Bagaimana manajemen pemberian pakan Ikan Lele yang baik ?

ikan lele

Jadwal dan cara pemberian pakan utama

  • Pakan utama ikan lele berupa pelet yang banyak beredar dipasaran
  • Berikan pakan sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih atau kekurangan
  • Dalam satu hari ikan lele membutuhkan pakan sebanyak 3 – 6% dari bobot tubuhnya. Contoh ; ikan lele seberat 100 gram perharinya membutuhkan pakan sebanyak 5% dari bobot tubuhnya, yaitu sebanyak 5 gram pakan per ekor.
  • Setiap 7 atau 10 hari ambil secara acak 1 ekor ikan lele sebagai sampel. Kemudian timbang berapa bobot tubuhnya untuk menentukan jumlah pakan yang akan diberikan.
  • 2 minggu sebelum panen jumlah pakan yang diberikan dikurangi sebanyak 3% dari bobot tubuhnya
  • Dalam satu hari ikan lele diberi pakan 4 – 5 kali.
  • Waktu pemberian pakan yaitu pagi hari, siang, sore dan malam hari.
  • Ketika ikan lele masih kecil pakan harus diberikan lebih sering
  • Ketika sore dan malam hari pakan diberikan lebih banyak, karena ikan lele aktif pada malam hari
  • Pakan diberikan ketika ikan lele agresif menyantap pakan dan hentikan jika ikan sudah terlihat kenyang, yaitu ketika ikan lele malas menyantap pakan.

Bagaimana menurut anda?

Saya setuju dengan penjelasan terkait jadwal dan cara pemberian pakan untuk ikan lele tersebut. Dilihat dari pakan diatas, untuk biaya pembelian pakan ikan lele merupakan pengeluaran terbesar dalam budidaya ikan lele. untuk menghemat biaya pembelian pakan, sebaiknya selain pakan utama ikan lele diberi juga pakan tambahan.

Pakan tambahan yang baik diberikan kepada ikan lele antara lain: keong mas, ikan rucah atau limbah peternakan ayam. Ikan lele memiliki sifat kanibal atau saling memakan ketika kelaparan. Untuk itu usahakan jangan sampai telat dalam memberi pakan. Keong mas, ikan rucah dan bangkai ayam (ayam yang baru mati) harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian direbus hingga matang sebelum diberikan pada ikan lele.

Sumber

Jenis pakan yang diberikan kepada ikan lele yang berumur 4-14 hari yaitu zooplankton seperti daphnia dan artemia. Kedua pakan ini setidaknya mengandung protein minimal 60 persen sehingga bagus sekali untuk mendukung pertumbuhan ikan tersebut. Ikan diberikan dengan dosis sebanyak 70 persen dari biomassa per hari. Kedua pakan ini ditebarkan ke kolam dengan frekuensi 4 kali setiap hari di tempat pemasukan air.

Pakan berupa zooplankton ini tidak boleh diberikan terlalu lama sebab harganya yang cukup mahal akan melambungkan biaya produksi. Sekitar 2-3 hari sebelum proses pergantian pakan dimulai, ikan lele perlu diperkenalkan dengan jenis pakan yang baru sedikit demi sedikit. Adapun pakan yang dimaksud terbuat dari campuran tepung udang, kuning telur, dan bubur nestum. Jumlah protein yang terkandung di dalam pakan olahan ini kurang lebih 50 persen. Pakan ini diberikan sekitar 10-15 menit sebelum Anda menebarkan pakan dari jenis zooplankton.

Pada minggu ketiga, pakan tepung tadi diberikan sebanyak 43 persen dari biomassa ikan lele per hari. Kemudian jumlah pemberian pakan bisa dikurangi sedikit demi sedikit. Jumlah pakan pada minggu keempat adalah 32 persen kali biomassa per hari. Sedangkan jumlah pakan pada minggu kelima yaitu 21 persen kali biomassa per hari. Berikutnya pada minggu keenam, pakan tepung diganti menjadi pakan pelet apung.

Pemberian pakan pelet apung kepada ikan lele pun ada tekniknya tersendiri. Pakan tidak boleh langsung ditebarkan ke kolam, melainkan harus dibuat basah terlebih dahulu dengan menuangkan sedikit air. Pakan yang sudah terkena air ini harus dibiarkan selama 15-20 menit supaya teksturnya menjadi kenyal. Setelah itu, pakan pelet apung pun siap untuk diberikan kepada ikan lele.

Pakan ditebarkan sedikit demi sedikit sambil memperhatikan kondisi ikan lele dalam memakannya. Pelet wajib ditebarkan terus-menerus sampai ikan terlihat cukup kenyang. Salah satu tandanya yaitu ikan lele yang tadinya begitu antusias dalam memakan ikan, gerakannya berubah menjadi lambat seakan-akan sudah tidak tertarik dengan pakan tersebut. Jikalau Anda menggunakan pelet yang berjenis tenggelam, pelet tersebut tidak perlu dibasahi terlebih dahulu.

Sumber