Bagaimana mekanisme pelaksanaan algoritma oleh komputer?

Sebuah komputer adalah alat pemroses. Agar keinginan kita dapat diproses oleh komputer, maka algoritma harus sudah diubah menjadi bahasa komputer atau bahasa pemrograman terlebih dahulu. Seperti yang telah diketahui bahwa komputer memerlukan instruksi berupa langkah langkah perintah sehingga sebuah prosedur dapat dijalankan lalu akan diproses.

Lalu bagaimana pelaksanaan algoritma oleh pemroses?

Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaikan masalah, sedangkan program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman. Suatu algoritma harus ditulis menggunakan bahasa komputer atau bahasa pemrograman terlebih dahulu agar dapat dibaca oleh komputer. Algoritma yang digunakan harus baik, tepat, tidak terbelit-belit dan se relevan mungkin untuk digunakan. Setelah menulis atau membuat algoritma, algoritma ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer, proses tersebut dinamakan program. Algoritma yang sudah dibuat akan menentukan apakah program yang dibuat telah berhasil atau bahkan gagal dan harus mengulang lagi. Program yang telah dibuat dengan menggunakan algoritma akan berisi intruksi-intruksi yang akan diproses oleh sebuah komputer.

Komputer tersusun atas empat komponen utama yaitu, piranti masukan, piranti keluaran, dan memori. Unit pemroses utama (Central Processing Unit) adalah “otak” dari sebuah komputer. CPU memiliki fungsi untuk mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis. Sedangkan memori adalah komponen yang berfungsi untuk penyimpanan program atau operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU dan data atau informasi yang diolah oleh operasi.

Mekanisme pelaksanaan program oleh pemroses adalah yang pertama program dimasukkan ke dalam memori yang ada pada komputer. Saat program telah dilaksanakan, intruksi-intruksi yang telah disimpan didalam memori akan dikirim ke CPU (Central Processing Unit). Tahapan selanjutnya dalah CPU mengerjakan operasi-operasi sesuai dengan instruksi yang ada. Bila suatu operasi memerlukan data, data dibaca dari piranti masukan, disimpan di dalam memori lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya tadi. Saat proses tersebut menghasilkan informasi, informasi tersebut akan disimpan pada memori dan memori akan menulis informasi tersebut ke piranti keluaran. Menulis ke piranti keluaran dapat diberikan contoh seperti menampilkan pada layar monitor komputer.

SUMBER:

Komputer hanyalah salah satu alat pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer. Kata “algoritma” dan “program” seringkali dipertukarkan dalam penggunaannya. Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaikan masalah, sedangkan program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman.

Program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman dan kegiatan membuat program disebut pemrograman (programming). Orang yang menulis program disebut pemrogram (programmer). Tiap-tiap langkah di dalam program disebut pernyataan atau instruksi. Jadi, program tersusun atas sederetan instruksi. Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasioperasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut dikerjakan komputer.

download (2)

Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama yaitu, input, ouput, CPU dan memori.
CPU adalah komponen utama yang ada pada komputer. Komputer tanpa CPU tidak akan bisa melalukan apa-apa. karena CPU juga disebut oleh orang-orang sebagai otak dari komputer.

Memori adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pada komputer. Yang disimpan di dalam memori adalah program (berisi operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu yang diolah oleh operasi-operasi).

Piranti masukan dan keluaran (I/O devices) adalah alat yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat yang digunakan komputer untuk mengkomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya. Contoh piranti masukan antara lain, keyboard, pemindai (scanner), dan cakram (disk), dll.

Contoh piranti keluaran adalah, layar peraga (monitor), pencetak (printer), headphone, speaker, dll.

Mekanisme kerja keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer.

  2. Ketika program dilaksanakan (execute), setiap instruksi yang telah tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasioperasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut.

  3. Bila suatu operasi memerlukan data, data dibaca dari piranti masukan, disimpan di dalam memori lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya tadi.

  4. Bila proses menghasilkan keluaran atau informasi, keluaran disimpan ke dalam memori, lalu memori menuliskan keluaran tadi ke piranti keluaran (misalnya dengan menampilkannya di layar monitor).

SUMBER :