu longgar.

Saat anda mencoba ingatlah untuk membayangkan apabila baju tersebut terkena air. Karena akan digunakan untuk berenang maka pertimbangkan ukuran dengan pasti.
Sumber: https://narmadi.com/id/baju-renang/