Bagaimana Melatih Kemampuan untuk dapat Memperhatikan Hal-Hal Detail (Attention to detail)?

attention to detail

Apa yang dimaksud dengan Attention to detail?

2 Likes

Bagaimana cara meningkatkan perhatian pada hal-hal secara rinci?

Menurut :
wikihow

Sangat mudah untuk dapat terlibat dalamberbagai proyek dalam waktu yang sama namun untuk dapat merincikan kebutuhan dari proyek tersebut menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Hal yang sama juga dapat terjadi dimanapun seperti di rumah, sekolah ataupun saat bekerja. untungnya memperhatikan hal - hal secara rinci adalah skill yang dapat dipelajari. Dan skill tersebut dapat dibudayakan, meningkatkan hal-hal secara rinci dapat menggunakan alat-alat organisasi, membatasi gangguan, dan memberikan pikiranmu kondisi yang dibutuhkan untuk fokus. dan untuk dapat lebih mahir dapat pula dilatihagar kemampuanuntuk memperhatikan hal-hal secara rinci dapat lebih dilakukan secara intuisi.
Berikut ini adalah cara-cara untuk dapat memperhatikan hal secara rinci :

Mengatur segala sesuatu secara detail

Dalam hidup kita perlu mengatur segala sesuatu secara terorganisir untuk dapat memperhatikan secara rinci bahkan untuk hal-hal kecil sehingga kita tidak perlu kebingungan saat akan menggunakan hal-hal kecil itu kembali.

Membuat Daftar

Membuat daftar adalah salah satu cara yang berguna untuk mengatur berbagai hal sehingga kita tahu kapan dan bagaimana segala sesuatu akan digunakan. Dengan mebuat daftar kita dapat menelusuri dan tidak akan mudah kehilangan hal-hal yang kecil. Dengan membuat daftar jangka panjang dan jangka pendek kita dapat merencanakan apa saja yang akan dicapai baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Setelah kita menyelesaikan segala sesuatu yang ada dalamdaftar itu cek kembali dengan begitu kita dapat mengetahui apa yang telah kita kerjakan dan apa yang belum dikerjakan.

Buatlah jadwal secara spesifik

Jika kegiatan yang kamu lakukan setiap hari sama dan berulang, pastikan untuk tetap melakukan hal tersebut secara terus-menerus sehingga otak akan secara otomatis memberitahu apabila ada salah satu kegiatan yang sering kamu lakukan tersebut tidak kamu lakukan.

Batasi Gangguan

Gangguan dapat datang melalui berbagai hal seperti keluarga, teman, rekankerja yangtidak bisa berhenti berbicara, segala sesuatu yang ada di internet , bahkan lapar pun termasuk gangguan. Ketika kita merasa terganggu kita akan melupakan segala hal yang kita lakukan secara detail.

cara agar tidak dapat mudah terganggu adalah :
A. Bekerjalah di tempat dimana kau bisa fokus.
B. Letakkan handphone dalam keadaan silent, beritahu teman atau keluargamu bahwa kamu tidak ingin di ganggu kecuali ada dalam keadaan benar-benar darurat.
C. Jika kamu mengerjakan pekerjaan dirumah hindari untuk mengerjakan di tempat tidur dan buatlah sebuat tempat kejar yang nyaman .
D. Untuk rekan kerja yang mengganggu dan tidak dapat berhenti bicara kita dapat mengacuhkannyaatau agar lebih sopan katakan “aku ingin menemanimu bicara tapi aku harus menyelesaikan proyek ini”.

Jangan Multitask

Multitask adalah membagi perhatian pada hal yang berbeda-beda daripada memfokuskan pada satu hal terlebih dahulu yang berarti kita tidak dapat memberikan perhatian penuh pada setiap hal yang menyebabkan kita lupa apa yang harus dikerjakan.

Berolahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan daya konsentrasimu danjuga baik untuk tubuh untuk dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dibutuhkan kira-kira 30 menit setiap hari.

Istirahat

Cara terbaik untuk dapat menjaga ketajaman otak dan daya konsentrasi untuk memperhatikanhal-hal secara detail ialah istirahat pastikan dalam jadwal yang telah dibuat terdapat waktu untuk beristirahat kira-kira antara 10 - 15 menit

1 Like

Detail merupakan sesuatu yang perlu kita perhatikan untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Memberikan perhatian lebih kepada suatu detail dapat memberikan beberapa keunggulan kompetitif. Beberapa orang, temasuk para pemimpin, sangat perhatian terhadap visi dan misinya, namun secara global, tanpa memperhatikan detail yang sangat diperlukan pada suatu organisasi. Sehebat apapun rencana untuk mengambangkan produk yang baik, tanpa adanya teknis secara mendetail dalam tiap bagiannya, maka produk yang tercipta akan kurang sempurna.

Kita memerlukan dua hal untuk menciptakan kesuksesan, yaitu strategi dan detail. Jika kita mengabaikan kedetailan pada rute perjalan pembuatan produk, maka kemungkinan kita akan kehilangan kesempatan untuk mebuat peluang sukses jangka panjang.

Nah, untuk meningkatkan detail kita perlu perhatian lebih. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perhatian terhadap hal-hal detail :

1. Pelajari rencana secara efektif
Sebuah rencana besar dapat hilang begitu saja jika kita tidak mengelola prosesnya dengan baik. Untuk menghindarinya, kita dapat melakukannya dengan memikirkan secara matang atau secara efektif proyek kita pada semua aspek. Terdapat banyak softaware saat ini yang dapat membantu kita untuk melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan efektif.

2. Pikirkan hal-hal kecil
Perhatikan terhadap hal-hal kecil disekitar anda, seperti pengaturan meja kerja, meja untuk rapat, email terkahir yang kita kirim, dan periksalah, apakah semuanya telah terorganisir dengan baik atau tidak. Hal ini akan meningkatkan kepedulian kita, meskipun terhadap hal-hal yang kurang memerlukan perhatian lebih pun.

3. Mulailah untuk rutin
Untuk menciptakan keadaan yang baik dan seimbang, dapat diatasi untuk terus melakukan kegiatan secara rutin. Lakukan dengan baik prosedur bisnis yang telah disepakati dan tepati. Banyak dari startup yang mengalami kegagalan karena mengesampingkan hal ini.

4. Mulailah menyukai checklist
Belajarlah untuk membuat checklist terhadap pekerjaan apa saja yang perlu anda lakukan, hal ini akan sangat membantu kita dalam meningkatkan perhatian terhadap detail. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa dengan menerapkan checklist akan membantu kita bekerja dengan lebih baik dan teratur, juga tidak akan lupa dengan pekerjaan-pekerjaan yang harus kita jalani dan dapat meningkatkan efisiensi yang besar dan sukses.

Beberapa hal di atas merupakan cara untuk meningkatkan detail secara umum, namun ketika masuk dalam ranah bisnis, beberapa hal berikut dapat kita lakukan untuk meningkatkan detail pada perusahaan atau organisasi :

1. Perhatikan terus arus kas (cash flow)
Arus kas (cah flow) dapat menjadi membahayakan jika meskipun saat kita sedang untung. Jangan pernah mengabaikan aliran uang pada oraganisasi kita, dan baiknya saat ini telah banyak software yang membantu melakukan analisis terhadap aliran kas sehingga cukup menyelamatkan aliran keuangan pada bisnis yang kita jalani.

2. Jadilah orang yang sopan
Meskipun kita menjadi fokus akan segala sesuatu, namun sopan terhadap orang lain harus tetap dijalankan. Jangan biarkan keseriusan yang kita lakukan menjadi bernilai buruk terhadap diri kita. Dengan sopan juga dapat membuat segala sesuatu menjadi lebih lancar.

3. Perbaiki gaya komunikasi
Buatlah gaya komunikasi yang baik dengan stakeholder kita. Buatlah gaya komunikasi yang mereka paham bagaimana memvisualisasikannya. Buatlah rincian dan jadilah lebih spesifik untuk menjelaskan pekerjaan kita, seperti dengan memperhatikan urutan yang akan kita bicarakan, juga dapat ditambah dengan contoh-contih spesifik dan tepat untuk mendukung ide-ide yang kita miliki.

4. Belajar untuk mengingat nama orang
Meskipun terlihat sederhana, namun cara ini cukup efektif untuk meningktkan kepedulian kita terhadap hal-hal secara detail. Hal ini juga menunjukkan bahwa kita peduli, sehingga dapat juga membantu bisnis kita.

5. Membuat kualitas
Memakai pola pikir kualitas, dimana kita sedikit mengesampingkan masalah kecepatan, namun kualitas yang utama. Bekerja dengan baik sampai tuntas dengan baik dan teliti, karena kualitas termasuk juga dalam keunggulan kompetitif.

Referensi : Improve Your Attention To Detail

1 Like

13 Cara yang sederhana untuk meningkatkan kemampuan dalam memperhatikan hal-hal secara detail’

menurut pa-prive

Memperhatikan sesuatu secara detail merupakan persyaratan penting dalam melakukan pekerjaan. dengan melakukanya berarti anda dapat menhindari kesalahan berharga. pada era saat ini tempat kerja bukanlah tempat yang terhindar dari suatu gangguan. jangan membiarkan pemikiran yang besar membuat anda melupakan akan detail tentang hal hal kecil. dengan melakukanya dapat memberikan keunggulan yang kompititif

  • Memperhatikan
    Fokus dan benar-benar mendengarkan pada suatu hal dan meninggalkan multi-tasking sejenak

  • Mulai denngan hal kecil
    Dengan menyisihkan waktu 5 menit untuk memperhatikan secara detail. usaha kecil akan berharga jika anda melakukanya secara teratur. selain itu akan lebih mudah. memotivasi diri selama 5 menit daripada menghadapi pekerjaan yang besar. anda harus memeriksa secara menyeluruh dan hati-hati.

  • Buat sebuah sistem untuk organisasi yang bekerja untuk anda
    Pastikan setiap bagian dalam pekerjaan anda cocok untuk sistem organisasi sehingga tidak ada pekerjaan yang diabaikan ataupun dilupakan. Yakni dengan membuat daftar, spreadsheet atau mengembangkan grafik alur kerja.

  • Mencatat apa yang harus dikerjakan
    Kebanyakan dari kita terlalu bergantung dengan ingatan. terlalu banyak kejadian seiring berjalanya kehidupan kita. mulailah kebiasaan untuk mencatat kegiatan demi mencegah terjadinya kesalahan dan lupa. dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk dapat memunuhi kebutuhan klien anda.

  • Belajar menyukai checklist
    Membuat daftar inisiatif, menyelesaikan daftar yang telah dilakukan. selalu menjaga jadwal anda seuai rencana dan dapat mengubahna secara langsung. memungkinkan anda mengetahui pekerjaan apa saja yang sudah dilakukan dan apa yang belum.

  • Buatlah gambaran kegiatan
    Pada pagi hari, gambakanlah apa yang akan anda lakukan hari ini sehingga membantu dalam menggambarkan rencana anda.

  • Ingat nama nama orang
    Penelitian tentang otak menunjukkan bahwa terapat aktivasi otak yang lebih besar ketika kita mendengar nama kita sendiri, dalam hal ini nama orang lain disekitar kita yang menunjukkan bahwa kita peduli. memperhatikan nama pelanggan anda merupakan cara kecil dalam mengatur kegiatan bisnis anda

  • Menciptakan lingkungan yang nyaman
    Buatlah lingkungan bekerja untuk anda. jika kebisingan mengganggu konsentrasi anda, mintalah tempat kerja yang labih tenang untuk meningkatkan konsentrasi anda.

  • Buatlah prioritas
    Atur waktu dan prioritaskan kegiatan anda. mulai dari pekerjaan yang penting hingga yang tidak terlalu penting. asumsikan berapa waktu yang dibutuhkan untuk masing masing pekerjaan.

  • Jangan melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan
    Melakukan beberapa pekerjaan pada satu waktu akan memecah konsentrasi anda pada suatu hal yang spesifik. sehingga anda tidak bisa fokus penuh pada suatu hal dan mendapatkan detail dari pekerjaan itu sendiri.

  • Mintalah masukan
    Mintalah masukan kepada manajer anda untuk memberikan contoh yang lebih detail untuk dapat meningkatkan kinerja anda dan menanyakan apa yang salah sehingga anda tidak ada kebingungan dalam melakukan apapun,

  • Jangan terburu-buru
    Ketika suatu deadline sudah membayangi. sulit bagi kita untuk tidak terburu-buru. namun itu semua membuat kita mudah melakukan kesalahan. tetapi hal yang paling penting adalah berlaltih untuk tetap fokus secara pelan -pelan ketika menghadapi deadline.

  • Matikan gangguan
    Jauhi sesuatu yang dapat mengganggu dan menghambat pekerjaan anda. mematikan telepon genggam, tidak mengecek email dan memilih tempat kerja yang tenang untuk menghindari ganguan suara dari luar. gunakan hedset dan mendengarkan lagu yang santai untuk meminimalisir ganguan dari luar.

Belajar bagaimana memperhatikan detail merupakan latian yang bertahap. menjadi orang yang detail adalah suatu kemampuan yang bisa didapatkan dengan belajar akan sesuatu yang kecil seperti nama, tanggal, tempat dan nomor.

Dalam lingkungan kerja tentunya ada pekerjaan yang sangat kompleks memerlukan perhatian terhadap hal-hal kecil di setiap elemen-nya agar dapat menghasilkan kinerja yang sesuai. Tetapi terkadang dengan memerhatikan detail dari sebuah pekerjaan maka akan memakan biaya lebih dan menurunkan kualitas sebuah produk. Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk memperhatikan hal-hal kecil secara tepat agar dapat meminimalisir dampak buruk yang terjadi. Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan untuk dapat memperhatikan hal-hal kecil, antara lain:

1. Membuat rencana kerja secara lengkap dan rinci.
Dengan membuat rencana kerja secara lengkap maka hal itu dapat menjadi panduan/acuan jika tiba-tiba ada masalah ataupun sesuatu yang tidak diinginkan. Buatlah rencana dengan banyak alternatif agar ketika rencana pertama tidak bisa dilakukan maka masih ada rencana-rencana lainnya.

2.Membuat List / Daftar Harian.
Jika anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam waktu tertentu, maka buatlah daftar harian mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Kemudian apabila hal yang dituliskan pada list telah dilakukan, check-list hal tersebut untuk menandakan bahwa hal itu telah terselesaikan. Jika hal-hal yang telah ditulis dalam daftar tidak dapat diselesaikan maka buatlah list baru pada hari berikutnya dan juga tulis ulang hal yang belum terselesaikan pada list tersebut.

3.Membuat Rencana Diawal.
Untuk menambahkan daftar harian, buatlah daftar jangka panjang yang membutuhkan perhatian lebih di masa depan. Buatlah pengingat pada kalender terhadap hal-hal penting yang harus dilakukan.

4.Membatasi Gangguan.
Buatlah diri anda senyaman mungkin dan jauhkan diri anda dari hal-hal yang tidak anda sukai. Misalkan anda tidak menyukai keramaian, maka bekerjalah pada situasi yang sepi ataupun tutup pintu kantor anda agar tidak terganggu oleh orang lain.

5.Memperbaiki Jadwal.
Jika anda memiliki waktu luang, sisihkanlah waktu anda untuk melakukan hal-hal spesifik yang membutuhkan perhatian lebih agar tetap fokus dan dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan dan keterlambatan.

6. Jangan Terlalu Berlebihan Terhadap Diri Anda.
Ketika anda menambahkan pekerjaan dan tekanan pada jadwal yang sudah anda buat di luar kemampuan diri anda, maka produktifitas dan efektifitas diri anda akan berkurang. Anda harus mengetahui batasan pada diri anda sehingga anda tidak keteteran terhadap pekerjaan anda.

7. Mempekerjakan Orang-orang Terpercaya.
Mempekerjakan orang-orang yang sudah anda kenal akan lebih memudahkan anda dalam bekerja. Selain itu anda juga lebih mudah untuk menemukan kesalahan kecil pada orang yang sudah anda kenal. Tapi perlu ditegaskan bahwa pilihlah orang-orang yang anda percaya dan mampu melaksanakan pekerjaan yang anda berikan.

8. Jagalah Diri Anda.
Ketika anda bekerja, sempatkanlah untuk berkeliling sejenak untuk menghirup udara segar atau sekedar refreshing untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Selain itu mulailah terapkan gaya hidup sehat pada diri anda karena hal itu dapat membantu anda untuk lebih fokus dan berpikir tajam.

Sumber: chron

1 Like

Menurut John Bersin yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis selama 30 tahun ada satu hal yang sangat penting yang bisa membuat kita sukses ketika kita sudah memasuki dunia kerja atau bahkan masih dalam dunia sekolah yaitu “Memperhatikan secara detail terhadap hal-hal kecil”.

Semua ini Beliau pelajari ketika John Bersin melakukan kesalahan ketika Beliau masih menjadi bagian dari tim sales sistem komputer untuk perusahaan-perusahaan besar. Waktu itu bos-nya memberikan nasehat “Anda orang yang sangat bertalenta, tapi ketika Anda melakukan kesalahan-kesalahan sepele yang seharusnya tidak terjadi .Orang-orang tidak akan melihat nilai yang ingin anda sampaikan”.

Mencoba untuk membuat segala hal sempurna.

Anda akan menemukan seluruh kehidupan profesional dan pribadi Anda bahwa beberapa orang hanya tidak “berusaha cukup keras” untuk segala pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang mereka lakukan tetapi tidak memiliki energi, fokus, atau waktu untuk benar-benar membuatnya “sempurna”.

Tentu saja, tidak ada yang benar-benar sempurna dan semua orang membuat kesalahan. Tapi jika Anda tidak fokus dan mencoba untuk memperhatikan detail, kesalahan-kesalahan akan mendefinisikan Anda. Dan itu adalah reputasi yang tidak Anda inginkan dalam hidup Anda.

Berikut adalah tips-tips yang membuat Anda lebih memperhatikan detail :

  1. Berhenti ketika Anda lelah dan mulai lagi pekerjaan kemudian ketika Anda memiliki lebih banyak energi dan fokus.

  2. Meminta orang untuk meninjau pekerjaan Anda dan mendapatkan feedback dari mereka .

  3. Bagilah pekerjaan yang sedang anda kerjakan menjadi potongan kecil.

  4. Mulailah pekerjaan se-awal mungkin sehingga Anda memiliki waktu untuk menperbaiki dan meningkatkan pekerjaan Anda.

  5. Buatlah secangkir kopi atau berolahrga ditempat dan kemudian kembali jika Anda sudah tidak bisa fokus.

  6. Jangan lupa untuk “menggali lebih dalam” untuk mendapatkan analisis yang lebih dalam dan keputusan yang lebih baik.

  7. Baca ulang email bahwa sebelum Anda mengirimkannya.

  8. Jangan biarkan Power Point yang ingin Anda tampilkan dengan tata bahasa yang buruk, font, atau kesalahan ketik.

  9. Periksa ejaan Anda!

  10. Katakan kepada diri sendiri, “Ini adalah hal yang paling penting yang harus saya lakukan dengan baik” dan bertindak seperti itu.

Ingatlah bahwa ketika Anda membuat kesalahan atau tidak menggali lebih dalam, Anda tidak hanya membahayakan reputasi Anda sendiri,tapi Anda membuang-buang waktu orang lain. Tidak masalah jika Anda berada di sekolah, baru di tempat kerja, atau profesional berpengalaman - meluangkan waktu untuk memperlambat dan memperhatikan detail akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik kedepannya .

2 Likes

Attention to detail merupakan kemampuan untuk mencapai titik akurasi tinggi dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau persoalan. Sehingga banyak dari surat lamaran seseorang menuliskan hal ini sebagai kemampuan soft skillnya. Namun hal yang mengejutkan bahwa, mereka tidak mampu untuk menunjukan soft skill ini ketika diminta oleh calon atasannya. Nah pertanyaannya, bagaimana kita menampilkan dan mengembankangkan kemampuan dalam memperhatikan hal-hal yang detail? Berikut beberapa tipsnya yang tertulis dalam artikel How Can You Develop Your Attention to Detail? :

• Provide examples (Menyediakan Contoh)
Ketika kamu diminta menampilkan kemampuan dalam memperhatikan hal yang detail, sediakan contoh terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki pengalaman bekerja dibidang itu sebelumnya. Karena ketika di universitas kamu pasti pernah mengerjakan tugas kuliah yang membutuhkan kemampuan dalam memperhatikan hal yang detail. Selain itu hal seperti ikut dalam kepanitian atau kerja sampingan yang perlu membutuhkan kemampuan memperhatikan hal yang detail harus kamu sampaikan sebagai contoh.

Ketika kamu memberikan contoh akan membuktikan bahwa kamu memiliki pengalaman dalam kemampuan ini. Itu akan menjadi nilai plus dimata calon pimpinanmu.

• Check your work (Periksa pekerjaanmu)
Tips yang kedua ialah periksa pekerjaanmu. Jika kamu diminta mengumpulkan sebuah resume sebagai syarat lamaranmu dan kamu mengirimkan dokumen yang masih memiliki kesalahan kecil. Kesalahan kecil dimaksud seperti kesalahan penulisan kata ataupun tata bahasa, akan membuat kamu terlihat tidak memiliki kemampuan dalam memperhatikan hal yang detail.
Jadi baca kembali berulang-ulang dokumen yang akan kamu kirim. Hal ini aka melatihmu untuk selalu memperhatikan sesuatu lebih detail secara menyeluruh.

• Don’t forget the small details
Tips yang terakhir ialah buatlah daftar atau penanda dikalender, agar hal-hal kecil tidak terlewatkan. Hal-hal kecil itu seperti batas waktu pengumpulan tugas, kontak hp seseorang , penyampaian penting dari atasan dan lain-lain. Itu akan membantumu mengingat kembali hal-hal kecil yang tidak mampu diingat oleh otakmu.

Kemampuan dalam memperhatikan hal yang detail dalam segala hal sangat berguna nantinya di dunia kerja dan akan membantumu dalam mencapai hasil kerja yang akurat. Oleh karena itu kemampuan ini patut dikembankan untuk kesuksesan karir dimasa depan.

Menurut themuse.com cara untuk meningkatakan keperhatian terhadap hal-hal yang detail ada 3 cara yaitu :

  • Biasakan Cek Akurasi
    Selalu cek akurasi tugas yang anda kerjakan terutama dalam hal yang berhubungan dengan angka sebelum di serahkan kepada rekan anda atau kepada pimpinan anda, karena salah sedikit saja akan berakibat fatal terhadap yang anda kerjakan. Jadi biasakanlah mengecek terlebih dahulu sudah tepat apa belum yang anda kerjakan.

  • Biasakan Cek Konsistensi
    Sering kali yang kita kerjakan banyak sekali berada dalam format yang acak-acakan, misalnya dalam pembuatan laporan, pastikan apakah sudah sesuai semua. Yang dimaksud sesuai disini adalah kesamaan/kesesuaian format antara satu dengan lainya, pastikan penulisan huruf kapital dan tanda baca sudah sesuai dengan aturan penulisan, ukuran header dan font haruslah disamakan satu sama lain.

  • Biasakan Cek Penyelesaian
    Nah, dibagian ini sering kali kita terlupakan yang namanya finishing, dikarenakan antara kita terburu-buru dikejar waktu atau kitalah yang membuat pekerjaan itu terburu-buru.Maka dari itu pastikan semua sudah selesai sesuai dengan perintah baru kita setorkan kepada yang memberikan tugas.
    Dengan demikian jika kita telah memperhatikan 3 hal tersebut, lalu membiasakannya sedikit demi sedikit niscaya kita akan mudah dengan yang namanya teliti.

Pada era saat ini, memiliki kompetensi Attention to detail sangatlah dibutuhkan, Attention to detail dapat digamarkan sebagai Mencapai ketelitian dan akurasi ketika menyelesaikan tugas melalui perhatian untuk semua daerah terlibat. Dalam pencapaiannya , terdapat indicator yang harus dipenuhi, diantaranya :

  1. Memiliki akurasi, dan tingkat konsistensi pada semua lini pekerjaan
  2. Memiliki Informasi yang dapat digunakan sesuai cara kerja dan time basis
  3. Maintains pada checklist , jadwal , kalender, dll. Untuk memastikan detail agar tidak berlebihan
  4. Mengikuti batasan, prosedur, dan ukuran keamanan yang digunakan dalam berbagai peralatan
  5. Menulis detail yang penting pada pesan atau hubungan kerja , sehingga informasi tersampaikan dengan baik

Baik perusahaan lokal, nasional, dan multinational menerapkan standart untuk memperhatikan detail, karena kerugian usaha pun dapat dipengaruhi dari buruknya pemerhatian deteail…“…It is reasonable to assume that a key Competency related to this expected outcome is Attention to Detail…”

kesimpulannya , attention of detail memiliki makna harus mengecek 2 kali dalam melakukan sebuah pekerjaan, agar tidak terlewat kesalahan kecil.

Sumber :
http://www.apjce.org/files/APJCE_04_2_16_22.pdf

Cara Melatih Kemampuan untuk Dapat Memperhatikan Hal Kecil

Perhatian ke pada hal kecil merupakan suatu kemampuan yang vital untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tingkat kesalahan yang lebih sedikit serta mampu menyampaikan pesan yang tepat kepada orang lain. Hal ini berlaku untuk berbagai bidang, dari mencari pekerjaan, penelitian sampai membangun sebuah usaha baru. Banyak manfaat yang dapat dirasakan, contohnya memperhatikan hal kecil ketika menemui seseorang untuk pertama kalinya biasanya melibatkan pertimbangan seperti penampilan fisik, bahasa tubuh dan tingkat laku biasanya mampu membantu untuk mengetahui peluang dan kepentingan bersama untuk kerjasama.

Melatih kemampuan untuk dapat memperhatikan hal kecil memang tidak mudah, tetapi bukan berarti mustahil dan tidak dapat dilakukan. Seperti yang dijelaskan oleh Don Georgevich. Beberapa cara dapat dilakukan untuk melatih kemampuan ini, antara lain adalah dengan melatih fungsi otak kita seperti rajin membaca buku, melakukan game puzzle saat waktu luang atau bahkan menonton film yang melatih logika. Tetapi tetap perlu diingat bahwa otak juga ibarat otot, memang perlu sering dilatih untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, tetapi juga perlu sering istirahat dan dijaga kesehatannya. Selain itu bisa juga dengan memperbanyak diskusi dengan rekan kerja atau dengan pakar dibidang yang ditekuni. Mendapatkan pendapat atau sudut pandang orang lain juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan hal-hal kecil baru yang sebelumnya belum terpikirkan.

Banyak entrepreneur, inventor atau pemiliki bisnis yang sukses juga karena mereka paham betul tentang pentingnya memperhatikan hal-hal kecil. Banyak pelaku-pelaku bisnis yang ternama juga telah menulis buku atau memiliki buku yang membahas tentang kisah dan strategi sukses mereka. Mempelajari proses orang-orang sukses tersebut juga merupakan langkah yang bagus dalam mengembangkan kemampuan memperhatikan dan memanfaatkan hal-hal kecil.

Sumber ; http://www.jobinterviewtools.com/blog/5-ways-you-can-learn-to-pay-attention-to-detail, diakses pada pukul 1:32, 7 Maret 2016