Bagaimana memahami kapabilitas rantai suplai?

Setelah memahami tentang uncertainity yang perusahaan hadapi, pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana perusahaan memenuhi dalam lingkungan yang tidak pasti? Membuat strategic fit adalah membuat strategi rantai suplai yang terbaik untuk memenuhi permintaan yang ditargetkan oleh perusahaan.

Kita mempertimbangkan karakteristik dari rantai suplai dan mengkategorikan mereka. Mirip dengan cara kita menempatkan permintaan pada one-dimensional spectrum (the implied uncertainty spectrum), kita akan menempatkan setiap rantai suplai pada spectrum. Seperti permintaan pelanggan, rantai suplai memiliki banyak karakteristik berbeda yang mempengaruhi respon dan efisiensi mereka.

Pertama kita menyediakan beberapa definisi. Supply chain responsiveness termasuk dalam kemampuan rantai suplai untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Merespon variasi jumlah permintaan
  2. Memiliki lead time pendek
  3. Menghadapi tingginya variasi produk
  4. Mengembangkan produk inovatif
  5. Memiliki tingkat pelayanan tinggi
  6. Menghadapi ketidakpastian suplai

Supply chain effiency adalah kebalikan dari biaya dari pengadaan dan mengantarkan produk kepada pelanggan. Setiap pilihan strategi untuk meningkatkan responsiveness, ada biaya tambahan yang efisiensinya lebih rendah.

Kapabilitas rantai pasok dapat dilihat dari dua hal :

  1. Responsifitas : berimbas pada biaya tinggi
  2. Efisiensi biaya : berimbas pada responsifitas lambat

The more capabilities constituting responsiveness a supply chain has, the more
responsive it is

Firnanda Iftitah Dewi Antono dan Afifahlya Alif Rizyomi
Sumber : Supply Chain Management, Sunil Chopra dan Peter Meindl

1 Like

Pendekatan untuk Mencapai Lean and Responsive dalam Rantai Suplai Midstream Toyota di UK
dalam Paper yang diterbitkan Wu Ting

Perkiraan Permintaan Secara Real Time
Pabrik ini mengumpulkan pesanan setiap hari, pesanan konsumen akan dimasukkan dalam penjadwalan sistem dan perkiraan mingguan atau bulanan, dan menghasilkan rencana produksi.
Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membentuk rencana produksi sebagian besar didasarkan pada permintaan pasar secara aktual.

Berusaha untuk mengurangi kompleksitas
Perusahaan ini telah berfokus pada standardisasi dan mengurangi kompleksitas dalam rangka membangun apa yang pelanggan inginkan pada saat yang tepat. Caranya dengan menambahkan kompleksitas dan spesifikasi dari setiap kendaraan di titik terakhir dari jalur produksi.

Build-to-Order Seimbang dengan Build-to-Stock
Di pabrik ini, telah mendapat lebih dari 65% build-to-order, yang berarti 65% kendaraan di jalur produksi telah dibeli oleh pelanggan. Sisa produksi build-to-saham dan didasarkan pada perkiraan penjualan yang diprediksi. Ini perkiraan didasarkan pada data historis dan pesanan harian.

The milk run delivery
Di masa lalu 200 lebih pemasok, baik dari Eropa dan Inggris menyampaikan spare part mereka sendiri setiap hari atau setiap dua hari untuk pabrik. Sekarang sebuah perusahaan 3PL mengumpulkan
spare part dari setiap pemasok dan memberikan mereka ke pabrik. Strategi penyampaian ini disebut ‘The milk run delivery’ dan metode ini telah mengurangi biaya transportasi dan peningkatan efisiensi.

Mass customization – Spesifikasi Ditambahkan dalam Titik Terakhir yang Sesuai
Pabrik ini telah mencapai massal kustomisasi; spesifikasi secara harfiah ditambahkan pada titik yang sesuai. Strategi ini adalah pembeda, kendaraan dapat disesuaikan dengan cepat dan murah. Perusahaan ini bekerja sama dengan pemasok dan logistik pihak ketiga berdasarkan sistem produksi mereka dan didukung oleh praktek kerja mereka fleksibel.

Berbagi Informasi dengan Pemasok dan Logistik Pihak Ketiga
Perusahaan ini bekerja sama dengan mitra dan membagikan informasi dengan mereka.
Pemasok dan 3PL dapat dengan mudah memeriksa persediaan, memesan rencana informasi dan produksi, dan dapat dengan cepat merespon permintaan pasar dan pelanggan spesifikasi.

Supplier Management
Kolaborasi dan koordinasi dengan pemasok menjamin efisiensi dan tanggung jawab dari rantai pasokan, perusahaan ini menggunakan KPI (key performance indicators) untuk mengelola pemasok mereka dan selalu memastikan bahwa pemasok mereka secara ketat mematuhi target untuk kualitas yang baik dan pengiriman disiplin. Di pabrik ini, 97% dari suku cadang dan komponen yang disampaikan tepat waktu, dan lebih dari 98% dari mobil masuk selesai dalam waktu dua jam, slot yang mereka dialokasikan. Manajemen pemasok yang ketat menjamin kelancaran dan produksi, dan meningkatkan respon cepat untuk permintaan pasar.

Praktek Kerja yang Fleksibel
Dalam rangka untuk menyeimbangkan musim permintaan yang rendah dan waktu puncak beban kerja, pabrik ini mengubah jadwal kerja mereka, misalnya, bekerja shift tambahan dan menerapkan kerja yang fleksibel.
Selama masa sibuk, karyawan akan membayar mereka kembali dengan bekerja shift tambahan di akhir pekan ketika perusahaan membutuhkan mereka. Pemasok juga telah mendapat kesepakatan yang sama dengan karyawan; mereka akan bekerja shift yang diperlukan untuk mendukung jalur produksi, berdasarkan rencana produksi bersama. Tenaga kerja yang fleksibel merupakan faktor penting dalam perusahaan mencapai respon cepat untuk permintaan pasar yang bergejolak.

Sistem Tangguh
Perusahaan ini sedang mengejar sistem tangguh baik di dalam maupun di luar pabrik. Jika ada yang tidak beres, akan ada rencana cadangan atau solusi untuk memecahkan masalah dan untuk menjamin kelancaran jalur produksi. Sistem tangguh menjamin kelancaran jadwal produksi, dan menghindari waktu tunggu yang disebabkan oleh kejadian yang tidak diharapkan. Misalnya, jika ada keterlambatan pengiriman, semua pihak yang terlibat secara otomatis akan menerapkan rencana cadangan untuk memastikan penundaan diminimalkan.

1 Like

Kekuatan Rantai Supply ZARA
Zara’s operations strategy

• Design and Production- Just in Time Production

Zara memberikan produk modis dan trendi menangani semua selera melalui desain terkontrol dan proses yang terintegrasi - Just in Time. Just in Time disini adalah konsep milik Jepang yang berfokus pada menghilangkan sisa sisa produksi pada manufakturing produk. ZARA mendesain semua produk sendiri. Mereka melakukan sistem Design and Product bersamaan melibatkan seluruh tim komersial, desainer, marketing, dan produksi saling berkomunikasi dan saling memberikan feedback terus menerus untuk memastikan produk mencapai pelanggan tepat pada waktunya.

• Procurement

ZARA memproduksi 60% dari produknya. Dengan memiliki produksi In-house ZARA sangat fleksibel dalam jumlah, frekuensi, dan berbagai produk gaya baru. Mereka memiliki 22 pabrik yang berjalan bersamaan yang berguna untuk cepat merespon permintaan tidak terduga.

• Information System

Operasional menggunakan sistem informasi juga menjadi salah satu respon strategi ZARA untuk mempercepat tugas-tugas kompleks yang berguna untuk mengefisienkan waktu dan mengurangi kesalahan. Sistem ini membantu ZARA mengidentifikasi dan memanajemen permintaan dan order pelanggan yang menginginkan barang dengan cepat. ZARA bekerjasama dengan CASIO computers untuk mengirim informasi secara online kepada kantor pusat untuk fitur trend produk, customer comment, dan penempatan order.

• Inventory Management

Perushaan induk ZARA memiliki persediaan yang rendah karena menurut mereka stock di inventory adalah stock yang mati. Oleh karena itu mereka menghindari stok produk yang terlalu banyak agar mereka juga tidak perlu melakukan penyewaan inventory yang besar. Mereka lebih suka langsung mengirimkan produk mereka ke toko yang menjual produknya dan memastikan hanya mengirim barang yang diinginkan toko tersebut.

Zara mendesain kurang lebih 10.000 model baru setiap tahunnya dan memiliki sekitar 650 retailer. Tetapi mereka tidak langsung mengirimkan banyak produk langsung kepada semua retail, tapi mereka mengirim dengan jumlah yang terbatas. Hal ini memastikan janji ZARA yang menyediakan merek yang eksklusiv dan juga desain yang fresh.

• Low marketing / advertising cost

ZARA menghabiskan hanya 0-0,3% untuk biaya iklan mereka. ZARA bergantung kepada toko mereka yang memproyeksikan citranya. ZARA memiliki koordinator kusus yang tugasnya adalah mengubah tata letak toko setiap minggunya. Yang membuat pengunjung tidak bosan.

ZARA merupakan penyedia produk yang selalu fresh. ZARA selalu mengharapkan feedback dari pelanggan mereka untuk mengetahui keinginan pembeli seperti apa mulai dari yang disukai hingga yang tidak disukai. Data tersebut langsung disampaikan kepada desainer ZARA agar cepat di proses. Hal in membuat ZARA selalu memiliki model desain baru. Selain itu penjualan produk ZARA selalu limited. Mereka Mengganti barang yang dijualnya ditoko maupun di retail mereka setiap 2 minggu jadi pembeli merasa yakin bahwa barang ZARA merupakan barang yang eksklusive. Oleh karena itu, latar belakang kelangkaan ZARA memungkinkan perusahaan untuk menjual lebih banyak barang pada harga penuh.

1 Like

Kapabilitas Rantai Suplai pada Carrefour

Sumber : http://www.carrefour.net/en/articles.html?t=69

####5 Supply Chain clearly asserted targets :

1) On-Shelf Availability (OSA)
OSA berarti memiliki “the right product in the right place at the right time all of the time”. Tidak memiliki produk yang tersedia, untuk pembelian dapat hilang dari penjualan untuk kedua produsen dan Carrefour. OSA harus diukur dari sudut pandang pelanggan.

2) Increase of product rotation
Mencapai 50% dalam volume pengiriman just-in-time untuk meningkatkan layanan toko. Mengelola konsentrasi saham informasi supplier dan aliran jual didukung melalui pusat konsolidasi logistik.

3) Information sharing
Memastikan keandalan dan ketersediaan informasi (pesanan, faktur, lembar produk) melalui standarisasi dan dematerialisasi pertukaran data. Berbagi Titik data penjualan harus bersamaan dengan pelaksanaan proses operasional dalam rangka meningkatkan ketersediaan produk .

4) Shelf Ready Packaging (SRP)
Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya yang disampaikan produk. 2008 target akan meningkatkan perkembangan SRP di negara-negara dan mencapai 50% dari volume Grocery.

5) Logistics costs vs logistics discounts
Cakupan biaya distribusi dengan diskon logistik adalah Supply Chain dan aturan manajemen yang baik.

Berikut adalah salah satu penerapan rantai suplai Carrefour di China
Sumber : http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijbm/article/viewFile/36002/21302

Perusahaan Carrefour memasuki pasar di Cina pada tahun 1995, yang pertama dibuka di Beijing dan Shanghai, merupakan hypermarket terbesar, “happy shopping Carrefour” and “one-stop shopping” dan seterusnya adalah ide manajemen yang disukai oleh sejumlah besar konsumen. Selama lebih dari satu dekade, Carrefour telah mempertahankan posisi terdepan di perusahaan ritel asing di Cina, yang merangsang perkembangan ritel China yang modern.

Pada tahun 2004, Carrefour dinilai sebagai “salah satu perusahaan paling berpengaruh di Cina” oleh media dalam negeri. Pada Januari 2013, Carrefour telah dibuka 219 toko di seluruh 24 provinsi di negara itu. “Berpikir global dan bertindak lokal” adalah kunci keberhasilan dari Carrefour. Beberapa faktor kunci keberhasilan lainnya yang membuat Carrefour berhasil di Cina adalah harga yang lebih rendah, pengadaan yang fleksibel, sistem manajemen dan strategi pemasaran yang desentralisasi. Capability rantai supply Carrefour digunakan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan yang dapat dibagi menjadi empat bagian :

A. Every day lower price

Pertama, harga yang lebih rendah dari Carrefour adalah senjata kunci kesuksesannya. Carrefour telah berusaha untuk melalui berbagai cara untuk mengontrol dan mengurangi biaya. Carrefour memiliki strategi operasi massal, yang membuatnya dapat memperoleh efek yang besar dari bisnis modern. Carrefour menandatangani perjanjian “60 hari untuk pembayaran bulanan” dengan pemasok, menggunakan perputaran modal dari pemasok, sehingga sangat disimpan untuk biaya perusahaan. Carrefour juga diperlukan banyak hal yang menguntungkan dan sponsor dari pemasok. Omset likuiditas cepat dan kurang yang didapat dapat sangat mengurangi biaya modal. Sementara itu, Carrefour cenderung untuk memilih produk lokal, sangat menghemat biaya transportasi dan distribusi. Selain itu, untuk mengurangi sirkulasi dengan memberikan harga yang lebih rendah, carrefour juga mengembangkan produk brands mereka sendiri. Semua ini, memastikan Carrefour bisa menjaga harga turun.

B. Flexible procurement and decentralized management system

Kedua, dibandingkan dengan perusahaan ritel lain yang hanya menganggap toko sebagai pusat penjualan, Carrefour dibuat toko sebagai pusat prefitable. Carrefour memberikan bahwa toko mereka memiliki banyak power. Pengadaan Carrefour terutama dipegang oleh manajer toko lokal dan kepala departemen, yang bertanggung jawab untuk mengelola toko. Dengan pendekatan ini sepenuhnya dapat memobilisasi antusiasme staf toko lokal dan memperkuat kapasitas manajerial toko lokal, sehingga menjadi cara penting untuk meningkatkan kinerja penjualan. Dengan demikian, manajer toko lokal memegang terutama dalam administrasi yang terdapat dua aspek. Salah satunya adalah kekuatan manajemen komoditas, termasuk pemilihan produk, harga, promosi, negosiasi, pemesanan, merchandising, dll lain adalah kekuatan administrasi personel, termasuk staf dan mentransfer. Secara umum, kekuatan ini dapat membuat manajer toko lokal untuk cepat merespon pasar dan kebutuhan pelanggan lokal, beradaptasi dengan pasar ritel lokal.

C. Logistics distribution system management

Ketiga, Carrefour di Cina menyiapkan empat pusat pengadaan regional, tetapi tidak mengatur pusat distribusi skala besar sendiri. Carrefour mengandalkan sistem pemasok logistik untuk memasok dan mendistribusikan barang di berbagai daerah. Meskipun Carrefour tidak memiliki keuntungan yang sangat besar pada sistem distribusi dan sistem informasi, biaya operasinya sangat berkurang dalam hal logistik dengan pihak ketiga. Gambar ini menunjukkan modus manajemen logistik Carrefour di Cina.

D. Marketing strategies

Keempat, dari target orientasi pelanggan, rata-rata Carrefour ditujukan untuk konsumen. Carrefour supermarket dibangun di daerah transportasi yang nyaman dan penduduk yang padat, yang dekat dengan keadaan sehari-hari. Carrefour dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pasar masyarakat, dan sepenuhnya mempertimbangkan kebiasaan konsumsi orang Cina. Carrefour mengedepankan ide manajemen “Buy enough in one-time, low price, keep freshing, automatically choose and buy, free parking”. Hal ini adalah bukti memahami kebiasaan belanja konsumen Cina. Sebagai contoh, dalam rangka untuk memenuhi konsumen Cina, Carrefour terus meningkatkan variasi di rak-rak. Mengingat portabilitas mudah, Carrefour menjual barang kemasan kecil, dan sebagainya.

1 Like

Rantai Supply McDonald

  • E-procurement
    E-procurement adalah pembelian dan penjualan persediaan, pekerjaan dan jasa melalui internet serta perencanaan sumber daya perusahaan dan informasi lainnya. E-procurement adalah sebuah website yang memungkinkan pengguna yang memenuhi syarat dan terdaftar dapat mencari pembeli atau penjual jasa dan barang. Pembeli atau penjual dapat menentukan biaya atau menawarkan tawaran secara online yang diluncurkan pada tahun 200 dan memungkinkan semua waralaba McDonald di seluruh dunia untuk membeli segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan restoran mereka. E-procurement memungkinkan 85% biaya dipotong menurut kepala pasokan McDonals.

  • Inventory Management
    Item disimpan dalam kamar dengan zona suhu yang berbeda dan akhirnya dikirim ke restoran McDonald sesuai dengan kebutuhan mereka. Perusahaan memiliki dua fasilitas yaitu penyimpanan dingin dan kering dengan kemampuan untuk menyimpan produk sampai dengan -22 derajat celcius. Pihak McDonalds juga melakukan pencocokan produksi suplier dengan jadwal pengiriman dan yang dibutuhkan oleh restaurant.

  • A Cold Chain
    Merupakan cara yang digunakan oleh pihak McDonald untuk mengkontrol suhu saat kegiatan penyimpanan dan distribusi ke restauran-restauran McDonald dengan mempertahankan kisaran suhu tertentu. Pengiriman ini menggunakan truk untuk mengangkut produk tersebut pada suhu mulai dari suhu ruang ke keadaan beku.Yang digunakan dalam menjamin produk seperti makanan olahan dan produksi segar.

  • Tractability
    Melayani makanan untuk 70 juta pelanggan setiap hari membutuhkan konsistensi, yang berasal dari bahan-bahan serta proses persiapan makanan. McDonalds telah menetapkan standar yang ketat untuk pemasoknya untuk dipatuhi tanggung jawab oleh pemasok dalam hal kualitas, konsistensi, dan keamanan dari produk yang mereka berikan. McDonalds mencari konsistensi dalam tekstur, warna, kesegaran untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Keamanan pangan merupakan tanggung jawab yang serius dan McDonalds harus memastikan memiliki prosedur untuk menghindari tuntutan hukum. Untuk membantu permasalahan ini, maka pemasok memiliki program tractability yang memungkinkan mereka untuk melacak makanan dalam rantai pasokan. Misalnya, Lamb Weston menyediakan kentang goreng dan memiliki proses yang dapat melacak kentang goreng berasal dari pertanian mana.

  • Finished Stock
    produk siap untuk dijual segera kepada pelanggan yang dikenal sebagai produk jadi. Pada waktu makan siang dan jam malam restoran yang sibuk restauran akan memiliki Big Mac dan ayam siap dijual kepada pelanggan. Menggunakan metode in-first-out yang digunakan untuk menangani bahan baku, barang dalam proses, atau produk jadi dan juga untuk meminimalkan limbah dan membantu dalam menyediakan makanan segar tepat waktu untuk setiap pelanggan.

  • Information
    Informasi berisi seperti data dan analisis yang terkait dengan fasilitas, persediaan, transportasi, biaya, harga dan pelanggan di seluruh rantai pasokan. Sebelumnya McDonald menggunakan perangkat lunak Amerika yang digunakan oleh McDonalds global dan ini disediakan oleh McDonalds internasional untuk memenuhi kebutuhan. Dan sekarang mereka telah membuat software inventory control yang disesuaikan dengan kebutuhan.

sumber :
[The Businness Strategy Of McDonald] (file:///C:/Users/owner/Documents/10.1.1.652.7033.pdf)
Supply Chain in McDonald

1 Like

Kapabilitas Rantai Suplai Walmart

Keberadaan Walmart bermula dari dari tujuan untuk menyediakan kebutuhan masyarakat kapanpun dan dimanapun mereka butuhkan. Walmart berfokus pada penentuan struktur harga agar dapat memberikan harga yang miring kepada konsumen tiap harinya. Walmart kemudian berkonsentrasi untuk mengembangkan manajemen rantai suplai yang lebih terstruktur dan maju untuk memanfaatkan dan meningkatkan keunggulan kompetitif dan mengambil posisi utama di pasar.
Strategi yang diterapkan oleh Walmart dalam mengatasi rantai suplai antara lain :

  1. Meminimalisir hubungan dengan pihak lain
    Awal tahun 80-an Walmart langsung berhubungan dengan produsen untuk memangkas harga dan membuat rantai suplai lebih efisien. Inisiatif rantai suplai Walmart yang dinamakan Vendor Managed Inventory (VMI), produsen menjadi bertanggung jawab untuk mengelola produk mereka yang ada di gudang Walmart sehingga dengan begini Walmart dapat memenuhi pesanan barang dari konsumen tanpa perlu bersusah payah mengejar produsen.
    Tahun 1989 Walmart menjadi retailer terbaik pada dekade tersebut. Walmart dapat menekan biaya distribusi hingga hanya 1,7% dari penjualan, jauh diatas para pesaingnya yang masih berada di kisaran 3,5% dan 5%. Tentu hal ini membuat Walmart bergerak lebih efisien dalam hal biaya. Dan sejak saat itu rantai suplai perusahaan menjadi lebih efektif.

  2. Kerjasama dengan vendor yang strategis
    Walmart memulai usahanya dengan mencari dan memilih produk dengan harga terbaik dari para suplier yang dapat memastikan Walmart untuk dapat senantiasa memenuhi permintaan pasar. Walmart membuat manajemen rantai suplai nya menjadi efisien dengan cara membangun hubungan dan komunikasi dengan para suplier untuk meningkatkan alur material dengan meminimalisir penyimpanan. Jaringan yang ada antara suplier, gudang penyimpanan, dan toko retail dapat digambarkan seperti sebuah perusahaan tunggal.

  3. Persinggahan silang sebagai strategi penyimpanan
    Penerapan dari metode ini menjadi pusat strategi Walmart untuk mencukupi persediaan secara efisien. Jadi metode ini memungkinkan transfer produk secara langsung dari truk yang berasal dari dalam gudang (suplier) yang menuju gudang (Walmart) (begitu pula sebaliknya) tanpa adanya penyimpanan barang di antaranya. Cara ini dapat mempertahankan biaya penyimpanan barang dan juga transportasi agar tetap rendah, mengurangi waktu transportasi atau pendistribusian barang yang tentu saja dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan ketidakefisienan. Barang akan menyeberang dari satu dermaga pemuatan ke yang lain, biasanya dalam 24 jam atau kurang.
    Dengan menggunakan metode ini produk dialihkan dari pemasok ke gudang Walmart kemudian dikirim ke toko-toko tanpa membiarkan produk diam di gudang untuk jangka waktu yang lama. Strategi ini mengurangi biaya Walmart secara signifikan dan mereka mengalokasikan tabungan tersebut kepada pelanggan berupa harga yang sangat kompetitif.

  4. Teknologi
    Dengan usahanya untuk mengejar harga rendah tanpa henti untuk para konsumen, Walmart menganut teknologi untuk menjadi inovator dalam melacak persediaan toko dan mengisi kembali rak-rak mereka yang mana memungkinkan mereka untuk memotong biaya. Teknologi berperan sebagai pondasi dari rantai suplai Walmart. Walmart memiliki infrastuktur teknologi informasi terbesar di dunia dari berbagai perusahaan swasta. Dengan teknologi yang dimiliki tersebut memungkinkan Walmart dapat meramalkan permintaan dengan akurat, melacak dan memprediksi tingkat persediaan, membuat rute transportasi yang sangat efisien, dan mengelola hubungan pelanggan dan logistik respon layanan.
    Apa yang membuat Walmart sangat inovatif adalah fakta bahwa ia berbagi semua informasi dengan seluruh mitra mereka dimana banyak perusahaan yang menggunakan pihak ketiga untuk informasi tersebut.

Manajemen Rantai Pasok Walmart