Bagaimana melakukan sesi belajar bersama teman?

sesi belajar bersama teman

Di zaman modern ini,sangat sulit untuk belajar efektif dengan teman, karena sudah bisa belajar online.

Jadi gimana sih punya sesi belajar bersama teman ?

Pedoman untuk Membentuk Kelompok Bersama

  • Berapa anggota? 3-6 orang ( Jika tertarik untuk lebih banyak orang, bentuk menjadi 2 kelompok dan berkumpulah bersama sesekali untuk berbagi informasi, pengetahuan dan pendapat untuk persiapan menghadapi ujian).

  • Siapa? Jangan memilih teman untuk kelompok belajar berdasarkan pertemanan; carilah orang yang selalu memperhatikan di kelas, mencatat materi, bertanya, dan menjawab pertanyaan dari pengajar.

  • Dimana? Adakan pertemuan belajar bersama di tempat yang bebas dari gangguan-gangguan yang dapat mengganggu proses belajar dan pilihlah ruangan atau tempat yang luas

  • Berapa lama? Belajar bersama lebih baik dilakukan tidak lebih dari 2-3 jam dalam satu pertemuan agar belajar menjadi efektif.

  • Kapan? Jika memungkinkan, cobalah bertemu di hari dan waktu yang sama setiap minggunya. Aturlah waktu belajar bersama-sama dengan baik dan pastikan semua anggota dapat hadir pada waktu yang disepakati.

Mendapatkan Hasil yang Maksimal dari Sesi Belajar Bersama

  • Buatlah peraturan dan pedoman sejak awal. Di pertemuan pertama, pastikan semua anggota setuju dengan ketentuan kemudian tetapkan peraturan dan pedoman (missal : pelanggar akan dikeluarkan dari kelompok belajar)

  • Tetapkan sasaran dan tujuan. Mengetahui apa yang diingingkan setiap sesi belajar akan membantu mengatur waktu kelompok dan tetap fokus. Diakhir setiap pertemuan, buatlah rencana untuk pertemuan selanjutnya dan atur waktu untuk setiap tugas. Pastikan untuk memiliki waktu untuk selesai. Tetaplah berpegangan pada rencana

  • Selalu siap. Sebelum pertemuan, pastikan untuk selesaikan bacaan yang ditugaskan, mengulas catatan, persiapkan tugas kelompok, dan daftar topik dan pertanyaan yang akan dibahas.

  • Berkomunikasi secara terbuka. Jangan malu untuk bertanya atau meminta pendapat dari teman, contoh: “apakah saya terlalu bertele-tele?” atau “apakah saya menjelaskan pendapatmu dengan benar?” jika membahas ketidaksetujuan atau kebingungan yang tidak dapat diselesaikan sebagai kelompok, catat atau buat pertanyaan untuk diajukan kepada pengajar

Apa yang Sebenarnya Kamu Lakukan ketika Kamu bersama

  • Tentukan orang yang akan mengajar dan memimpin sebuah diskusi pada setiap topic yang ada dalam agenda. Buat tugas-tugas di setiap akhir pertemuan untuk pertemuan selanjutnya agar setiap anggota dapat mempersiapkan pertanyaan dan memikirkan tentang jalan terbaik untuk mengingat materi pada pertemuan hari ini.

  • Wajibkan semua anggota untuk membuat pertanyaan-pertanyaan yang menguji tingkat kepahaman materi, penerapan materi, dan menjelaskan kenapa jawaban yang benar itu benar. (Kumpulkan setiap pertanyaan pada setiap sesi pertemuan; kemudian, buat latihan ujian dari pertanyaan yang sudah dikumpulkan untuk persiapan ujian yang sebenarnya)

  • Bermain peran: Kau dapat bertingkah seperti orang tua yang sedang menjelaskan materi pelajaran kepada anaknya Atau bagaimana jika berpura-pura menjadi pengajar dan menentukan pertanyaan apa yang akan muncul pada saat ujian? Ini lah latihan yang menarik lainnya yang dapat digunakan pada saat pertemuan kelompok: prosedur “ujian terakhir” dibuat oleh Win Wenger dari Renaissance Project.

  • Pembelajaran menunjukkan bahwa menghubungkan pengetahuan ke aktivitas kinetik (ciri-ciri ditandai dengan gerakkan), ritme, dan musik membantu meningkatkan daya ingat secara signifikan. Membuat lagu-lagu, gerakan, pujian, dan lain-lain. Itu adalah hal-hal yang akan membantu kelompok mengingat informasi penting(informasi kunci) atau istilah.

  • Evaluasi hasil performa dan hasil belajar sebagai grup secara berkala (sebuah kerja sama tim memberikan beberapa kriteria layak yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi kelompok), dan dapat digunakan untuk memperbaiki bagian-bagian yang dianggap masih kurang

Sumber:

http://ctl.byu.edu/how-organize-and-conduct-effective-study-groups

1. Batasi Ukurannya

Meskipun mungkin menggiurkan untuk mengundang semua teman anda ke sesi belajar, ini biasanya lebih efektif bila anda membatasi berapa banyak orang yang akan belajar bersama. Kelompok belajar yang lebih besar akan berjalan lebih lambat dan jauh kurang efektif. Untuk sesi yang maksimal, cobalah membatasi kelompok anda 5 atau 6 orang saja.

2. Persiapan

Jauh lebih sulit untuk menjadi produktif bila anda tidak memiliki rencana seperti tempat dimana anda akan belajar bersama. Sebelum memulai, tetapkan apa yang ingin anda sampaikan dan kira – kira berapa lama anda ingin sesi berlangsung. Jika anda menetapkan batas waktu, itu akan memaksa anda untuk focus dengan apa yang dibahas dan tidak terganggu! Memiliki agenda juga bermanfaat.

Anda juga harus memastikan untuk bertemu di lokasi yang bagus, tempat yang tidak terlalu banyak memiliki gangguan! Beberapa orang bekerja lebih baik di lokasi yang sepi, sementara yang lain lebih menyukai latar suara yang berisik. Tentukan dengan kelompok anda dimana tempatnya! Kafe, ruang kelas, dan perpustakaan adalah pilihan bagus.

3. Menetapkan Peraturan

Ini mungkin kedengarannya agak tidak menarik, tapi ini benar-benar bias membuat sesi grup anda jauh lebih produktif. Contohnya, anda bisa melarang pemakaian handphone selama sesi berlangsung. Atau anda bisa melarang pemakaian internet selama beberapa jam. Ini mungkin tampak berlebihan, tapi jika semua orang bersedia melakukannya, itu akan membuat sesi ini jauh lebih serius dan jauh lebih produktif. Akan jauh lebih sulit bertanya kepada teman jika dia sedang sambil bermain.

4. Mengajak Teman Belajar

Meskipun selalu menyenangkan untuk belajar dengan teman dekat, ingatlah bahwa anda tidak perlu membatasi sesi anda hanya pada kelompok teman dekat anda. Teman dekat tidak selalu menjaid teman belajar terbaik. Mungkin mempertimbangkan untuk mengajak orang yang tahu materi dengan baik, bahkan jika mereka bukan teman dekat! Anda tidak hanya akan belajar lebih banyak, tapi anda bisa membentuk beberapa pertemanan yang kuat.

5. Aktivitas Kelompok

Ada banyak strategi keren yang hanya bisa anda praktikkan dengan orang lain. Sesi belajar adalah waktu yang tepat untuk mencobanya.

Beberapa contoh kegiatan yang bisa anda coba sertakan yaitu:

  • Kuis
    Menguji satu sama lain pada pengetahuan anda. Anda bisa menyimpan hal-hal sepele, atau anda bisa melakukan tes mini pura-pura satu sama lain. Mintalah setiap anggota kelompok studi anda menuliskan sebuah pertanyaan di selembar kertas dan letakkan setiap kertas di sekeliling sampai semua orang menjawab. Setelah selesai, bandingkan jawaban anda.

  • Mengajari satu sama lain
    Mengkomunikasikan informasi secara lisan sangat berguna untuk retensi informasi. Mengajar orang lain bagaimana menyelesaikan sebuah masalah adalah bentuk yang saling menguntungkan: orang yang diajar belajar sesuatu yang baru, dan yang mengajar terpaksa untuk menjelaskan dan memahami materi yang dia ajarkan. Contohnya, setiap anggota kelompok belajar anda dapat bertanggung jawab untuk mengajarkan topik tertentu yang mereka pahami dengan baik. Ini sangat menyenangkan dan efektif.

  • Menggilir catatan
    Semua orang mencatat dengan berbeda, dan berkali-kali, orang lain akan menangkap sesuatu dalam ceramah pengajar yang mungkin tidak anda tangkap.

  • Mengisi yang kosong
    Ini mungkin hal yang paling jelaas untuk dilakukan kelompok belajar, menjawab pertanyaan dari masing-masing orang. Setiap orang harus membuat daftar topik yang tidak mereka mengerti, sehingga bisa didiskusikan bersama-sama. Tuliskan semua pertanyaan anda, dan pastikan anda bisa menjawabnya

  • Brainstorming
    4 atau 5 kepala pasti lebih baik dari satu. Cobalah brainstorming mnemonic atau dengan lagu atau trik lainnya untuk membantu anda mengingat topik utama. Ini akan enjadi lebih mudah membuat trik memori saat anda memiliki brainstorming lain bersama anda.

6. Membuat Rutinitas

Jika anda mendapati bahwa sesi belajar benar-benar efektif untuk anda dan teman anda, coba untuk membuat rutinitas. Jika sesi belajar anda dijadwalkan secara berkala dan bukan kadang-kadang, mereka akan jauh lebih serius dan produktif. Belum lagi, mereka akan membaik seiring berjalnnya waktu karena setiap orang menjadi lebih terbiasa satu sama lain dan lebih mengenal taktik belajar apa yang paling berguna untuk kelompok tersebut.

Sumber :

https://magoosh.com/hs/sat/sat-study-tips/2014/creating-a-productive-group-study-session/

1.Buat kelompok Belajar

  • Tentukan Anggota
    Kelompok belajar yang ideal memiliki kurang lebih 3 sampai 4 anggota,tidak lebih dari 5 orang.Luangkan waktu untuk memilih teman untuk dijadikan anggota kelompok.Pikirkan tentang kepribadian nya.

  • Tentukan Tempat
    Tempat yang cocok untuk dijadikan pilihan tempat belajar kelompok adalah Perpustakaan local,café atau rumah salah satu anggota. Biasanya rumah anggota kelompok yang jadi pilihan pertama karena mudah untuk berdiskusi , karena Perpustakaan local mengharuskan kamu untuk tetap tenang Atau Café yang mengharuskan kamu membayar untuk charger atau mengisi daya laptop atau ponsel mu.

  • Tentukan Waktu
    Tentukan waktu untuk belajar kelompok,usahakan untuk tanyakan waktu yang kosong yang dimiliki kepada setiap anggota agar tiap anggota dapat belajar bersama. Catat waktu kosong anggota agar mudah untuk disesuaikan.

  • Buatlah Komitmen
    Jika kamu ingin kelompok belajarmu efektif, Hal yang penting bagi semua anggota adalah buat komitmen ke kelompok. Komitmen untuk tepat waktu,Siap untuk bekerja dalam kelompok.Jika ini terpenuhi , maka seluruh anggota akan bisa belajar bersama

  • Tentukan Ketua Kelompok
    Tentukan ketua atau pemimpin kelompok, tentukan orang yang cukup ideal untuk mengatur seluruh kegiatan dan anggota kelompok. Orang ini harus selalu bisa dihubungi oleh para anggota

2.Buatlah Rencana

  • Tentukan waktu Belajar
    Selain menentukan waktu untuk bertemu untuk belajar bersama,kamu bisa tentukan waktu untuk belajar dengan membuat batas waktu belajar. Membataskan waktu belajar bisa membantumu tetap focus dalam belajar bersama dan menyelesaikan tugas kelompok dengan tepat waktu. waktu yang ideal adalah 2 sampai 3 jam, lebih dari 3 jam kurang ideal karena terlalu lama.

  • Tentukan Tujuan
    Cara terbaik untuk membuat belajar kelompokmu produktif adalah menentukan tujuan atau apa harus dicapai atau diselesaikan. Hal ini membantu anggota kelompok tetap dalam satu tujuan.

  • Awali dengan petinjauan
    Berdasarkan belajar kelompok yang sebelumnya,luangkan waktu untuk meninjau apa yang dipelajari sebelumnya.

3.Strategi Belajar

  • Saling mengajari satu sama lain
    Satu cara yang paling efektif adalah mengajari satu sama lain,karena hal ini dapat mempersingkat waktu belajar dalam kelompok

  • Buat Kuis
    Aspek besar lain dalam bekerja dengan kelompok adalah kemampuan untuk saling buat kuis. Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda bisa saling bertanya dengan lantang, saling bertanya satu sama lain. Atau, anggota yang berbeda dapat membuat kuis untuk bagian yang berbeda dan memberikannya kepada anggota lainnya

  • Buat Jawaban
    Jawab pertanyaan masing-masing. Akan selalu ada unsur-unsur yang tentunya tidak Anda mengerti. Coba jawab satu sama lain. Pertama, mengidentifikasi apa yang tidak Anda mengerti dan memasukkannya ke dalam pertanyaan untuk kelompok Anda adalah latihan yang bagus. Tapi lebih jauh lagi, mencoba menjawab pertanyaan masing-masing sebagai sebuah kelompok sangat bagus untuk individu maupun kolektif.

Sumber :

1. Jangan membuat kelompok beranggotakan banyak orang; kelompok yang ideal adalah yamg beranggotakan 3 atau 4 orang

2. Tunjuk moderator agar sesuai dengan jadwal. Peran moderator bisa berganti dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya.

3. Tentukan topik yang ingin didiskusikan sebelum anda memulai pertemuan. Setiap anggota diwajibkan menyiapkan kan bahan terlebuh dahulu.

4. Jadwalkan jangka waktu yang tepat untuk kelompok belajar anda (misalnya 1,5 jam) sebelum rapat. Ini merupakan tugas moderator untuk menentukan hal tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah sesi waktu berlangsung terlalu lama dan dapat mengakibatkan waktu belajar anda yang berharga sia-sia

5. Setiap siswa harus benar-benar mempersiapkan dan mengidentifikasi titik-titik kunci dan permasalahan dalam materi yang akan dibahas dalam kelompok

6. Diskusikan dan lakukan kuis antara satu sama lain tentang materi yang telah dibahas. Perlakukan ini seperti ujian lisan. Persiapkan dengan baik tetapi juga Anda harus siap untuk mengidentifikasi bagian materi yang tidak Anda mengerti.

7. Ajarkan materi lain yang telah Anda pahami, dan tetap belajar dari orang lain yang telah mengerti materi lebih baik dari Anda. Saat Anda mengajar materi kepada orang lain, Anda harus mengetahuinya lebih dalam, dan itu akan memperkuat materi yang telah anda pelajari. Anda bahkan mungkin terkejut akan kemampuan diri sendiri tentang seberapa banyak yang telah anda ketahui.

8. Cobalah untuk membuat belajar anda lebih menyenangkan dengan cara apa pun yang Anda bisa. Karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar, Anda perlu menjaga hal tersebut tetap menarik untuk dipelajari. Pertimbangkan untuk memberi penghargaan dengan predikat “guru” dalam beberapa pertemuan. Predikat tersebut diberikan kepada orang yang mampu memberi materi dan dapat menjelaskannya dengan baik kepada orang lain selama sesi berlangsung. Anda bahkan mungkin dapatbertukar hadiah.

Jadi, bagaimana anda secara individu mendapatkan hasil yang maksimal dari belajar kelompok ini? Setiap mahasiswa harus mempunyai tiga tujuan :

1. Tanyakan kepada anggota grup dengan daftar pertanyaan dari apa yang tidak kamu ketahui sebelumnya (materi yang kira-kira butuh waktu lama untuk dipelajari). ini adalah informasi yang sangat berharga. begitu anda tahu di mana letak kelemahan anda dalam mempelajari ateri tertentu, anda dapat meluangkan lebih banyak wajtu untuk mempelajari topik tersebut. setelah bertemu dengan kelompok belajar anda, anda harus mengembangkan rencana dari jadwal untuk belajar dengan waktu yang cukup)

2. Tentukan materi apa yang sudah anda kuasai. Dengan mengetahui materi yang anda kuasai, anda bisa membantu mengajari teman dalam grup yang belum menguasai materi tersebut. tentu saja anda bisa meninjau ulang semua materi sebelum ujian, jadi jangan khawatir tidak siap saat ujian.

3. Mempersonalisasi dan berinteraksi dengan materi. Hal ini jauh lebih sulit dilakukan secara sendiri, dan paling baik jika dilakukan dengan bantuan orang lain. Apa yang dimaksud dengan “personalisasi” materi?

Personalisasi materi bisa membuat anda jauh lebih mungkin untuk menyesuaikan informasi (menjadikannya bagian dari ingatan anda) saat anda membuatnya sendiri. Jika anda hanya membaca buku teks secara berulang-ulang, kemungkinan besar anda tidak akan merasa belajar seolah-olah anda mempelajarinya dari catatan anda sendiri (personalisasi), meninjau catatan anda (personalisasi), melakukan semacam kuis yang diperuntukan untuk diri sendiri (berinteraksi), membuat kuis lain tentang materi yang telah dipelajarib(berinteraksi), dan mengajar atau belajar dari orang lainn (berinteraksi dan personalisasi).

Membuat kelompok belajar masuk ke dalam bagian dari persiapan belajar anda, bisa membuat anda memperoleh hasil yang tidak disangka-sangka - tidak hanya memperolehnilai yang memuaskan, tapi juga yang lebih penting adalah kemampuan anda menyimpan informasi dan menerapkannya alam kehidupan nyata.

sumber :

Bahkan siswa yang paling mandiri pun bisa mendapatkan keuntungan dari sesi belajar kelompok. Saya adalah definisi mutlak dari seorang pelajar, tapi bahkan saya - siswa solo klasik - dapat mengenali manfaat dari kelompok belajar untuk acara-acara tertentu. Dan jika Anda sudah mencoba kelompok belajar sebelumnya dan mengira itu bukan untuk Anda, pastikan Anda tahu bagaimana belajar di dalam kelompok dengan cara yang benar - ini bisa membuat perbedaan.

Manfaat belajar dalam kelompok

Bahkan jika Anda biasanya belajar sendiri - untuk alasan apapun - mungkin ada waktu dan tempat yang tepat untuk belajar dalam kelompok. Belajar dengan orang lain bisa:

  • mengungkapkan kesenjangan dalam pemahaman kita
  • meningkatkan kepercayaan diri kita terhadap materi
  • Beri kami perspektif baru tentang materi
  • membuat belajar materi kurang membosankan
  • meminta kami untuk terus belajar informasi
  • mencegah menunda-nunda

Kapan belajar di kelompok

Terkadang lebih baik belajar sendiri. Jika Anda hanya mempersiapkan kuis kosa kata singkat (inilah tiga trik untuk mempelajari kosa kata) atau sesuatu yang serupa kecilnya, Anda tidak perlu mengumpulkan sekelompok teman. Jika tidak banyak bahan penutup, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu bersosialisasi daripada belajar. Anda lebih baik hanya mempelajari hal-hal sederhana sendiri (inilah cara melakukannya), dan kemudian berkumpul bersama dengan teman Anda untuk sesuatu yang tidak berhubungan dengan sekolah.
Namun, untuk penilaian yang lebih besar seperti ujian tengah semester atau ujian akhir, kelompok belajar sangat mengagumkan. Saya sangat merekomendasikan merencanakan kelompok belajar Anda untuk beberapa saat menjelang akhir persiapan Anda (mendekati ujian yang sebenarnya). Lebih dari itu dalam hitungan detik.

Siapa yang harus disertakan dalam kelompok belajar Anda

Pilihlah dengan hati-hati siapa yang Anda ajak bergabung dengan kelompok belajar Anda. Jangan membentuk kelompok “orang favorit” Anda, melainkan membentuk sekelompok orang yang paling mendukung upaya studi Anda. Tentu saja Anda mungkin ingin belajar dengan beberapa teman - dan itu benar-benar baik - tetapi kelompok belajar Anda harus terdiri dari orang-orang yang sejajar dengan Anda dan memiliki etika kerja yang sama dengan Anda. Orang-orang ini mungkin bukan kelompok teman yang sama yang Anda nongkrong di akhir pekan, tapi tidak apa-apa.

Jika seseorang dalam kelompok Anda memahami materi lebih baik daripada yang Anda lakukan (tingkat mereka sedikit lebih tinggi daripada Anda), maka Anda dapat belajar dari mereka.

Jika seseorang di kelompok Anda tidak mengerti materi dan juga Anda (tingkatnya sedikit lebih rendah dari Anda), maka Anda bisa mengajari mereka. Ingat: Mengajar orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk belajar sesuatu sendiri.

Siapa yang tidak termasuk dalam kelompok belajar Anda

Jelas tidak termasuk orang yang mengganggu, negatif, atau tidak termotivasi. Jangan sertakan siapa saja yang tidak memiliki tujuan yang sama seperti Anda, meski itu teman terbaik Anda. (Semoga berhasil untuk memberitahu teman terbaik Anda bahwa Anda tidak menginginkan dia di kelompok belajar Anda!)

Apa yang harus dilakukan sebelum sesi belajar kelompok Anda

Yang terbaik untuk dipelajari dalam kelompok setelah Anda mempelajari materi itu sendiri. Urutan ini sangat penting! Pikirkan sesi belajar kelompok sebagai langkah terakhir dalam persiapan Anda. Jadi, belajarlah sebanyak mungkin sebelum Anda bergabung dengan kelompok Anda sehingga Anda dapat menggunakan sesi belajar kelompok untuk memoles dari apa yang Anda ketahui, atau bahkan mengisi kesenjangan informasi yang Anda hadapi.

Sewaktu Anda belajar sendiri sebelum sesi kelompok Anda, simpan daftar yang sedang berlangsung (daftar sebenarnya di selembar kertas!) Dari pertanyaan yang muncul, materi yang tidak Anda mengerti, informasi yang Anda lewatkan, dan hal-hal lain yang Anda butuh bantuan dengan. Bawa daftar ini ke sesi studi kelompok Anda sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban dari anggota kelompok Anda.

Sedini mungkin, mulailah merencanakan kelompok belajar Anda: Pikirkan siapa yang ingin Anda undang, di mana itu akan menjadi (Rumah? Perpustakaan? Sekolah?). Inilah beberapa gagasan untuk lokasi), kapan akan terjadi, dan berapa lama waktu yang akan terjadi. Dapatkan tanggal di kalender. Ini akan menjadi “tenggat waktu” Anda untuk mencoba mempelajari materi itu sendiri. Karena ingat: sesi belajar kelompok paling efektif saat Anda menggunakannya sebagai review!

Cara belajar dalam kelompok:

Apa yang harus dilakukan selama sesi studi yang sebenarnya?

Saya sarankan memulai sesi belajar Anda dengan membuat sebuah agenda. Pergilah keliling kelompok dan tanyakan kepada semua orang apa yang ingin mereka liput, tulis masukan semua orang. Tambahkan item dari daftar Anda juga. Anda juga bisa melakukan langkah ini sebelum sesi studi yang sebenarnya - melalui email atau apapun.

Mulailah dengan materi termudah terlebih dahulu, atau mulailah secara kronologis jika Anda sedang mempelajari sesuatu seperti History atau novel.

Periksa setiap item dari daftar saat Anda menutupinya. Tidak apa-apa jika seseorang ingin menambahkan sesuatu ke daftar saat Anda belajar: tulis saja!

Dengarkan dengan baik apa yang orang katakan, bahkan saat Anda meninjau materi yang menurut Anda sudah Anda kuasai. Terkadang orang lain mungkin memiliki cara untuk menjelaskan sesuatu yang lebih jelas atau lebih lengkap.

Kapan pun Anda bisa, ulangi (ulangi dan ulangi ulang) kembali apa yang anggota kelompok katakan. Melakukan hal ini secara serius dapat membantu Anda mempelajari informasi lebih cepat. Jadi, setelah seseorang menjelaskan sepotong materi yang rumit, Anda akan berkata “Baiklah, jadi dengan kata lain …” atau “Baiklah, jadi saya ulangi kata itu …” Jika Anda tidak dapat mengulanginya dengan mudah, Anda tidak memahaminya cukup.

Jika sesi belajar Anda panjang (lebih dari 90 menit), istirahatlah sebentar. Jauhkan istirahat sekitar lima belas menit sehingga Anda tidak terganggu. Lima belas menit sudah cukup waktu untuk mengambil camilan, pergi ke kamar mandi, bergerak, dll.

Mengapa sesi belajar kelompok begitu penting ? - diluar yang jelas

Mengetahui bagaimana belajar dalam kelompok adalah kebiasaan sekolah yang penting yang pada akhirnya akan diterjemahkan ke dalam keterampilan yang dapat Anda gunakan di tempat kerja. Itu mungkin terdengar semua “guru timpang” dan sebagainya, tapi sangat benar. Sebenarnya, mengetahui bagaimana cara mendengarkan gagasan orang lain, dengan bijaksana menyumbangkan perasaan Anda sendiri, dan membantu orang lain memahami informasi dengan lebih baik adalah keterampilan hidup. Dan keterampilan hidup itu, uh, lebih penting daripada jenis lain.

http://schoolhabits.com/study-group-tips-group-study-sessions/