Bagaimana membedakan burung finch jantan dan betina ?

image

Sebelum membelinya perlu memilih dan tahu mana jantan dan betina, Bagaimana membedakan burung finch jantan dan betina ?

Membedakan burung finch jantan dan betina :

Untuk mengetahui perbedaan dari jenis kelamin burung finch ternyata hampir sama dengan jenis burung kicau yang lain. Ciri burung finch jantan dan betina yang telah berusia dewasa mempunyai perbedaan nyata dari penampilan fisiknya.

Untuk pola garis pada bagian dagu dan juga bentuk paruh yang gelap termasuk salah satu ciri burung finch jantan. Tak hanya itu saja, bulu-bulu yang cerah dan juga berwarna-warni, dengan garis hitam yang ada di bagian dadanya, juga ikut serta menambah cantik tampilan burung ini.

Kemudian untuk ciri burung finch yang betina, paruhnya lebih tampk oranye dengan warna paruh yang lebih terang. Burung pipit betina tidak punya bintik-bintik putih di bagian sayapnya. Akan tetapi warna pipinya tampak menyerupai warna bulunya atau terkadang abu-abu muda.

Ciri khas yang ada pada jantan finch menjadikan kita merasa mudah untuk membedakannya.

Apabila burung finch yang dipilih termasuk burung yang telah mutasi warna, maka kita dapat membedakan jenis kelaminnya dengan mengacu di bagian warna paruh.
Apabila paruhnya merah pekat, maka burung itu dapat dipastikan jantan, kemudian apabila paruhnya lebih terlihat oren, maka burung itu bisa dikatakan berkelamin betina.