Bagaimana memandikan kuda dengan baik dan benar?

Memandikan kuda adalah salah satu cara menjaga kesehatan kuda. Selain itu, kuda menjadi kinclong dan bersih. Bagaimana cara memandikannya?

  1. Amankan kuda
    Ikatlah kuda Anda dengan ikatan yang mudah dilepas di tiang atau minta bantuan untuk memegangi kuda tersebut.

  2. Lepas tapak kuda
    Untuk mengangkat kakinya, letakkan tangan Anda di telapak kaki kuda Anda dan remas uratnya secara halus. Jika ia tidak mengangkat kakinya, bersandarlah di bahunya dan angkat kakinya. Gunakan hoof pick, mulai dari tumit dan korek ke arah ujung kaki, dengan berhati-hati membersihkan semua batu, tanah, dan kotoran lainnya. Pastikan Anda membersihkan lekukan di dua sisi dari frog. Frog (Bagian licin berbentuk V dari tapak kuda) bagian yang lebih sensitif, jadi jangan gunakan hoof pick di bagian ini. Menggunakan hoof pick pada frog dapat menyebabkan frog menjadi timpang karena benda ini sangat sensitif.

  3. Gunakan curry comb untuk menyingkirkan bulu yang longgar
    Untuk hasil yang terbaik dan agar kuda Anda tetap terawat, gunakan curry comb sebelum Anda menyikat kuda Anda. Gunakan curry comb dalam gerakan melingkar kecil yang kuat di atas otot kuda. Hindari area yang bertulang seperti muka, tulang belakang, dan kaki.
    Di satu sisi, gunakan curry comb secara berurut dari leher, tubuh, dan bokong. Lalu, ulang kembali pada sisi lain dari kuda. Curry comb harus digunakan dengan gerakan melingkar pada arah yang berlawanan dari pertumbuhan bulu kuda. Hal ini akan menarik rambut dankotoran yang longgar yang akan disikat.

  4. Gunakan dandy brush (sikat keras)
    Dandy brush adalah sikat dengan bulu yang keras untuk menyingkirkan tanah dan rambut yang dilonggarkan dengan curry comb. Gunakan sikat ini dalam gerakan pendek yag lurus agar bulu sikat masuk ke seluruh bulu kuda dan dapat membersihkan kotoran. Mulai dari leher dan berakhir di ekor. Anda tidak disarankan untuk menggunakan dandy brush pada kaki kuda karena kaki dari kuda lebih sensitif dibanding tubuhnya.
    Jangan gunakan dandy brush pada muka, telinga, rambut kuda, ekor, kaki, atau area yang bertulang, karena alat ini dapat menyebabkan kuda langsung merasa gelisah. Hal ini dapat membuat kuda merasa stres, takut, atau terkejut. Jika perlu, gunakan kain halus pada bagian yang dibenci oleh kuda jika Anda menggunakan dandy brush.

  5. Bersihkan dengan menggunakan sikat halus
    Sikat halus membersihkan sisa-sisa debu dan bulu. Selesaikan grooming tubuh pada kuda dengan menyikat seluruh tubuhnya, termasuk area yang sensitive seperti muka dan kaki.

  6. Bersihkan muka kuda
    Ambil spons basah atau lap basah, lalu usapkan pada mata dan hidung kuda Anda. Gunakan spons/lap yang berbeda untuk area bokongya (di bawah ekor), karena area ini biasanya lembab, kotor, dan berjamur dan perlu dibersihkan. Ingatlah untuk melakukan ini dengan halus; area-area ini sensitif.

  7. Bersihkan rambut dan ekor
    Gunakan sisir atau sikat rambut kuda dengan bulu lebar untuk menghilangkan kekusutan pada rambut dan ekor kuda. Sebelum Anda memulai, gunakan jari Anda untuk memisahkan rambut yang kusut. Pegang seluruh bagian yang besar dari rambut kuda dengan satu tangan (untuk menghindari tarikan) dan sikat dengan tangan Anda yang satu lagi. Ketika menyikat ekor, berdirilah di samping kuda untuk menghindari membuat ia terkejut atau membuat ia menendang.

  8. Ketika musim panan atau saat suhu sedang panas, Anda perlu menyemprot kuda Anda dengan menggunakan semprot lalat karena lalat dapat menjadi sangat mengganggu.