Bagaimana membedakan antara kebutuhan pengguna dan keinginan pengguna?

manajemen_produk

(ariel) #1

Kebutuhan dan keinginan merupakan sesuatu hal yang berbeda. Dalam pengambilan data dari pengguna, developer sering dibingungkan dengan hal seperti ini.


(Trisna Yuli Heryanto) #2

Keinginan Pengguna

Keinginan adalah pemenuhan yang lebih diharapkan. Ketika pengguna menyarankan solusi fitur pada suatu produk, saran mereka dapat disebut sebagai keinginan.

Contohnya, “Saya berharap ada cara untuk memeriksa sosial media melalui smartphone saat sedang makan.”

Kebutuhan Pengguna

Kebutuhan adalah keinginan berdasarkan kekurangan. Ketika pengguna berkomentar dalam hal fungsi suatu produk, komentar mereka dapat disebut sebagai kebutuhan.

Contohnya, “Saya menggunakan smartphone hanya untuk memeriksa sosial media.” Kebutuhannya adalah sering memeriksa sosial media.

Referensi:
https://www.d-labs.com/en/journal/wants__needs__requirements__asking_the_right_questions_in_user_research.html


(Nabila Aulia Anwar) #3

Kalau Kebutuhan, Setiap manusia yang hidup pasti memiliki kebutuhan, dulu kita telah belajar bahwa ada kebutuhan primer, sekunder, dan tersier, yang diurutkan dari kepentingan dan dari mana yang lebih mendesak. Hasrat yang harus dipenuhi untuk dapat hidup inilah yang disebut kebutuhan. Produk yang dapat memenuhi kebutuhan akan memberikan sejumlah nilai sehingga dapat memuaskan konsumen (atau mungkin tidak). Tingkat kepuasan yang ditimbulkan ketika kebutuhan telah terpenuhi adalah yang paling kecil dibandingkan ketika keinginan terpenuhi.

Sedangakan Keinginan merupakan sesuatu yang lebih jauh dari kebutuhan. Tanpa ada kebutuhan, maka tidak ada keinginan (walaupun manusia kadang menginginkan sesuatu yang tidak dibutuhkan). Ketika suatu produk dapat memenuhi keinginan manusia, maka produk itu akan memberikan nilai yang lebih tinggi, sehingga kita akan dapat memperoleh tingkat kepuasan yang lebih tinggi dari pada ketika kebutuhan kita terpenuhi.

Referensi

https://www.marketing91.com/needs-wants-and-demands/