Bagaimana mecegah penyakit dactylogyrus pada ikan?

Banyak jenis parasit yang menyerang ikan, baik ikan air tawar maupun air laut, salah satunya adalah Dactylogyrus. Dactylogyrus menyerang pada bagian insang saja sehingga bisanya ikan yang terserang akan megap-megap dan insang agak pucat dan rusak. Parasit ini biasanya ada bersama dengan Gyrodactylus, yang menyerang ikan ukuran benih 3-10 cm.
ikan-sakit

Penyakit Dactylogyrus ini sebenarnya dapat dicegah agar tidak terkena pada ikan yaitu dengan cara-cara berikut ini :

  1. Persiapan kolam yang matang untuk budidaya ikan yaitu dimulai dari pengeringan, pembalikan dasar kolam dan pengapuran. Pengapuran dilakukan agar parasit tidak berkembang biar di kolam ikan. Kebersihan kolam pun sangat menentukan, kolam ikan yang bersih tidak akan menjadi habitat dari parasit yang dapat mengganggu kesehatan ikan.
  2. Jika kolam ikan merupakan kolam permanen, maka dapat melakukan desenfektan dengan menggunakan Methylene Blue yang dosisnya 1 gram/m3. Kondisi ikan harus selalu dikontrol agar tidak gampang terserang penyakit.
  3. Pastikan nutrisi pada pakan ikan sudah cukup agar ikan berkembang dengan optimal dan sehat. Ikan yang sehat akan sulit terserang parasit.