Bagaimana macam-macam pengguna media sosial?

Pengguna media sosial memiliki keberagaman perilaku yang dapay dibagi dalam beberapa kategori Berdasarkan hasil penenelitiannya Brandtzaeg dan Heim (2011) menyebutkan bahwa terdapat beberapa tipe pengguna media sosial berdasarkan motivasi dan partisipasinya, yaitu :

  1. Motivasi, terdapat dua jenis pengguna media sosial, yaitu informational dan recreational.

    • Informational, dalam media sosial hanya untuk mencari informasi-informasi.
    • Recreational, dalam media sosial untuk mencari kesenangan.
  2. Partisipasi, terdapat dua jenis yaitu partisipasi tinggi dan partisipasi rendah.


Bagaimana menurut anda ?

Menurut Brandtzaeg dan Heim (2011), ada lima kategori dalam typology pengguna media sosial, yaitu:

  1. Sporadics
    Dikatakan sporadic karena mereka mengunjungi media sosial hanya dari waktu ke waktu. Tetapi, tidak rutin juga. Pengguna dalam tipe ini memiliki tingkat partisipasi yang rendah dan cenderung lebih ke arahinformasi. Dalam tipe ini biasanya mereka hanya membuat status dan mengecek ada yang komen atau tidak di status mereka.

  2. Lurkers
    Pengguna dalam tipe ini memiliki tingkat partisipasi yang rendah dan cenderung lebih ke arah recreation. Pengguna dalam tipe ini agak terlibat dalam beberapa kegiatan di media sosial, tetapi penggunaannya dalam tingkat yang rendah. Tipe ini memikirkan teknologi hanya untuk kesenangan dan untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain.

  3. Socializers
    Pengguna dalam tipe ini memiliki tingkat partispasi yang tinggi dan cenderung lebih ke arah recreation. Media sosial bagi tipe ini sangat penting karena orang-orang dalam tipe ini menggunakan media sosial untuk tetap berhubungan dengan teman-teman.

  4. Debaters
    Pengguna dalam tipe ini memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dan cenderung lebih ke arah informational. Tipe ini sangat bergantung pada internet untuk melaksanakan tugas-tugas praktis dan menggunakannya terutama untuk alasan instrumental.

  5. Actives
    Pengguna dalam tipe ini memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dan memiliki motivasi yang seimbang antara informational dan recreation.