Bagaimana memahami kebutuhan pengguna terkait dengan prinsip-prinsip dalam pelayanan ?

pelayanan prima

Pengguna sering kali menuntut untuk dimengerti. Meskipun mereka terkadang tidak mau mengerti mengenai kadaan atau kondisi yang menjadi kendala kita. Untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dasar pengguna, maka memerlukan kepekaan dan perhatian yang lebih dari service provider. Untuk itu kita perlu mengetahui prinsip dasar dalam memenuhi kebutuhan pelanggan apakah itu?

Prinsip-prinsip dasar dalam melakukan pelayanan agar dapat memahami kebutuhan pengguna yaitu dengan memusatkan perhatian kepada pelanggan, pada dasarnya pelanggan akan senang apaila mereka diistimewakan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk tidak memecah perhatian pada orang lain pada saat melayani seorang pelanggan.

  • Berikan pelayanan yang efisien, melayani secara efisirn adalah menggunakan waktu yang sewajarnya untuk memenuhi harapan pelanggan. menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, cepat dan tidak bertele-tele.

  • Naikan harga dari pengguna, dimana harga diri bagi pengguna adalah segala-galanya. Usahakan tidak menggurui pengguna.

  • Bina hubungan baik dan harmonis dengan pelanggan, membina hubungan yang baik dan harmonis dengan pelanggan sangat diperlukan. Menunjukan simpati dan berbicara dengan penuh perhatian menunjukan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan pelanggan.

  • Berikan penjelasan dan informasi sebaik mungkin, kepercayaan pelanggan adalah mutlak bagi suatu bisnis bisa berjalan, dengan memberikan informasi yang akurat kita bisa mendapatkan kepercayaan pengguna.

  • Mengetahui apa keinginan pengguna, agar pelayanan diberikan sesuai, kita perlu mengetahui keinginan pelanggan dengan mengantisispasi atau menerka kebutuhan pengguna yang dapat kita ketahui dari kebiasaan pengguna. Selain itu kita juga dapat menanyakan secara langsung kepada pengguna sebagai masukan bagi perusahaan.

Referensi