Bagaimana membuat kandang kupu kupu ?

Memelihara hewan pada dasarnya perlu memberikan tempat atau kandang, bagaimana membuat kandang kupu kupu?

images

Pertama, kupu-kupu merupakan serangga berdarah dingin yang membutuhkan cahaya matahari untuk memanaskan tubuh mereka (basking). Oleh sebab itu, penangkaran kupu-kupu membutuhkan ruang cerah yang bisa dimasuki cahaya matahari. Selain itu, kupu-kupu juga membutuhkan air, sehingga penangkaran sebaiknya dekat dengan sumber air.

Kedua, kupu-kupu sangat menyukai madu (nektar). Kehadiran bunga-bunga yang mengandung nektar menjadi penarik utama kehadiran mereka. Serangga cantik ini tertarik pada warna-warna cerah, sehingga cobalah menanam bunga-bunga berwarna merah, kuning, merah muda atau oranye.

“Tanaman yang banyak ditanam di kandang display didominasi oleh bunga, sedangkan kandang reproduksi didominasi oleh tanaman pakan ulat atau daun-daunan, contohnya: sirih hutan, tanaman jeruk, bunga asoka, dan jambu,” kata Adinda.

Ketiga, kupu-kupu memiliki indra penciuman yang bisa mengetahui keberadaan tanaman inangnya dari jarak 15 Km. Tanaman inang sangat penting untuk sebuah taman atau penangkaran kupu-kupu. Hal ini disebabkan, kupu-kupu menggunakannya semasa bertelur dan menjadi pakan bagi ulat kupu-kupu. Sirih hutan merupakan salah satu tanaman inang paling umum untuk sebuah penangkaran kupu-kupu.