Bagaimana manajer produk dan manajer pemasaran berkolaborasi dalam mengembangkan produk?

Bagaimana manajer produk dan manajer pemasaran berkolaborasi atau bekerja sama dalam pengelolaan sebuah produk?

1 Like

Berbicara mengenai manajer pemasaran produk, tanggung jawab utamanya adalah mengkomunikasikan value dari produk ke pasar. Hal ini dapat mencakup tanggung jawab dalam menjual produk, dan mengembangkan alat pemasaran, campaign offline atau online untuk mengembangkan prospek dan menarik pelanggan baru.

Idealnya, manajemen produk dan pemasaran produk akan bekerja bersama-sama, memiliki tanggung jawab pelengkap yakni membantu mengembangkan produk dari penyusunan strategi paling awal hingga mengadopsi pasar yang sukses. Pengembangan sebuah produk akan dikelola oleh manajer produk (dengan bantuan pemasaran produk), yang akan mendorong pengembangan strategi produk tersebut. Manajer produk akan melakukan riset pasar, melihat feedback pelanggan dan masukan dari stakeholder hingga pada penyusunan rencana strategis untuk produk tersebut.

Dengan strategi yang ada, manajer produk kemudian akan mengkomunikasikannya ke tim pengembangnya atau developer, bekerja sama dengan mereka untuk membangun rencana dalam melaksanakan strategi ini, dan mengawasi kemajuan produk selama tahap pengembangan. Juga, selama pengembangan manajer produk akan terus bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan kemajuan produk kepada eksekutif, tim penjualan dan stakeholder lainnya.

Sejalan dengan manajer produk yang memimpin pengembangan produk, manajer pemasaran produk akan bertanggung jawab untuk mempelajari strategi produk, ‘mengenal’ pelanggan, dan mengembangkan tools dan campaign, baik offline maupun online yang akan digunakan perusahaan untuk mengenalkan dan menjual produk ini ke pasar. Kedua manajer ini memiliki posisi yang cukup krusial dalam organinasi atau perusahaan, mengingat responsibilitas mereka dalam mengelola produk, memasarkannya, hingga sampai pada tangan pelanggan.

Selain itu, manajer produk akan berkolaborasi bersama dengan manajer pemasaran produk untuk menyampaikan fitur dan manfaat dari produk tersebut bagi pasar. Bagian pemasaran produk kemudian bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan manfaat ini kepada pelanggan, menganalis bagaimana feedback industri, media dan publik. Mereka juga akan sering berkomunikasi dan berkolaborasi pada topik tertentu, namun terdapat dua interaksi utama, pertama, manajer pemasaran produk akan menjadi salah satu dari beberapa sumber masukan untuk kebutuhan produk yang dimiliki oleh manajer produk. Kedua, manajer produk akan menjadi salah satu dari beberapa sumber masukan untuk pesan pemasaran yang dimiliki oleh manajer pemasaran produk. Pada akhirnya, mereka akan bekerja sama untuk memberikan pengalaman produk yang baik dan memuaskan bagi tim yang membangunnya dan bagi pelanggan yang menggunakannya.

Sumber: https://www.productplan.com/product-manager-vs-product-marketing-manager/
https://svpg.com/product-management-vs-product/