Bagaimana membuat anjing menyukai kita?

Bagaimana membuat anjing menyukai kita?

  1. Jangan membuat asumsi
    Jangan memulai dengan asumsi bahwa semua anjing menyukai kita. Anjing adalah inividu yang dibentuk oleh pengalaman hidup mereka . Jadi, jika seekor anjing pernah punya pengalaman negatif, misalnya dengan orang yang memakai topi dan kita adalah orang yang memakai topi berada di depan matanya, maka jangan harap perilaku kita yang seolah-olah menganggap semua anjing menyukai kita bisa mengatasi rasa takut anjing tersebut.

  2. Pelajari bahasa tubuh
    Anjing kerap menunjukan postur tubuh yang halus atau disebut juga calming signals yang mengindikasikan kondisi emosi, termasuk stres dan ketidaknyamanan. Perilaku tersebut biasanya tampak sekilas, tapi kalau kita sudah terbiasa mengamati dan mempelajari, maka kita bisa menguasai bahasa anjing. Coba perhatikan baik-baik bahasa tubuhnya. Misalnya, anjing yang menjilati bibirnya terus menerus saat bertemu orang baru pertanda bahwa ia stres atau jika anjing menunjukkan pose tubuh yang meliuk pertanda ia ingin berinteraksi.

  3. Jaga bahasa tubuh kita
    Ketika berhadapan dengan anjing, pastikan kita memerhatikan bahasa tubuh kita dan bahasa tubuh anjing. Berdirilah di depan anjing yang belum kita kenal, cobalah untuk berjongkok dan sedikit menjauh darinya. Jangan menatap langsung, tapi cobalah menatapnya dari sudut mata ketika ia mendekat. Kalau anjing tersebut masih menjaga jarak, mengendus, dan mundur seketika, jangan membelainya. Mungkin anjing tersebut membutuhkan waktu untuk mengenal kita lebih lanjut.

  4. Aturan 3 detik
    Kegunaan aturan tiga detik untuk mengetahui apakah anjing mengapresiasi elusan kita atau sebaliknya. Mulailah dengan pijatan bahu selama tiga detik lalu berhenti. Jika anjing bersandar pada kita atau meminta lebih banyak elusan, misalnya menggapai tangan kita dengan telapaknya, artinya elusan kita diterima.

  5. Berikan camilan
    Untuk anjing yang enggan berinteraksi dengan kita, camilan bisa menghangatkan interaksi lebih cepat.

  6. Jangan menggendong anjing
    Sebaiknya jangan lakukan itu terlebih dengan anjing yang kita baru pertama kali bertemu karena bisa membuatnya takut dan tidak nyaman.