Bagaimana melakukan Shading model kit gundam Tanpa Airbrush?

Tutorial Shading gundam Tanpa Airbrush

Banyak cara memberikan detail untuk gundam salah satunya yang paling mudah yakni biasanya hanya dengan menambahkan detail panel lining dan beberapa kustom decal dan juga penyemprotan topcoat sebagai tahap akhir agar tampilan gunpla terlihat datar atau mengkilap. Selain itu ada cara lain utnuk menambahkan detail pada gunpla yang terlihat gundam itu seperti berbobot, yaitu dengan cara memberikan shading pada gundam.
terkait:

Shading atau yang dalam bahasa indonesia berarti bayangan ini akan memberikan efek tampilan gundam seperti berbobot? keren lah pokoknya, umunya shading diberikan pada bagian lekukan atau tepi dari gundam dengan cara memberikan warna tipis seperti bayangan. Shading pada gundam biasa dilakukan dengan menggunkan alat semprot serbaguna yakni airbrush, gimana kalau tidak punya airbrush? jika anda ingin memberikan shading  pada gundam tapi tidak memiliki airbrush, ada cara alternatif lain memberikan shading gundam yaitu menggunkan pastel weathering.

Pastel weathering juga tergolong agak mahal untuk seorang newbie, tenang ada cara alternatif lain yang lebih mudah dan murah yakni dengan memanfaatkan pensil 2B yang biasa dibuat ujian, anda bisa menggerus grafit pensil kemudian dipoleskan menggunakan cutton bud, atau bisa secara langsung menggerus di part gunpla yang ingin diberi shading lalu di lunturkan menggunakan tangan.

Tutorial shading gundam dengan pensil 2B

alternatif shading gundam menggunkan pensil ini tergolong mudah, hanya dengan memanfaatkan geruskan grafit pensil 2b yang akan menghasilkan hampir sama seperti pastel weathering, setelah selesai memberikan shading gundam agar tidak luntur harus diberi topcoat sebagai pengunci shading.

alat yang dibutuhkan:

  • pensil 2B
  • cutton bud
  • topcoat
1. goreskan pensil 2B dari bawah keatas pada tepi part gunpla yang ingin diberi shading
shading gundam dengan pencil
2. setelah itu lunturkan grafit pensil 2B dengan cara mengusapnya dengan jari dari atas kebawah
shading gundam dengan pencil

3. Hasilnya akan seperti dibawah ini, ini hanya sebagian contoh kecil, anda bisa menerapkannya unuk seluruh bagian model kit. jangan lupa setelah ini untuk di topcoat

shading gundam dengan pencil

Referensi :
Tutorial Shading gundam Tanpa Airbrush

Gan kalau misalkan cara tersebut di terapin di modelkit military bisa gak ya soalnya teksturnya untuk military biasanya lebih susah di beri sentuhan warna gan :expressionless::expressionless: