Bagaimana manajer produk menginovasi produknya dalam persaingan pasar saat ini?

manajer produk

Manajer produk tidak hanya mengelola produk, tetapi juga sebagai tim pengembang suatu produk. Selain itu, inovasi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Lalu bagaimana inovasi yang dapat diberikan oleh seorang manajer produk?

Pengembangan produk sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, terutama dalam membentuk loyalitas pelanggan. Tanpa pemasaran yang baik, inovasi produk yang telah dikembangkan akan menjadi usaha yang sia-sia, bahkan merugikan bagi perusahaan untuk biaya yang telah dikeluarkan dalam pengembangan sebuah produk.

Hal yang pertama dilakukan oleh seorang Manajer adalah:

  1. Membangun persepsi tentang toleransi terhadap risiko
  2. Melakukan desain dan pengetesan produk
  3. Orientasi pada tindakan, bukan orientasi birokrasi
  4. Menentukan posisi produk di pasar
  5. Pertimbangan branding (merek)
  6. Mempertimbangkan akan adanya kanibalisme yang mungkin terjadi
  7. Sanggup menerima perubahan yang terjadi dan menyikapi perubahan tersebut dengan positif

Contoh Perusahaan yang melakukan open innovation:

Starbucks

Starbucks merupakan salah satu perusahaan yang melakukan open innovation untuk produk terbaru mereka melalui projek “My Starbucks idea“ dimana starbucks memberi kesempatan kepada para customer memasukkan ide tentang produk dan pengalaman berharga yang ingin dirasakan tanpa adanya reward dalam bentuk uang, ide dengan voting terbanyak akan dijadikan inovasi pada produk starbucks selanjutnya, walau tanpa adanya reward dalam bentuk uang, tetap saja starbucks mendapatkan lebih dari 100,000 ide dalam projek “My Starbucks idea“ nya tersebut.

Referensi:
[1]. https://ppm-manajemen.ac.id/blog/artikel-manajemen-18/post/perilaku-yang-mendorong-karyawan-berinovasi-1429
[2]. http://dyanbangun.blog.binusian.org/2015/04/13/analisa-manajemen-inovasi-dan-perusahaan-yang-melakukan-open-innovation/