Bagaimana melakukan pemupukan yang tepat pada tanaman jagung?

Jagung

Kak sebenarnya kapan dan bagaimana sih melakukan pemupukan yang tepat untuk tanaman jagung? Soalnya saya bingung kak dalam proses pemupukan tanaman saya, udah gitu beberapa tanaman justru mati ketika diberikan pupuk kak.

1 Like

Pupuk merupakan suatu material yang diberikan kepada tanaman untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemupukan harus dilakukan pada waktu tanam dengan metode tertentu. Biasanya pemupukan dilakukan pada pagi atau sore hari agar lebih mudah untuk diserap tanaman.

Jenis pupuk yang diberikan pada tanaman disesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman budidaya yang ada. Pada jagung, nutrisi yang paling banyak dibutuhkan agar dapat berproduksi maksimal ialah N, P, dan K. Pemupukan N, P, dan K menurut (Tandisau & Thamrin, 2009) dilakukan dengan cara tugal pada 10HST dan pada saat fase vegetatif. Hindari pemberian pupuk dengan cara ditebar di atas tanah, karena pupuk akan cenderung menguap dan tidak diserap oleh jagung budidaya.