Bagaimana membuat Persona (Personas) yang baik?

Personas adalah sebuah profil dari calon pengguna produk anda, dimana didalamnya menggambarkan cerita, tujuan atau motivasi personal mereka. Dalam menggambarkan profil didalam personas dapat melalui wawancara dengan calon pengguna, pengamatan terhadap masyarakat dan budaya (etnografi) dan melalui metode penelitian lainnya.

Personas digunakan oleh tim desain produk untuk lebih fokus dalam mendesain produknya dan membentuk pesan-pesan pemasaran pada kebutuhan pengguna secara nyata.

Didalam personas, dibutuhkan segmentasi pasar yang baik, dimana segmentasi pasar dapat digunakan untuk merefleksikan demografi, perilaku dan atau kebiasaan serta karakteristik dari kelompok pengguna. Dengan mengetahui segmentasi pasar, maka anda dapat :

  • Melakukan estimasi seberapa besar pasar anda,
  • Membuat target pasar yang jelas,
  • Memantau pembagian pasar (market share),
  • Melihat kepuasan pengguna
  • Menghitung Customer Acquisition Cost (CAC) dan Lifetime Value (LTV).

Oleh karena itu, dengan membuat personas yang baik, diharapkan anda dapat memahami pengguna atau calon pengguna potensial produk anda.

Elemen-elemen yang ada pada personas antara lain :

  • Nama dan Foto
  • Deskripsi pekerjaan
  • Infomasi demografi dan perilaku utama, misalnya Kapan/Dimana/Mengapa/Bagaimana sering mereka menggunakan produk anda ?
  • Tujuan dan harapan utama mereka, Kebutuhan utama mereka, Kekhawatiran utama mereka dan Motivasi utama mereka
  • Implikasi-implikasi dari tujuan dan harapan, kebutuhan dan motivasi mereka

Jumlah personas yang ideal untuk sebuah produk adalah antara 3 sampai 7 persona yang sejenis, dimana dipilih 3 persona yang utama. Tujuan perosnas bukanlah untuk merepresentasikan seluruh pengguna produk atau seluruh kebutuhan mereka, tetapi lebih mem-fokus-kan kepada kebutuhan utama pengguna dan kelompok utama dari pengguna anda.

Bagaimana membuat personas yang baik ?

Untuk memastikan bahwa personas yang anda buat dapat merepresentasikan pengguna atau calon pengguna produk anda secara akurat, maka sebaiknya anda melakukan hal-hal berikut ini, antara lain :

  • Lakukan wawancara dan observasi yang memadai terhadap pengguna dan calon pengguna produk anda.
  • Temukan pola-pola pengguna anda dalam setiap wawancara yang anda lakukan dan gunakan pola tersebut untuk menentukan kelompok pengguna produk anda.
  • Buatlah model awal terkait kelompok anda, berdasarkan pola-pola yang sudah anda dapatkan sebelumnya.
  • Bagikan model tersebut kepada seluruh anggota tim pengembang produk anda, sehingga mereka memahami model kelompok pengguna produk anda.

Berikut contoh sebuah personas

Persona pelanggan adalah karakter fiktif yang dibuat oleh manajer produk untuk mewakili pengguna umum yang berbeda dari produk tertentu. Mereka ada untuk membantu manajer produk mengkomunikasikan penelitian tentang kelompok pengguna ideal mereka.

Manajer produk harus membuat keputusan berdasarkan informasi tentang siapa pelanggan mereka, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana produk mereka akan menjadi solusinya. Persona membantu manajer produk membuat keputusan ini.

Bagaimana cara persona pelanggan diciptakan?
Karena persona pelanggan harus sejujur ​​mungkin, mereka sering dibuat berdasarkan data dari wawancara pelanggan. Data ini harus mencakup wawasan seperti pola, sasaran, kebutuhan, dan atribut di antara kelompok-kelompok khusus ini. Seorang manajer produk juga dapat memutuskan untuk membuat beberapa persona tetapi mereka harus berbeda satu sama lain mungkin. Manajer produk membuat personas pelanggan untuk mengelompokkan berbagai jenis orang bersama-sama yang menggunakan produk. Ini membantu mereka secara kolektif mewakili segmen pasar.

Apa tujuan dari personas pelanggan?
Tujuan utama dari personas adalah untuk membantu manajer produk berempati dengan pelanggan mereka. Ketika mereka tahu siapa pelanggan mereka dan apa yang mereka perjuangkan, mereka dapat melihat tantangan dari perspektif baru.

Seperti pada gambar diatas, anda dapat menggambarkan pembeli yang Anda layani di layar Strategi -> Visi,kemudian anda dapat menambahkan bidang khusus personas dibagian strategis dan secara manual menandai persona ke fitur menggunakan nama yang sama seperti yang Anda tetapkan di atas

Untuk mendapatkan wawasan nyata dan membuat personas senyata mungkin, Anda perlu berbicara langsung dengan pelanggan dan prospek Anda dan terus bertanya “mengapa” sampai Anda memahami tantangan dan motivasi mereka. Berbicaralah dengan cukup banyak pelanggan dan pola akan mulai muncul dan memungkinkan Anda untuk menyaring wawasan kunci yang dapat digunakan untuk mengkarakterisasi setiap persona.

Referensi:
[1]. https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-strategy/how-should-product-managers-define-customer-personas
[2]. https://blog.aha.io/buyer-personas-and-product-management/