Bagaimana membedakan musang jantan dan betina ?

Bagi orang awam atau pemula memelihara musang untuk membedakan musang jantan dan betina tidak mudah, karena terlihat sama. bagaimana mengetahui antara musang jantan dan betina ?

  1. Meski kita bisa mengetahui bedanya musang betina dan musang jantan dengan melihatnya, namun kita perlu memastikan bahwa musang tersebut memang musang jantan atau musang betina. Ada cara mudah untuk mengetahuinya, yaitu dengan mengidentifikasi bagian penis musang jantan. Penis musang jantan terletak kira-kira 3 senti dari anusnya.
  2. Banyak pecinta musang yang memberikan tips cara mengetahui jenis kelamin musang dengan cara menggosok bagian kelamin musang dengan tujuan agar musang tersebut buang air (kencing), dengan demikian kita bisa tahu lokasi pasti dimana kelamin musang. Jujur, saya tidak setuju dengan cara tersebut karena secara tidak langsung kita menyakiti si musang dengan “memaksanya” buang air. Ingat, mereka bukan boneka, mereka makhluk hidup, sama halnya seperti kita, hanya saja mereka tidak memiliki akal.

Membedakan Musang Jantan dan Betina
Untuk membedakannya ada beberapa cara, tetapi saya rasa cara ini juga sudah cukup untuk mengetahui musang jantan dan betina. Berikut perbedaan musang jantan dan betina.

Perbedaan yang sangat mencolok yaitu terdapat pada anus dan kelamin musang. Jika musnag jantan maka jarak antara kelamin dan anus itu jauh. Sedangkan untuk musang betina jarak antara anus dan kelamin itu dekat. Bisa lihat gambar dibawah ini.

Membedakan kelamin bayi musang pun sama, tetapi kita perlu memperhatikan lebih dekat lagi karena pada bayi musang belun terlihat dengan jelas kelaminnya. Jadi kita perlu memperhatikannya lebih dekat.